Inspirasi Hidup Damai dan Tenang Setiap Hari
Inspirasi Hidup Damai dan Tenang Setiap Hari

Inspirasi Hidup Damai dan Tenang Setiap Hari

0 Shares
0
0
0

Berbicara tentang inspirasi hidup damai dan tenang, kami ingin bertanya kepada kalian terlebih dulu. Sebenarnya, apa yang menjadi alasan kalian menganggap hidup indah ini tidak damai dan tenang?

Apakah alasannya karena terdapat benih kebencian yang mengakar di hati kalian? Mendapat perlakuan tidak adil yang mengakibatkan hidup tidak tenang? Atau malah rasa takut menghadapi masa depan yang belum pasti?

Ketenangan berasal dari kedamaian hati dan pikiran, keduanya jernih sehingga memancarkan energi positif untuk orang-orang di sekeliling kalian. Sebaliknya, saat hati dan pikiran sedang sangat keruh, dampak buruknya juga dapat dirasakan orang terdekat.

Setiap hal tidak ada yang sempurna, kawan! Sebaik-baik keadaan pasti memiliki sisi buruk, juga seburuk-buruk keadaan pasti memiliki sisi baik. Oleh karenanya, inspirasi mendapatkan kedamaian dan ketenangan adalah berfokus pada sisi baik di tengah kehidupan yang buruk itu.

Inspirasi Hidup Damai dan Tenang dengan Cara Ini

Seorang bijak pernah berkata, ketenangan bukan bebas dari badai, melainkan merasakan kedamaian pun di tengah badai itu. Maka, setiap orang pasti memiliki masalah atau kesulitan di dalam hidupnya.

Tidak ada orang yang tidak memiliki masalah, karena masalah adalah keniscayaan dalam hidup ini. Yang ada hanyalah orang yang mampu menyembunyikan masalah, sehingga orang lain menganggapnya baik-baik saja.

Berikut ini beberapa cara mendapatkan inspirasi hidup damai dan tenang walaupun kalian sekarang berada di tengah badai kehidupan.

1. Prinsip Keimanan yang Kokoh

Cara pertama berkaitan dengan keimanan dan keyakinan yang dipegang teguh oleh seseorang. Kalian bisa melihat contoh kalimat damai berdasarkan kejadian nyata, misalnya perjuangan rakyat Palestina.

Bayangkan, bagaimana mereka bisa bertahan di tengah genosida yang dilakukan oleh negara adidaya kalau bukan berkat prinsip keimanan yang sudah sangat kokoh?

Suatu masalah yang sekarang kita anggap berat sekali, hanyalah masalah yang sangat remeh dan kecil jika dibandingkan dengan beban mereka. Dengan prinsip keimanan sebagai inspirasi hidup damai dan tenang, akan muncul suatu rasa baru yang positif, yaitu syukur.

2. Damai dan Tenang Berasal dari Dalam

Inspirasi hidup damai dan tenang berikutnya adalah perasaan ini muncul dari dalam kalian masing-masing. Sekarang bayangkan kalian berada di atas seonggok sekoci kecil di tengah lautan yang sangat luas.

Sekoci itu tetap mengapung, menyelamatkan hidup kalian, tak gentar meski di luarnya adalah air yang sewaktu-waktu bisa sangat mematikan. Hal itu karena air tidak masuk ke dalam, tidak ada lubang.

Begitu juga dengan kehidupan, biar orang lain berkata buruk tentang kalian di luar, kalau kata-kata itu tidak kalian masukkan ke dalam, sama sekali bukan masalah. Saran kami, cobalah untuk membaca buku Mark Manson, Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat.

Di dalamnya berisi inspirasi hidup damai dan tenang dengan cara mengabaikan hal yang dapat merusak kalian dari dalam.

3. Menghilangkan Lawan Kata Damai dan Tenang

Apa lawan kata damai dan tenang? Itu adalah perasaan takut, khawatir, gelisah, was-was, atau galau. Untuk mendapatkan kedamaian dan ketenangan secara langsung, jangan memelihara perasaan yang bertolak belakang dengannya.

William Dale Jennings dalam buku The Ronin di halaman 140 menulis: Ataukah itu yang akan terjadi bila seorang samurai tidak selalu mengingat dalam benaknya bahwa, apapun yang kau kira tidak bisa kau pikul, berarti kau sedang benar-benar memikulnya.

Khawatir dan gelisah terhadap sesuatu yang belum terjadi bukanlah jalan mendapatkan kedamaian dan ketenangan. Bahkan seringkali, kekhawatiran itu jauh lebih menakutkan daripada benar-benar menghadapinya.

4. Biasakan Sifat Sabar, Ikhlas, dan Syukur

Sabar, ikhlas, dan syukur adalah sihir ajaib yang seketika dapat mengubah kehidupan lebih damai dan tenang. Walaupun masalah beranak pinak banyak sekali dalam satu waktu: istri cerewet luar biasa, angsuran jatuh tempo, dipecat dari pekerjaan, dibenci mertua, jarang mandi, dan sebagainya.

Segudang masalah kalau kami tulis di sini tidak akan selesai, langsung menghilang sepenuhnya jika kalian sabar, ikhlas, dan syukur. Sabar bertahan seperti karang dalam gempuran ombak kehidupan, ikhlas menerima takdir bahwa semuanya sudah diatur yang terbaik, dan syukur atas hal-hal yang sepele seperti masih bernapas.

Kabar baiknya selama kalian masih bernapas, tentu masih ada kemungkinan akan perubahan lebih baik. Ucapkan kata-kata cinta damai kepada diri kalian masing-masing, beri pujian karena mampu bertahan sampai sekarang.

Pada akhirnya, inspirasi hidup damai dan tenang sebenarnya berasal dari dalam kalian sendiri. Kami di sini sekadar menunjukkan jalan: jangan cari kedamaian dan ketenangan di luar, tetapi coba lihat ke dalam. 🙂

0 Shares
Leave a Reply
You May Also Like