7 makanan bulking

7 Makanan Bulking yang Bagus untuk Otot, Murah dan Mudah Didapat!

0 Shares
0
0
0

7 Makanan Bulking – Ingin meningkatkan massa otot, tapi belum tahu apa saja makanan bulking yang perlu dikonsumsi? Bulking merupakan salah satu pengaturan pola makan dengan tujuan untuk meningkatkan massa otot. 

Selama periode bulking, kita harus meningkatkan jumlah nutrisi dan kalori yang masuk ke dalam tubuh. Biasanya, makanan yang dikonsumsi merupakan makanan tinggi protein dan dalam porsi yang besar. Nah, banyak yang sering mengeluh masalah dompet terkuras saat bulking, terutama anak kos yang biasanya punya budget pas-pasan. 

Namun, kamu tidak perlu khawatir karena ada 7 makanan bulking yang tidak hanya bagus untuk otot, tapi juga murah dan mudah didapatkan. Apa saja pilihan makanan untuk bulking tersebut? Simak terus artikel ini sampai selesai, ya!

7 Makanan Bulking Murah

Saat sedang bulking, kita sejatinya tidak hanya asal makan yang banyak saja. Dalam hal ini, perlu dilakukan seleksi terhadap makanan apa saja yang akan dikonsumsi dan makanan apa yang harus dihindari. 

Makanan yang ideal untuk bulking merupakan makanan dengan kandungan protein tinggi. Untuk yang masih bingung, di bawah ini ada 7 makanan bulking yang mudah didapat dan pastinya tidak menguras kantong!

1. Dada ayam

Daya ayam merupakan pilihan makanan yang paling sering masuk ke dalam menu bulking. Hal ini karena dada ayam merupakan pilihan yang murah dan mudah didapat. Lebih dari itu, dada ayam juga mengandung protein yang cukup tinggi dan memiliki kandungan lemak yang minim. Kamu bisa mengolah dada ayam ini dengan cara direbus atau dipanggang dengan sedikit minyak, agar lemaknya tidak bertambah. 

2. Ikan

Satu lagi sumber protein yang menjadi pilihan yang bagus untuk meningkatkan massa otot, yaitu ikan. Sama seperti ayam, ikan juga memiliki kandungan protein yang tinggi, sehingga cocok untuk program bulking. Selain itu, ikan juga harganya murah dan dapat dibeli dengan mudah di pasar tradisional hingga di supermarket. Pilihlah ikan dengan kandungan lemak seha, seperti ikan tuna, cakalang, kembung, dan ikan sarden. 

3. Telur

Untuk anak kos, makanan bulking yang satu ini bagaikan sahabat sejati. Selain murah, telur juga bisa didapatkan dengan mudah, bahkan di warung sebelah juga pasti ada. Eits, tapi jangan dimakan dengan mie instan kalau sedang program bulking. Lebih baik telur diolah dengan cara direbus, dikukus atau dibuat mata sapi tapi tanpa minyak. Lebih sehat, dan pastinya kandungan proteinnya lebih utuh dan tidak rusak. 

Baca juga: Atasi Badan Lemas dengan 9 Makanan Pilihan Kaya Energi Ini!

4. Tahu Tempe

Pilihan makanan bulking low budget selanjutnya yaitu tahu dan tempe. Ini juga bisa didapatkan dengan mudah, baik itu di tukang sayur keliling, pasar tradisional, atau di supermarket. Berbeda dengan pilihan makanan bulking di atas, protein di makanan ini tidak didapatkan dari hewan, namun dari tumbuhan. Tapi jangan khawatir, karena protein nabati dari tahu dan tempe punya manfaat yang sama dengan protein hewani lainnya. 

5. Sayuran

Dompet memang mudah bocor kalau menu program bulking hanya mengandalkan protein saja. Selain mengonsumsi makanan tinggi protein, kamu juga bisa mengonsumsi sayuran. Sayuran hijau memiliki kandungan nitrat, yang nantinya akan diubah menjadi oksida nitrat. Senyawa ini akan melebarkan pembuluh darah, membuat ototmu mendapatkan lebih banyak oksigen. 

6. Biji-bijian

Selain protein, saat bulking kamu juga perlu mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat. Tapi, pilih karbohidrat yang akan dikonsumsi dengan bijak, ya. Kamu bisa mencoba biji-bijian seperti oat, quinoa, chia seed, hingga nasi merah untuk program bulking. Dengan mengonsumsi pilihan karbohidrat ini, kamu akan mendapatkan tambahan energi untuk latihan. Hal ini karena karbohidrat yang dikonsumsi nantinya diubah menjadi glikogen, yaitu energi yang disimpan di dalam otot.

7. Susu sapi

Lengkapi kebutuhan protein saat bulking dengan susu sapi. Dalam segelas susu sapi, terdapat kandungan protein sebanyak 8 gram, yang nantinya akan diserap oleh tubuh. Susu sapi juga tergolong murah, yaitu sekitar Rp17-Rp22 ribu saja per liternya, dan dapat dibeli di minimarket terdekat.

Itulah 7 makanan bulking yang dapat menjadi pilihan untuk kamu yang sedang berusaha meningkatkan massa otot. Karena semua pilihan makanan di atas terbilang murah dan mudah didapatkan, pastinya program bulking nanti harus berhasil, ya. Tetap semangat dan konsisten jalani program bulkingmu, agar mendapatkan tubuh impian!

0 Shares
Leave a Reply
You May Also Like