cara menabung 10 juta dalam 1 tahun

Cara Menabung 10 Juta dalam 1 Tahun, Cobain Yuk!

0 Shares
0
0
0

Ada nggak sih cara menabung 10 juta dalam 1 tahun? Kalau dipikir-pikir apakah mungkin proses menabung uang 10 juta bisa terealisasi dalam 1 tahun?

Nah, kunci dari menabung sendiri sebenarnya ada pada ketekunan dan tidak menunda. Semakin kamu sering menunda, maka tabungan akan terasa hampa. Niat untuk memenuhi target akan terus menurun.

Oleh karena itu, kalau kamu punya target menabung 10 juta maka lakukan dari sekarang. Cobain dan rasakan sensasi menabung seperti apa.

Setelah berhasil pasti rasanya nagih banget. Kalau sudah berhasil, kamu bisa coba juga cara menabung untuk membeli rumah yang efektif.

Cara Menabung 10 Juta dalam 1 Tahun

Gimana sih cara nabung 10 juta sampai sukses dengan tenggat waktu hanya 1 tahun? Yuk, cari tahu trik dan tips khususnya di bawah ini:

1. Buat Tabel Nominal yang Diinginkan

Buat pemula yang baru ingin menyisihkan uang jajan atau penghasilan pertamanya bisa menggunakan tabel target. Tabel target dengan nominal yang bervariasi tentunya bikin kamu semakin semangat untuk menabung.

Jangan buat target terlalu kecil, kamu bisa mencoba tabel menabung 10 juta agar hasilnya lebih memuaskan. Atur kira-kira ada 52 tabel untuk menggambarkan minggu. Jadi, satu minggu sekali kamu punya kewajiban untuk menyisihkan uang.

Coret jumlah angka sesuai dengan yang kamu tabung pada minggu tersebut. Isi seluruhnya hingga penuh dan hitung. Apakah kamu berhasil mencapai target, atau gagal menjalankan misi menabung 10 juta.

Baca juga : 8 Cara Menabung yang Efektif, Terbukti Berhasil

2. Tidak Boleh Boros

Kegiatan paling sulit dari menabung adalah berlaku boros. Nggak jarang loh seseorang yang memiliki niat untuk menabung mendadak tergiur hedon meskipun sesaat. Tanpa disadari pengeluaran semakin membludak dan boros sekali.

Padahal menurut pakar financial, pengeluaran berlebih hanya akan membuat keuangan semakin serat dan boros. Idealnya pengeluaran hanya 30% dari pendapatan. 50% untuk kebutuhan, 20% untuk tabungan atau investasi.

3. Setiap Sisa Uang Jajan atau Belanja Masukkan ke Tabungan

Selanjutnya, kamu juga bisa menerapkan prinsip penyisihan financial sebagai salah satu cara menabung 10 juta dalam 1 tahun untuk pelajar ataupun pekerja. Berapapun lebihan uang yang kamu miliki wajib masuk ke dana simpanan.

Meskipun sepele, tapi metode ini cukup sukses jika kamu nggak perhitungan. Agar lebih puas dan nggak bikin gerundel di hati, tanamkan di dalam mindset kalau hasilnya akan kamu nikmati di akhir.

Nominal uangnya ini tidak harus selalu sama. Bahkan, kamu tidak perlu membuat aturan pasti. Asalkan, ada lebihan uang sisa masukkan ke dalam simpanan. Idealnya adalah Rp10 Ribu sampai Rp20 Ribu.

Baca juga: Gaya Hidup Hemat ala Ahli Keuangan, Raih Kemandirian Finansial

4. Pisahkan Rekening Harian dan Tabungan

Meminimalisir pengeluaran yang besar dan kekhilafan berbelanja, sebaiknya kamu pisahkan rekening harian dan tabungan.

Rekening yang bercampur antara belanja harian dan tabungan dapat menyulitkan kita dalam menabung. Hal ini terjadi karena kita punya pemikiran untuk menggunakan dana tabungan.

Oleh karena itu, pembuatan rekening harian dan tabungan harus kamu pisahkan secara khusus. Dengan begitu, cara menabung 10 juta dalam 1 tahun dapat terealisasi dan kondisi perekonomian kamu lebih stabil.

5. Aktifkan Fitur Otomatis Tarik dari Debit

Setelah berhasil mempunyai rekening tabungan khusus. Langkah selanjutnya adalah proses aktivasi fitur tarik otomatis dari debit pada rekening.

Caranya cukup minta bantuan kepada pihak bank yang berwenang menangani tugas tersebut. Beberapa bank digital sudah menyediakan fitur ini secara gratis di aplikasi mereka.

Fitur ini cukup membantu untuk pemula yang ingin menabung seperti kamu. Pasalnya, fiturnya sangat mudah dan proses realisasi tabungan 10 juta dapat berjalan lebih cepat.

Sehingga, kamu nggak perlu bingung mengatur nominal untuk menyisihkan uang. Sistem dari fitur ini akan otomatis memotong uang yang ada di dalam rekening setiap bulannya.

Contohnya, jika kamu ingin menabung 10 ribu per bulan, maka saldo akan berkurang dengan nominal serupa yang sudah kamu request-kan.

6. Jangan Sepelekan Uang Receh

Pernahkah kamu berpikir bahwa uang receh yang memiliki nilai sangat minim, jika dikumpulkan akan bernilai besar? Ibarat kata, sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit.

Peribahasa tersebut cocok untuk menggambarkan ide menabung tanpa memandang nominal. Meskipun terlihat uang dengan nominal tidak seberapa, jika kamu memiliki uang Rp1.000 dalam jumlah 1000 buah, bukankah sudah menjadi Rp1 Juta?

Logika tersebut seharusnya tidak membuat kamu menyepelekan uang receh. Namun, sambil mengumpulkan uang receh agar memiliki kuantitas yang tinggi jangan lupa menerapkan sistem simpan uang pada rekening tabungan yang dimiliki.

Tujuannya tentu saja agar target tabungan 10 juta setahun yang kamu inginkan bisa tercapai.

7. Dilarang Meninggikan Gengsi

Jika kamu berada di lingkungan elit dengan gaya hidup kekinian yang hobi menghamburkan uang dan terus mengikutinya, maka keuangan kamu akan semakin menipis. Kehidupan seperti itu tentu membuang banyak uang karena gengsi.

Untuk itu, kamu wajib tidak meninggikan gengsi jika ingin keuangan stabil dan kegiatan menabung sukses besar. Kebiasaan ini hindari semaksimal mungkin.

Apabila kamu membiarkannya, maka bisa menjadi masalah besar untuk kondisi keuanganmu.

Dalam mencapai tujuan akhir yaitu tabungan bernilai 10 juta dalam setahun, pastikan kamu tidak meninggikan gengsi. Lakukan penghematan semaksimal mungkin.

8. Miliki Pendapatan Tambahan

cara menabung 10 juta dalam 1 tahun
cara menabung 10 juta dalam 1 tahun

Beberapa dari kamu yang sedang belajar mungkin bertanya-tanya, mungkinkah menabung 10 juta 10 ribu dapat terealisasi? Jawabannya tentu saja. Apalagi jika kamu memiliki pendapatan tambahan.

Contoh, ketika kamu memiliki pendapatan konstan dan menerapkan sistem 50-30-20. 20% dari pendapatan masuk ke dalam tabungan.

Apabila kamu memiliki pendapatan tambahan, setidaknya Rp10 Ribu per hari maka nilainya akan bertambah. Proses realisasi dari target tabungan kamu pun juga lebih cepat. Jadi, nggak perlu menunggu lama untuk memanen hasilnya.

9. Gunakan Bonus Tambahan

Berikutnya, cara menabung 10 juta dalam 1 tahun bisa kamu realisasikan menggunakan bonus tambahan dari perusahaan. Uang THR bernilai lumayan dan bisa bikin tujuan kamu dalam menabung dapat tercapai dengan sukses.

Secara perhitungan, uang THR memiliki nominal yang sama dengan satu kali gaji. Apabila kamu total keduanya, gaji bulanan dan THR maka jumlah nominal di dalam rekening tentu mencapai double digit.

Metode ini bisa mudah kamu lakukan dengan menabung idealnya 30% dari jumlah total pendapatan. Apabila kamu mendapatkan full gaji rutin + THR senilai Rp10.000.000, maka 30% nya akan bernilai Rp3.000.000.

Baca juga: 8 Cara Menabung untuk Umroh, Biar Cepet Berangkat!

10. Selalu Konsisten!

Terakhir, metode yang tidak boleh kamu lewatkan dan wajib dilakukan adalah konsisten. Jika kamu ingin cita-cita menabung kamu sukses dan hasilnya memuaskan, maka jadilah orang konsisten dalam berusaha.

Jangan mudah tergoda belanja apapun, tergiur rayuan teman, ataupun tergoyahkan dengan berbagai macam pernak-pernik yang memukau.

Selalu atur mindset bahwa konsistensi adalah kunci keberhasilan. Buktikan bahwa kamu bisa mendapatkan uang tabungan utuh dan berhasil menerapkan tips and trik-nya dengan benar.

Itulah beberapa cara menabung 10 juta dalam 1 tahun yang bisa kamu ikuti. Yuk, cobain biar kamu punya pengalaman menabung dan nominal simpanan semakin bertambah. Nikmati hasil tabungannya beberapa tahun ke depan.

0 Shares
Leave a Reply
You May Also Like