Kerupuk ikan

Tips Menggoreng Kerupuk Ikan Mekar Anti Bantat

1 Shares
0
0
1

Kerupuk ikan merupakan salah satu camilan penambah selera makan yang banyak penggemarnya. Rasa kriuk dan gurihnya benar-benar mampu membuat makanan ‘biasa saja’ menjadi lezat tiada tara. 

Hanya saja, jika tidak pandai menggorengnya, kerupuk bisa bantat dan tidak mekar. Supaya tidak bantat, tulisan ini akan memberitahu cara atau tips mudah menggoreng kerupuk dengan hasil mekar dan anti bantat. Cek, ya.

Mengenal Berbagai Macam Kerupuk Jenis Ikan

Terdapat berbagai jenis kerupuk yang dijual bebas dengan berbagai rasa dan warna. Kerupuk ikan tenggiri salah salah satu kerupuk yang terkenal dan rasanya enak. Selain itu ada pula kerupuk tongkol yang tak kalah gurihnya.

Keduanya jenis ikan laut yang memiliki ciri khas cita rasa paripurna sebagai bahan pembuatan kerupuk. Tampilan model kerupuk juga bermacam-macam dengan kreasi unik dan menarik. Bentuk kerupuk bulat atau kecil bahkan panjang tersedia dalam berbagai pilihan. 

Selain ikan laut tersedia pula kerupuk jenis ikan air tawar seperti lele dengan rasa yang juga enak dan gurih. Dengan bahan yang mudah didapat, kerupuk lele banyak yang membuatnya sebagai kerupuk rumahan.

Membeli kerupuk bisa dalam keadaan sudah matang dan tinggal makan atau masih mentah. Khusus membeli kerupuk mentah perlu tahu teknik menggoreng yang benar. 

Semua kerupuk akan lezat dan nikmat disantap jika bentuknya menyenangkan dan tidak bantat. Tampilan menarik dan mekar sempurna karena cara menggorengnya tepat. 

Tips Menggoreng Kerupuk Agar Sukses Anti Bantat

Membeli kerupuk dalam keadaan mentah dapat awet hingga berbulan-bulan. Saat ingin makan, tinggal menggorengnya saja. Namun, hasil menggoreng kadang tidak sesuai ekspektasi dan gagal total alias bantat.

Agar hasil goreng kerupuk sukses anti gagal, berikut tips supaya menggoreng kerupuk kriuk, gurih dan mekar, yaitu:

1. Dijemur Terlebih Dahulu

Kerupuk mentah sebaiknya jangan langsung digoreng tetapi jemur terlebih dahulu agar lebih keras. Ada kalanya kerupuk mentah terlalu lembab dalam wadah sehingga butuh didinginkan untuk hasil maksimal. 

Walaupun di kemasan bisa langsung goreng, menjemur bisa membuat kerupuk tambah garing dan menghindari kerupuk bantat.

2. Pilih Wajan yang Tepat

Bentuk wajan berpengaruh pada hasil gorengan. Agar hasilnya bagus, pilih wajan yang bentuknya cekung.

3. Minyak Banyak

Menggoreng kerupuk membutuhkan minyak goreng yang banyak. Minyak goreng banyak dengan didukung wajan cekung akan membuat kerupuk terendam sempurna untuk  memaksimalkan hasil gorengan.

4. Panas Api Tepat

Setiap kerupuk membutuhkan panas api yang berbeda-beda ada yang api tinggi tapi ada pula yang kecil. Namun, secara umum, menggoreng kerupuk tenggiri atau jenis lain menggunakan api sedang atau bahkan kurang dari itu.

Jadi, pastikan minyak goreng panas mendidih, kemudian kecilkan ke mode sedang. Apabila terlalu panas, kerupuk belum matang tapi sudah gosong. Jika terlalu kecil sekali kerupuk bisa bantat. Sesuaikan secara tepat dengan api sedang agar kerupuk mekar sempurna.

5. Goreng dalam Jumlah Sedikit

Menggoreng kerupuk yang bentuknya lebar sebaiknya satu demi satu agar mekar sempurna. Namun, jika bentuk kerupuk ikan kecil, bisa menggoreng dalam jumlah sedang menyesuaikan wajan dan minyak.

Menggoreng kerupuk dalam jumlah banyak sekaligus membuat pengembangan kerupuk tidak maksimal. Selain tidak matang secara keseluruhan, biasanya menjadi bantat.

6. Tekan dan Bolak Balik Secukupnya

Tekan dan bolak balik kerupuk secukupnya sehingga semua bagian kerupuk matang merata. Bentuknya juga akan mekar karena terendam dalam minyak secara keseluruhan.

7. Angkat dan Tiriskan

Perhatikan tingkat kematangan kerupuk jika sudah agak kecoklatan bisa diangkat dan tiriskan. Hasilnya kerupuk renyah dan kriuk tidak bantat sama sekali.

Akhirnya kerupuk siap disantap dengan kerenyahan dan lezat maksimal. Selain itu, kerupuk yang sudah ditiriskan dan dingin dapat dimasukkan ke dalam toples segera. Jangan terlalu lama membiarkannya kena angin karena bisa cepat melempem. 

Penutup

Menggoreng kerupuk ikan membutuhkan cara dan tips khusus agar hasilnya mekar anti bantat. Dengan menggunakan wajan cekung, minyak banyak dan dijemur terlebih dahulu, kerupuk dapat mekar dan kriuk anti bantat.

1 Shares
Leave a Reply
You May Also Like