Cara Mendapat Inspirasi sebagai Kunci Kesuksesan
Cara Mendapat Inspirasi sebagai Kunci Kesuksesan

Cara Mendapat Inspirasi sebagai Kunci Kesuksesan

0 Shares
0
0
0

Cara mendapat inspirasi setiap orang berbeda-beda, ada yang membutuhkan respons dari luar. Namun, ada juga yang mendapatkan inspirasi dan ide brilian begitu saja tanpa rencana sebelumnya.

Mendapat inspirasi sangat penting, terutama bagi mereka yang bekerja dalam dunia kreatif. Seperti seorang penulis, desainer, pelukis, prosais, dan sebagainya. Ternyata, inspirasi juga memiliki peran vital dalam dunia bisnis.

Maka dari itulah, cara menemukan ide usaha yang potensial dijalankan salah satu jalan datangnya dari inspirasi. Untuk memperoleh inspirasi, kalian dapat mengikuti cara di bawah ini.

Cara Mendapat Inspirasi untuk Mencapai Kesuksesan

Inspirasi dalam dunia bisnis sangat penting untuk menemukan kreativitas baru, yaitu sesuatu yang berbeda dari umumnya, dan tetap memiliki nilai. Di mana nilai tersebut haruslah berpotensi memberi manfaat ekonomi yang lebih baik.

Seseorang yang memiliki inspirasi, akan merasakan motivasi yang meluap-luap. Karya atau produk yang dihasilkan unik, serta memiliki daya saing di pasar industri.

Lantas, bagaimana cara menemukan ide kreatif dan mendapat inspirasi khususnya di dunia bisnis?

1. Membaca Informasi

Perlu kami tekankan di sini bahwa, membaca bukan hanya teks. Tentu, kalian dapat membaca buku untuk mendapatkan inspirasi, membaca berita untuk mengetahui kejadian di sekitar, atau membaca artikel yang bermanfaat.

Namun, cobalah juga untuk membaca keadaan, membaca sifat orang atau rekan kerja, serta membaca hal-hal yang berkaitan dengan tanda dan pertanda. Sehingga, membaca tidak hanya menggunakan indera mata. Gunakan semua panca indera, bahkan indera keenam jika ada, untuk membaca segalanya.

2. Bergerak

Seringkali inspirasi tidak datang pada orang yang hanya rebahan. Pun kalau datang, inspirasinya tidak terlalu berkualitas. Kita bukan orang suci yang mendapatkan wahyu dengan semadi di gua.

Cobalah untuk bergerak, jalan-jalan mungkin, atau naik sepeda. Melihat sekeliling dan membiarkan inspirasi tiba-tiba datang ke dalam pikiran kalian.

Oh, di sana ada kucing orange, bagaimana kalau saya melukis hewan gabungan dari kucing orange dan ban motor?

Atau:

Oh, di sana ada seorang gundul yang sedang menggendong bayi, bagaimana jika saya menulis tentang alasan kapal Titanic tenggelam?

Tidak ada hubungannya, memang, inspirasi kadang hanyalah sebuah fragmen atau potongan-potongan. Pikiran, pengalaman, imajinasi, dan mungkin keberuntungan akan menggabungkan fragmen tersebut menjadi satu kesatuan yang jelas dan kreatif.

Dan, potongan fragmen itu bisa kalian temukan ketika bergerak.

3. Mendalami Passion dan Hobi

Kalian tidak akan mendapat pelajaran cara mendapat inspirasi secara instan seperti nabi di bangku sekolah. Inspirasi adalah sesuatu yang bersifat metafisika dan tidak terukur, memiliki potensi tak terbatas untuk menyegerakan perubahan.

Salah satu sumber inspirasi yang sangat besar adalah passion dan hobi. Passion merupakan keinginan purna seseorang yang didukung oleh antusias luar biasa. Sedangkan hobi, kesenangan, sesederhana itu.

Kalau kalian hobi memancing, dalami hal itu bagaimana pun akhirnya. Setiap hal yang kalian lakukan dengan sungguh-sungguh dan mendalam, termasuk hobi sekalipun, akan memberi dampak positif untuk kalian nantinya.

Di sela melakukan hobi, inspirasi seringkali datang tiba-tiba. Ide baru yang segar, unik, dan berpotensi meledak sedang antre untuk masuk ke pikiran kalian satu per satu.

4. Menghargai Karya Orang

Pikiran yang terbuka adalah jalan masuk inspirasi. Saat kalian melihat karya buruk dari seseorang, jangan langsung mencaci atau menghina. Amati dengan sungguh-sungguh, lakukan observasi, dan temukan hal unik di dalamnya.

Sesuatu yang unik itu dapat kalian kembangkan akan lebih unik lagi. Sehingga ini juga bisa menjadi cara memperoleh inspirasi yang efektif. Alasan ini pula yang membuat banyak penulis menulis: terinspirasi dari buku A, atau terinspirasi dari film B.

5. Cara Mendapat Inspirasi dengan Bersyukur

Kalian tidak percaya kalau inspirasi dan ide segar bisa muncul dari perasaan syukur bahkan untuk hal-hal sepele? Coba saja sendiri!

Ibaratnya, cara mendapat inspirasi layaknya seseorang menuang air ke dalam gelas. Kalau gelas itu dalam keadaan terbuka, air akan masuk. Kalau gelas dalam keadaan kosong, air akan bertahan di dalamnya. Bagaimana jika gelas itu tertutup dan sudah penuh?

0 Shares
Leave a Reply
You May Also Like