Cara Menabung yang Efektif

8 Cara Menabung yang Efektif, Terbukti Berhasil

0 Shares
0
0
0

Menerapkan cara menabung yang efektif menjadi langkah pasti demi investasi masa depan. Apalagi menabung juga merupakan kunci kestabilan keuangan.

Sayangnya, menerapkan kebiasaan menabung yang efektif itu gampang-gampang susah. Pasalnya, kamu perlu mempertahankan kedisiplinan dan konsistensi dalam waktu lama.

Cara Menabung yang Efektif

Menabung adalah upaya menyisihkan sebagian uang. Biasanya, uang tabungan ditujukan sebagai dana cadangan untuk kebutuhan mendesak atau darurat.

Meskipun menabung sudah diajarkan sejak kecil, kegiatan ini tidak mudah untuk dilakukan.

Nah, buat kamu yang ingin tahu bagaimana cara menabung yang efektif, bisa mengikuti kiat-kiat berikut:

1. Tetapkan Tujuan Menabung

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah menentukan tujuan dengan jelas. Tujuan ini fungsinya agar kamu lebih termotivasi dalam menabung.

Kamu bisa menetapkan tujuan jangka pendek maupun jangka panjang. Contoh tujuan jangka pendek yaitu menabung untuk membeli barang tertentu. Sementara tujuan jangka panjang misalnya agar memiliki dana cadangan.

Supaya efektif, sebaiknya kamu memilih tujuan yang jelas dan tidak bertabrakan dengan tujuan lain.

2. Tentukan Target dan Batas Waktu

Kiat berikutnya dalam cara menabung yang efektif adalah menentukan target nominal uang dan batas waktu menabung.

Langkah ini memungkinkan kamu untuk menabung dengan lebih terarah. Sehingga, membantu dalam mencapai tujuan.

Sebagai contoh, kamu ingin menabung jangka pendek untuk membeli smartphone baru. Kemudian perkirakan nominal uang yang bisa kamu sisihkan dan tentukan batas waktu menabung, misalnya 1 tahun.

3. Mengelola Keuangan dan Membuat Anggaran

Cara menabung dengan efektif berikutnya yaitu melakukan pengelolaan anggaran dengan baik. Kemudian kamu perlu membuat anggaran untuk tabungan.

Pertama-tama, kamu perlu mencatat dulu besar pemasukan dan pengeluaran. Usahakan untuk memiliki pencatatan keuangan secara detail dan jelas. Pencatatan pemasukan dan pengeluaran bisa kamu lakukan secara berkala tiap bulan.

Nah, setelah menjabarkan besar pemasukan dan pengeluaran, kamu bisa melihat berapa banyak jumlah uang yang bisa disisihkan tiap bulan.

Baca juga: Gaya Hidup Hemat ala Ahli Keuangan, Raih Kemandirian Finansial

4. Tentukan Metode Menabung

Termasuk faktor penting dalam cara menabung uang yang efektif adalah pemilihan metode yang tepat. Supaya dapat lancar dan mencapai target, kamu perlu memilih metode menabung yang sesuai dengan kemampuan.

Sebagai contoh metode menabung harian dengan nominal kecil, misalnya Rp20.000,- per hari.

Jika menabung harian kurang sesuai, maka kamu bisa mencoba menabung dengan sistem tanggal. Misalnya menabung setiap tanggal tertentu sesuai jumlah nominal yang kamu targetkan.

5. Wajib Berhemat

Supaya menabung bisa berlangsung efektif, kamu perlu membarenginya dengan berhemat. Caranya, yaitu dengan membatasi pengeluaran sekunder dan tersier.

Dengan kata lain, kamu perlu sebaiknya tidak terlalu banyak membuang uang untuk hal selain kebutuhan pokok. Termasuk dalam pengeluaran ekstra yaitu pengeluaran untuk hiburan dan jajan berlebihan.

Selain itu, dalam menabung, kamu perlu disiplin untuk menyisihkan uang setiap awal bulan. Jadi, bukan menabung uang yang tersisa setelah pengeluaran, ya.

Pasalnya, menabung dengan menyisakan bisa membuat kamu lebih rentan tergoda membelanjakan lebih banyak uang dari seharusnya.

6. Menggunakan Rekening Terpisah

Supaya tidak tercampur dan menghindari risiko pemakaian uang tabungan, ada baiknya kamu menggunakan rekening terpisah.

Jadi, kamu perlu membuat rekening khusus untuk menabung. Dengan penggunaan rekening terpisah, kamu tidak akan mudah tergoda untuk mengambil uang tabungan.

Selain itu, rekening terpisah juga memungkinkan kamu untuk bisa melacak dan mengontrol perkembangan tabungan dengan lebih baik.

7. Kurangi Penggunaan Kartu Kredit

Kartu kredit menawarkan berbagai kemudahan. Namun, di saat bersamaan penggunaannya juga bisa membuat kamu terlilit hutang.

Oleh karena itu, sebaiknya kamu mulai membatasi penggunaan kartu kredit. Biasakan untuk menggunakan pembayaran tunai untuk membantu mengontrol pengeluaran.

Selain itu, ada baiknya juga untuk membatasi saldo dompet digital. Pasalnya, sama halnya seperti kartu kredit, dompet digital memungkinkan transaksi lebih mudah dan praktis. Akibatnya, kamu bakal berisiko lebih tinggi melakukan pemborosan. 

Baca juga: Inspirasi Hidup Damai dan Tenang Setiap Hari

8. Hindari Gaya Hidup Konsumtif

Cara menabung yang efektif untuk masa depan juga meliputi menghindari perilaku konsumtif.

Gaya hidup konsumtif dicirikan dengan penggunaan uang untuk berbagai hal, termasuk yang tidak bermanfaat. Alhasil, perilaku konsumtif sering kali mengakibatkan pengeluaran membengkak.

Bahkan, ada pula yang rela berhutang demi memuaskan perilaku konsumtif. Misalnya untuk membeli produk terbaru demi mengikuti tren.

Perilaku yang demikian menjadi musuh kamu dalam mencapai tujuan menabung. Oleh karena itu, kamu harus mengambil langkah untuk mencegah perilaku konsumtif.

Salah satunya yaitu dengan membuat prioritas pengeluaran. Bedakan pengeluaran yang merupakan kebutuhan dengan pengeluaran tidak penting.

Selain itu, kamu juga sebaiknya menunda pengeluaran yang tidak benar-benar kamu perlukan.

Itulah beberapa kiat dalam cara menabung yang efektif. Yuk, kita segera mulai menerapkan cara-cara tersebut. Siapkan tekad dan komitmen dulu, ya.

0 Shares
Leave a Reply
You May Also Like