cara menabung buat beli mobil

10 Cara Menabung Buat Beli Mobil di Usia Muda

0 Shares
0
0
0

Punya mobil sendiri merupakan impian banyak orang. Kamu bisa menjangkau berbagai tempat. Bisa buat kerja, hingga liburan bersama keluarga. Tidak salah, kalau banyak yang bertanya perihal cara menabung buat beli mobil yang efektif.

Siapa pun bisa menabung bahkan anak-anak dengan bantuan dan bimbingan orang tua. Salah satu tujuan utama beberapa orang menabung adalah untuk membeli mobil.

Begini Cara Menabung Buat Beli Mobil

Bagi sebagian besar orang, mungkin tidak mudah membeli mobil secara cash pada hari yang sama ketika menginginkannya.

Itulah mengapa, menabung menjadi Langkah terbaik untuk mewujudkan Impian tersebut. Cek cara lengkapnya berikut:

1. Melakukan Riset Pasar tentang Mobil yang Kamu Inginkan

Sebetulnya, apa mobil yang kamu inginkan? Selain memikirkan dari segi penampilan, kamu juga bisa mempertimbangkan kenyamanan dan keamanan saat mengemudi. Pertimbangkan juga kebutuhan anggota keluargamu.

Jika kamu memiliki keluarga besar, maka belilah mobil yang berukuran besar dengan kapasitas penumpang yang banyak. Selanjutnya, lakukan riset pasar untuk mengetahui harga mobilnya.

2. Pertimbangkan untuk Belanja Mobil Bekas

Mobil baru dengan cat yang mulus memang menyenangkan tapi tak ada salahnya membeli mobil second. Bagaimana cara menabung buat beli mobil bekas?

Caranya sama saja, yang membedakan mungkin hanya nominal jumlah tabungan. Karena kamu membeli mobil bekas maka nominal uang yang harus ditabung tidak sebanyak menabung buat mobil baru.

Namun, pastikan kamu belanja mobil bekas pada tempat yang tepat. Akan lebih baik lagi, jika kamu meminta bantuan orang yang memahami mobil agar tidak tertipu saat belanja mobil bekas.

3. Pertimbangkan Kemungkinan Terjadinya Inflasi

Salah satu cara menabung buat beli mobil baru adalah dengan membuat perhitungan kemungkinan adanya inflasi. Mengingat, kamu bisa jadi membutuhkan waktu beberapa tahun hingga semua uang terkumpul.

Kenaikan harga mobil karena inflasi umumnya berubah sekitar 2% – 4%. Maka dari itu, daripada menabung dalam jumlah yang pas akang lebih baik jika kamu menabung dalam jumlah yang banyak.

Baca juga: Cara Menabung untuk Beli Rumah, Efektif dan Tertarget!

4. Buatlah Jadwal Menabung

Kamu mungkin tidak sehandal ahli keuangan dalam mengelola uang, tetapi kamu bisa berhemat untuk mewujudkan impian punya mobil baru. Langkahnya adalah dengan membuat jadwal menabung sendiri.

Misalnya, dalam kurung waktu 2 tahun lamanya kamu ingin menghasilkan tabungan sebanyak Rp60 juta. Maka, total uang yang harus kamu tabung setiap minggunya sekitar Rp625.000.

Buatlah jadwal untuk memperoleh uang sebesar itu. Kamu bisa membagi rata nominalnya sehingga Rp625.000 dibagi 7 hari. Atau bisa juga langsung menabung sebanyak Rp2.500.000 per bulannya.

Cek tips hemat ala ahli keuangan agar kamu bisa menabung tanpa beban. Seorang ahli tentu lebih berpengalaman apalagi ahli keuangan yang sehari-harinya bekerja berhadapan dengan finansial.

5. Sisihkan Uang untuk Menabung Selain dari Gaji

Cara menabung buat beli mobil impian berikutnya adalah dengan menyisihkan uang dari sumber dana selain gaji. Karena pada umumnya, tidak hanya menerima gaji setiap bulan para pekerja juga mendapatkan THR dan bonus.

Dari kedua sumber dana tersebut, kamu bisa menyisihkan sedikit untuk ditabung. Nominalnya mungkin tidak banyak tapi akan berdampak cukup besar terhadap jumlah uang tabungan yang kamu punya.

6. Tabung pada Rekening Tabungan yang Baru

Memahami bagaimana cara menabung buat beli mobil akan membantumu menjadi orang yang bersabar dan hemat. Setiap uang yang kamu tabungkan nantinya bermanfaat untuk membeli mobil yang kamu idamkan.

Agar uang tabungan untuk belanja mobil tidak terpakai, usahakan agar menabung pada rekening tabungan yang baru. Pilih bank yang sekiranya menawarkan biaya administrasi yang kecil dan memiliki banyak fitur menarik.

Sehingga, kamu bisa mengecek saldo tabunganmu kapan saja saat membutuhkannya. Kamu bisa memantau saldo rekening baik dari mobile banking maupun internet banking.

7. Hindari Belanja yang Tak Kamu Perlukan

Terkadang banyak orang yang tertarik untuk belanja sesuatu padahal sebetulnya tidak benar-benar membutuhkan barang tersebut. Untuk beberapa tahun ke depan, kamu harus bisa menahan keinginan alamiah tersebut.

Cara menabung buat beli mobil idaman ini memang tidak mudah, apalagi jika sebelumnya kamu rutin belanja setiap bulannya. Maka dari itu, buatlah list barang belanja bulanan pokok.

Belanjakan uang hanya untuk membeli barang pokok, sementara untuk kebutuhan menengah dan mewah bisa kamu hentikan terlebih dahulu. Misalnya, kamu sering belanja kosmetik yang sama untuk stok padahal barangnya masih ada.

Alih-alih menjadikan belanja sebagai hobi, kamu bisa mencoba hobi kreatif lainnya. Belakangan ini, banyak sekali hobi unik dan menarik yang bisa kamu coba. Hobi-hobi ini akan membantumu menghilangkan waktu luang selama di rumah.

8. Tekan Pengeluaran dengan Menumpang

Apakah arah tempat kerja kamu sama dengan pasangan atau teman? Jika jawabannya iya, tak ada salahnya untuk minta tumpangan guna menekan pengeluaran.

Karena berdasarkan dari tujuanmu menabung, masalah yang kamu hadapi adalah mobilitas yang sulit. Tetapi, masalah ini dapat kamu pecahkan dengan meminta bantuan ke orang lain.

Sebagai bentuk penghargaan, sesekali kamu bisa membelikan temanmu makan siang atau bensin. Bagaimana, cara menabung buat beli mobil ini bisa dipertimbangkan bukan?

9. Hemat Uang Makan Siang dengan Membawa Bekal

Selain menekan biaya transportasi dengan menumpang pada pasangan atau teman, kamu juga bisa menghemat uang makan siang dengan membawa bekal. Kesulitannya, mungkin kamu harus bangun lebih pagi untuk mempersiapkan bekal.

Namun, manfaat membuat bekal jauh lebih banyak daripada kekurangannya. Pertama, kamu tidak hanya menghemat uang makan siang tapi juga membantu tubuh menerima asupan yang lebih sehat dan bernutrisi.

Kamu bisa memasak makananmu sendiri dengan menggunakan bahan-bahan yang lebih baik dan sehat. Apalagi, resep makanan atau bekal juga tersebar di dunia maya. Tidak sulit untuk menemukan resep-resep baru yang lezat dan murah.

Baca juga: Cara Menabung 10 Juta dalam 1 Tahun, Cobain Yuk!

10. Riset Dealer dan Harga yang Tersedia

cara menabung buat beli mobil
cara menabung buat beli mobil

Cara menabung buat beli mobil bagus terakhir adalah dengan melakukan riset langsung ke berbagai dealer. Datangi lebih dari satu dealer untuk melihat apa promo menarik yang mereka tawarkan.

Apakah dealer tersebut menawarkan program cashback apabila kamu membeli mobil atau tidak? Tanyakan secara terperinci dan jelas. Jangan malu juga untuk mengecek harga mobil yang tersedia.

Harga mobil yang kamu inginkan bisa jadi telah berubah. Agar lebih mudah dalam monitoring, baiknya kamu meminta kontak sales dealer terpercaya. Tanyakan secara berkala harga mobil impianmu untuk mengetahui perubahannya.

Membeli mobil baru dengan cicilan artinya kamu sudah siap untuk hidup berhemat setiap bulannya. Tetapi, jika dipikirkan kembali daripada berhutang lebih baik menabung.

Kamu bisa menabung uang yang banyak atau sesuai harga mobil yang kamu inginkan agar bisa belanja mobil secara tunai. Waktu yang kamu perlukan memang tak sebentar tapi setidaknya kamu bisa mengendarai mobil dengan lebih tenang.

Yuk, ikuti cara menabung buat beli mobil dan yakinlah jika kamu bisa mewujudkan tujuan tersebut dengan baik. Kuncinya hanya satu yakni konsisten.

0 Shares
Leave a Reply
You May Also Like