Ikan Asam Manis

Bingung Masa Apa? Ini Dia Resep Ikan Asam Manis yang Menarik Dicoba

1 Shares
0
0
1

Tidak sedikit orang yang gemar menyantap menu ikan asam manis. Terlebih di Indonesia banyak sekali jenis ikan yang bisa diolah dengan berbagai macam bumbu, termasuk untuk bumbu ini. Seperti namanya, cita rasa masakan ini pun asam dengan perpaduan manis.

Selain dua perpaduan rasa tersebut, olahan ikan dengan bumbu dengan paduan rasa ini juga punya rasa gurih nan nikmat loh. Sehingga jangan heran kalau banyak orang yang ketagihan saat mencoba kuliner satu ini.

Resep Ikan Asam Manis

Ada beberapa jenis ikan yang sering dimasak dengan resep Ikan asam manis sederhana nih. Mulai dari ikan nila sampai dengan ikan gurami semuanya enak dan nikmat. Berikut beberapa resep olahan ikan berbumbu asam manis yang bisa Anda coba di rumah:

1. Resep Ikan Nila Asam Manis

Salah satu ikan yang sering dimasak menu ikan asam manis pedas adalah ikan nila. Tentunya untuk membuat menu ini Anda harus melakukan beberapa persiapan seperti berikut:

a. Bahan – bahan 

Pertama saat Anda akan membuat menu ikan dengan bumbu asam manis tentu harus menyiapkan berbagai macan bahannya. Bahan ini nantinya dibagi menjadi 2, yaitu bahan dasar dan bahan untuk saus seperti berikut:

  1. Bahan dasarnya meliputi ikan nila sebanyak 2 ekor, air jeruk nipis sebanyak 2 sdt. Selain itu perlu minyak goreng, garam dan tepung bumbu siap pakai.
  2. Bahan saus untuk membuat resep yang ala Chinese Food ini yaitu bawang putih sebanyak 4 siang, jahe 2 cm. Selain itu juga perlu cabai hijau besar 2 buah, saus tomat 4 sdm, cuka masak 1 sdt, gula pasir, kecap asin dan lainnya.

b. Cara Membuat

Untuk membuat sajian menu masakan ikan dengan bumbu asam manis pastinya harus melalui proses memasak. Nah, bagi yang belum tahu, berikut beberapa langkah memasak menu yang sederhana tersebut:

  1. Pertama Anda bisa melumuri ikan nila dengan garam dan air jeruk nipis lalu diamkan beberapa saat.
  2. Lanjutkan dengan membaluri ikan dengan tepung lalu tepiskan tepung yang berlebih.
  3. Goreng ikan pakai minyak panas dan banyak supaya matang dengan renyah.
  4. Berikutnya waktu untuk membuat saus, siapkan minyak goreng 2 sendok ke wajan. Lalu tumis jahe dan bawang hingga wangi.
  5. Setelah itu cara membuat ikan goreng tepung dengan bumbu ini selanjutnya yaitu tinggal masukkan cabai hijau dan merah lalu aduk rata.
  6. Jika cabai tersebut sudah layu, Anda bisa tambahkan saus tomat, gula, kecap asin, maizena dan bumbu lainnya lalu aduk sampai mengental.
  7. Terakhir untuk penyajiannya Anda bisa siapkan ikan goreng kemudian siram dengan saus yang dibuat tadi.

2. Resep Ikan Gurami Asam Manis

Untuk memuat menu ikan ini dengan nanas, Anda bisa pakai jenis ikan gurami. Ikan ini cukup mudah dijumpai, mulai dari pasar tradisional hingga pasar modern. Nah, jika anda ingin mencoba membuat menu ini yuk ikuti persiapan berikut:

a. Bahan – bahan

Bahan yang perlu disiapkan untuk memasak resep ini dengan nanas juga dibagi menjadi dua. Yaitu bahan dasar utamanya dan bahan untuk membuat sausnya nanti. Jika penasaran langsung saja simak penjelasan berikut:

  1. Bahan dasarnya meliputi ikan gurami fillet yang sudah dipotong sebanyak 300 gram. Selanjutnya butuh garam, merica bubuk secukupnya. Ada juga tepung maizena, minyak goreng dan air jeruk nipis.
  2. Bahan sausnya meliputi margarin, barang putih sebanyak 3 siung, bawang bombay 50 gram. Selain itu paprika merah dan hijau masing – masing setengah buah, saus tomat, buah nanas dan lainnya.

b. Cara Membuat

Setelah mengumpulkan berbagai bahan yang diperlukan. Kini waktunya Anda mengeksekusi bahan tersebut untuk dibuat menu yang difillet yang enak seperti langkah-langkah berikut:

  1. Pertama siapkan wadah lalu masukkan potongan ikan gurame dan berbagai bumbu seperti merica dan lainnya kemudian aduk merata.
  2. Setelah menunggu sekitar 5 menit, ikan bisa Anda goreng dengan minyak panas dan banyak sampai matang.
  3. Panaskan wajan lalu berikan margarin untuk membuat saus. Kemudian masukkan bahan-bahan saus seperti bawang putih dan yang lainnya.
  4. Setelah memasukkan seluruh bahan saus, masak sampai mendidih lalu kentalkan pakai maizena.
  5. Terakhir masukkan ikan dan aduk rata. Ikan dengan bumbu asam manis pun siap disajikan.

Penutup

Demikian informasi mengenai resep Ikan asam manis yang bisa Anda coba. Caranya mudah praktikkan dan bahannya mudah dijumpai. Ini bisa menjadi menu andalan di rumah loh.

1 Shares
Leave a Reply
You May Also Like