8 Tanaman Hias yang Cocok di Ruangan Minim Cahaya

0 Shares
0
0
0

Apakah Anda termasuk salah satu pecinta tanaman hias? Kehadiran tanaman hias di dalam ruangan tidak hanya dapat mempercantik dekorasi, tetapi juga dapat meningkatkan suasana dan kualitas udara di dalam ruangan. Namun, ruangan dengan sedikit cahaya alami sering kali menjadi tantangan bagi para pecinta kegiatan merawat jenis tanaman yang satu ini.

Tips Menanam di Kondisi Minim Cahaya

Terdapat beberapa tanaman hias yang tetap indah dan sehat meskipun ditempatkan di lingkungan dengan sedikit cahaya. Sebelum kita masuk ke dalam daftar tanaman yang cocok untuk ruangan gelap, ada beberapa tips penting yang perlu diingat saat menanam tanaman dalam kondisi pencahayaan yang minim.

1. Pemilihan Tanah dan Kelembapan yang Tepat

Gunakan campuran tanah yang cocok untuk tanaman Anda. Pastikan tanah memiliki drainase yang baik agar tidak terjadi genangan air yang dapat merusak akar tanaman. Meskipun tanaman yang cocok untuk ruangan gelap biasanya tidak memerlukan banyak air, pastikan untuk menjaga kelembaban udara di sekitar tanaman. Anda dapat menggunakan pelembab udara atau menyemprotkan air ke daun-daun tanaman secara teratur.

2. Pemupukan dan Perawatan Rutin

Berikan pupuk secara teratur sesuai dengan kebutuhan tanaman Anda. Pilih pupuk yang sesuai dengan jenis tanaman dan ikuti petunjuk penggunaannya dengan benar. Lakukan pemotongan dan perawatan rutin seperti membersihkan daun dan membuang daun-daun yang sudah layu atau rusak untuk menjaga kesehatan tanaman.

3. Pemilihan Wadah untuk Tanaman Hias

Pilih wadah tanam yang sesuai dengan kebutuhan tanaman Anda. Pastikan wadah memiliki lubang pengeluaran untuk menghindari penumpukan air yang berlebihan.

Tanaman Hias untuk Ruangan Gelap

Tips-tips di atas dapat membantu tanaman Anda tumbuh dengan baik meskipun berada di ruangan dengan sedikit cahaya. Selanjutnya, berikut adalah  9 tanaman hias yang cocok untuk ruangan gelap beserta cara menanamnya.

1. Sansevieria (Lidah Mertua)

Sansevieria memiliki daun tegak berbentuk pedang yang berwarna hijau gelap atau hijau kebiruan, membuatnya tampak segar di berbagai setting ruangan. Tidak hanya itu, tanaman ini juga dianggap membantu meningkatkan kualitas udara di dalam ruangan. Sansevieria tidak memerlukan banyak air, jadi pastikan untuk tidak terlalu sering menyiramnya.

2. Zamioculcas (Zeezee Plant)

Zamioculcas adalah tanaman yang sangat tahan kering dan cocok untuk ruangan gelap. Daun-daunnya yang mengkilap dan berwarna hijau gelap memberikan sentuhan elegan di dalam ruangan Anda. Zamioculcas tumbuh lebih baik dalam wadah yang tidak terlalu lebar. Gunakan pot yang berukuran sedang dan jangan terlalu sering menyiramnya untuk menghindari pembusukan akar.

3. Aglaonema (Chinese Evergreen)

Aglaonema lebih memilih tanah yang lembab tetapi tidak tergenang air. Daunnya yang menarik, mulai dari hijau gelap hingga merah muda, membuatnya menjadi pilihan yang populer untuk dekorasi dalam ruangan. Pastikan untuk menyiram tanaman ini secara teratur namun jangan biarkan pot terendam dalam air.

4. Tanaman Hias Philodendron

Philodendron adalah tanaman yang mudah tumbuh dan cocok untuk ruangan gelap. Varian seperti Philodendron scandens atau Philodendron heartleaf memiliki daun hijau gelap yang menawan dan mampu menyegarkan udara di sekitarnya.

Philodendron menyukai tanah yang lembap dengan drainase baik. Hindari menyiram tanaman secara berlebihan dan pastikan untuk memberikan batang penyokong jika tanaman mulai meninggi.

5. Dracaena

Dracaena adalah tanaman hias yang dicirikan dengan daun-daun panjang dan rampingnya. Beberapa varietas, seperti Dracaena marginata atau Dracaena fragrans, dapat bertahan dengan baik di ruangan dengan sedikit cahaya. Dracaena lebih suka tanah yang cenderung kering. Tempatkan tanaman ini di tempat yang tidak terlalu panas dan hindari sinar matahari langsung yang dapat membakar daunnya.

6. Peace Lily (Spathiphyllum)

Peace Lily adalah tanaman yang indah dengan bunga putih yang elegan dan daun hijau gelap yang mengkilap. Tanaman ini dapat bertahan dengan baik di ruangan yang kurang cahaya. Letakkan tanaman ini di tempat yang terlindung dari sinar matahari langsung untuk mencegah daun-daunnya menjadi gosong.

7. Pothos (Sirih Gading)

Pothos adalah tanaman trailing yang ramah bagi pemula dan tumbuh subur di lingkungan dengan sedikit cahaya. Daun-daunnya yang berwarna hijau tua atau variegata akan menambahkan sentuhan alami ke dalam ruangan. Tanam tanaman ini dalam pot gantung atau biarkan menjalar di sepanjang rak buku atau dinding.

8. Tanaman Hias Spider Plant

Spider Plant adalah tanaman hias yang tahan banting dan cocok untuk ruangan dengan sedikit cahaya. Tanaman ini memiliki daun hijau gelap yang kontras dengan potongan-potongan putih atau kuning. Spider Plant dapat bertahan dengan baik dalam tanah yang sedikit kering dan siap menambah keindahan visual ke dalam ruangan Anda.

 

Dengan memilih tanaman yang tepat dan memberikan perawatan yang baik, Anda dapat menambahkan sentuhan alami ke dalam ruangan Anda bahkan di ruang minim cahaya sekalipun. Jangan ragu untuk bereksperimen dengan berbagai jenis tanaman dan menemukan yang paling cocok untuk ruangan Anda!

0 Shares
Leave a Reply
You May Also Like