ikan bumbu kuning

Resep Ikan Bumbu Kuning Nikmat yang Patut Anda Coba

1 Shares
0
0
1

Siapa nih yang suka makan menu ikan bumbu kuning? Ada banyak sajian menu makanan yang mengusung perpaduan antara lauk dan bumbu ini. Jenis ikan yang bisa dipakai pun cukup beragam, mulai dari ikan patin, ikan mujair, ikan mas dan lainnya. 

Dengan banyaknya pilihan tersebut tentu menjadi menu menarik bagi para penggemar ikan. Cita rasa bumbu kuning yang menyatu ke dalam lauk membuat banyak orang ketagihan loh. Bukan tanpa alasan, kuliner satu ini punya cita rasa khas yang beda dengan lainnya.

Resep Ikan Bumbu Kuning

Seperti yang diketahui bahwa di indonesia ada banyak olahan makanan berbahan dasar ikan. Termasuk ikan yang diolah bumbu kuning. Berikut ini beberapa resep dengan olahan bumbu kuning yang siap Anda coba:

1. Resep Ikan dengan Bumbu Kuning Kemangi

Salah satu solusi membuat olahan ikan tidak berbau amis yaitu memasaknya dengan banyak bumbu rempah-rempah. Jangan khawatir, ikan bumbu kuning kemangi menjadi salah satu rekomendasi masakan rempah enak tanpa bau amis.

Selain dipakai untuk ikan bumbu kuning acar. Biasanya ikan patin juga dipakai untuk bahan dasar masakan ini. Cita rasa gurih yang disajikan membuat siapa saja ketagihan. Bagi Anda yang ingin mencoba membuatnya bisa  menyimak ulasan berikut:

a. Bahan – Bahan

Ada beberapa bahan yang perlu Anda siapkan untuk membuat menu kemangi tanpa santan ini. Beberapa bahan tersebut meliputi ikan patin seberat 8 ons yang dipotong – potong. Kemudian kemangi 1 ikat, cabai rawit 3 biji dan tomat hijau 2 biji.

Selain beberapa bahan tersebut ada juga bahan untuk bumbu halus. Diantaranya meliputi bawang merah sebanyak 5 siung, kemudian bawang putih sebanyak 3 siung. Ada garam secukupnya, merica bubuk, kaldu dan yang lainnya. 

b. Cara Membuat

Ada beberapa langkah yang harus anda lakukan untuk membuat menu satu ini loh. Langsung saja bagi yang belum tahu bisa menyimaknya dalam penjelasan berikut:

  1. Pertama Anda bisa mulai menumis beberapa bumbu yang sudah dihaluskan.
  2. Kemudian masukkan beberapa bumbu tambahan seperti daun jeruk, daun salam serta sereh.
  3. Tambahkan sedikit air.
  4. Langkah membuat menu ini untuk MPASI berikutnya yaitu tinggal masukkan saja beberapa bumbu seperti merica, garam, gula merah serta penyedap.
  5. Berikutnya masukkan ikan patin yang sudah dipotong sebelumnya lalu masak sebentar saja.
  6. Setelah itu cemplungkan kemangi dan tomat lalu masak hingga layu.
  7. Menu kemangi pun sudah siap untuk disajikan.

2. Resep Ikan dengan Bumbu Kuning Pedas

Pilihan olahan ikan dengan jenis bumbu ini berikutnya adalah ikan pedas. Biasanya ikan yang dipakai layang. Menu ini cocok dijadikan sebagai menu santap siang loh. Ingin mencobanya? Berikut ini beberapa hal yang perlu disiapkan:

a. Bahan – Bahan

Bahan pertama yang perlu Anda siapkan untuk membuat menu ikan bumbu kuning tanpa santan ini yaitu ikan layang. Dengan catatan ikan tersebut sudah dibersihkan, kemudian diberikan garam dan air jeruk lalu didiamkan.

Selain itu Anda juga perlu menyiapkan bahan umum lain seperti daun bawang 1 bayang, serai 1 batang, garam, gula, kaldu bubuk, dan juga setengah jeruk nipis. Sedangkan untuk bumbu halusnya meliputi bawang merah 8 siung, tomat 1 buah, kemiri 2 buah dan lainnya.

b. Cara Membuat

Untuk mencoba resep ikan bumbu kuning kemiri ini Anda perlu melewati beberapa tahapan loh. Tentunya dengan mengikuti tuntunan yang ada diharapkan ikan dapat matang dengan cita rasa yang nikmat sesuai harapan. Langsung saja berikut tahapan membuat menu ini:

  1. Langkah awalnya Anda perlu menggoreng ikan layang yang sudah diproses sebelumnya hingga matang, lalu sisihkan.
  2. Lanjutkan dengan menumis bumbu halus yang ditambah dengan serai sampai harum.
  3. Tata cara membuat resep berikutnya adalah tinggal masukkan ikan lalu aduk hingga merata.
  4. Tambahkan air secukupnya, lalu masukkan juga beberapa bumbu tambahan seperti gula, kaldu bubuk dan garam secukupnya.
  5. Masak sampai seluruh bumbu meresap pada ikan lalu berikan perasan jeruk nipis serta daun bawang lalu aduk sebentar saja.
  6. Menu  ikan dengan bumbu kuning pedas sudah siap Anda cicipi dan hidangkan.

Penutup

Demikian penjelasan tentang resep ikan bumbu kuning yang bisa Anda coba sendiri di rumah. Resep ini bisa menjadi pilihan olahan ikan supaya Anda yang pecinta ikan tidak bosan dengan menu yang itu – itu terus. Selamat mencoba untuk merasakan cita rasanya.

1 Shares
Leave a Reply
You May Also Like