cara menabung 1 juta per bulan untuk anak sekolah

10 Cara Menabung 1 Juta Per Bulan untuk Anak Sekolah

0 Shares
0
0
0

Menabung adalah hal penting bagi siapa saja. Termasuk juga untuk anak yang masih sekolah. Jangan berkecil hati, karena masih mungkin kok menerapkan cara menabung 1 juta per bulan untuk anak sekolah.

Aktivitas menabung adalah term sederhana dari dari dasar-dasar pengelolaan keuangan. Bukan expenses atau pengeluaran saja yang harus kamu kenal. Namun, menabung juga perlu kamu kenali sebagai anak sekolah. 

Tapi, menabung kadang tak semudah menyisihkan sebagian uang. Terkadang ada hal yang tak bisa kamu kendalikan seperti pengeluaran mendadak atau bahkan kalap karena sifat impulsif dari seseorang. 

Cara Menabung 1 Juta Per Bulan untuk Anak Sekolah

Bisa banget kok mencapai target menabung 1 juta untuk anak sekolah, tapi selama kamu tahu bagaimana caranya. Kira-kira, gimana ya? Cek sini biar tahu: 

1. Bikin Plan atau Rencana

Sudah pasti, hal yang paling penting untuk bisa nabung sejuta dalam sebulan adalah bikin plan atau rencana. 

Pembuatan plan atau rencana ini pun harus mateng dan tekadmu harus tinggi serta kuat. Tanpa ini, maka menabung satu juta per bulan hanya jadi impian belaka. 

Cobalah untuk membuat tabel menabung 1 juta yang nanti akan merinci nominal tabungan setiap hari dalam 30 hari. 

Ini adalah langkah sederhana untuk menabung. Nominal mungkin berbeda, tapi setiap harinya harus ada nominal pasti yang kamu tabung. 

2. Sisihkan Uang Saku

Yup, anak sekolah sudah pasti belum bekerja. Caranya dapet uang gimana? Tidak ada jawaban yang masuk akal selain uang saku dari orangtua. 

Maka dari itu, cara menabung 1 juta per bulan untuk anak sekolah salah satunya dengan menyisihkan uang saku.

Walaupun sulit, bukan tentu tidak bisa. Sisihkan sedikit uang saku setiap minggu sesuai dengan rencana tabungan per minggu. 

Nah, demi bisa menyisihkan uang saku, maka kamu harus mengurangi adanya pembelian barang yang tidak perlu, atau impulsif checkout barang-barang yang hanya nampak lucu. Jadi, kurang-kurangin pengeluaran dengan ini, ya!

Lakukan hal yang sama agar kamu bisa mencapai Rp1 juta dalam satu bulan. Ini sangat mungkin kalau jatah uang bulanan kamu lebih dari 1 juta. Jika kurang, masih ada cara lainnya kok. 

3. Targetkan Total Tabungan Per Minggu

Sebenarnya, ada cara yang lebih mudah ketika kamu ingin mencapai tabungan target 1 juta dalam sebulan. Yap, caranya dengan menargetkan total tabungan per minggu. 

Daripada menyisihkan setiap hari yang nominalnya sering tidak pasti dan terkadang kurang, lebih baik menabung mingguan. 

Demi mencapai satu juta, artinya setiap minggu kamu harus menabung sebesar Rp250 ribu. Mau tidak mau, suka tidak suka, setiap minggu harus ada uang segitu, bagaimana pun caranya. Dengan ini maka, kamu bisa mencapai hasil Rp1 juta per bulan. 

4. Cari Pekerjaan Paruh Waktu

Mau tahu gimana cara menabung cepat? Banyakin penghasilanmu. Opsi keempat ini wajib kamu lakukan hanya jika jatah bulananmu memang kurang dari 1 juta per bulan. 

Mencari uang tambahan, tidak selalu mengerjakan hal-hal yang sulit. Bisa dengan jualan barang atau makanan kecil di sekolah, mengajar anak-anak dengan tingkat pendidikan yang masih ada di bawahmu, dan banyak lagi. 

Selain itu, masih ada opsi lain untuk berjualan paket data, pulsa, jasa ketik tugas, print tugas, jastip, penulis lepas, kontributor majalah, bertani kecil-kecilan, dan masih banyak lagi. 

Tidak ada yang bilang ini gampang, tapi jauh lebih baik untuk mencobanya daripada tidak dapat uang tambahan. Dengan adanya ini, tanpa merencanakan menabung sejuta dalam sebulan bakal berhasil, kok. 

Baca juga: Apa Itu Frugal Living? Ini Dia Manfaat dan Tips Penerapannya

5. Catat Setiap Pengeluaran

Ada hal penting yang sering kita lupakan. Terutama kalau sudah urusan pengeluaran. Nah, untuk mencapai tabungan satu juta per bulan maka kamu harus mencatat setiap pengeluaran tanpa terkecuali. 

Kamu harus mencatat pengeluaran besar hingga yang kecil sekali pun. Mulai dari biaya skincare sampai biaya jajan seblak sampai parkir pun harus kamu catat. Tujuannya agar mengetahui untuk apa saja uang kamu gunakan. 

Setelah mencatatnya, kamu bisa memutuskan untuk mengurangi pengeluaran yang tidak perlu atau hanya perilaku konsumtif belaka. 

6. Bikin Rekening Pelajar

Cara menabung 1 juta per bulan selanjutnya bisa dengan bikin rekening pelajar. Metode ini adalah salah satu yang paling ampuh untuk kamu lakukan. 

Dengan meletakkan uangmu ke dalam rekening, tidak hanya aman, kamu juga akan lebih disiplin dalam mengatur tingkat pengeluaran.

Pembuatannya sangat mudah, kok. Paling setoran awalnya hanya sekitar Rp5 ribu aja. Biaya administrasinya juga jauh lebih kecil daripada rekening umum. 

Rekening pelajar akan sangat membantumu untuk mengalokasikan atau menyisihkan sebagian penghasilan agar dalam satu bulan, bisa menabung sampai 1 juta rupiah. 

7. Berhemat di Sekolah dengan Bawa Bekal dari Rumah

cara menabung 1 juta per bulan untuk anak sekolah
cara menabung 1 juta per bulan untuk anak sekolah

Sepertinya, cara nabung seperti apa pun nggak bakal work kalau suka jajan. Maka dari itu, jauh lebih baik untuk membawa bekal sendiri dari rumah. 

Bukan hanya hemat, tapi kamu bisa lebih sehat. Daripada membeli makanan di sekolah yang mungkin belum tentu sehat, jauh lebih baik untuk bawa makanan sendiri dari rumah. 

Meskipun sederhana dan terkadang membosankan, berhemat dengan cara ini juga bikin sehat. Selain itu, mimpimu untuk menabung uang sebanyak 1 juta rupiah per bulan pun bisa terwujud. 

Baca juga: 8 Cara Menabung yang Efektif, Terbukti Berhasil

8. Jadi Pelajar Berprestasi

Salah satu cara yang paling masuk akal untuk mampu menabung sebanya sejuta dalam sebulan yakni dengan jadi pelajar yang berprestasi. 

Pelajar berprestasi, akan membawa beberapa keuntungan. Namamu bakal terangkat dan kamu bisa loh dapat uang tambahan. 

Dari mana uangnya? Dari hasil ikut lomba atau event tertentu. Umumnya, jika kamu menang suatu perlombaan, kamu akan mendapatkan hadiah. 

Tak hanya piala, bahkan kamu bisa memperoleh uang tunai. Hasilnya bisa banyak banget. Selain dapat dari penyelenggara, mungkin kamu bakal dapetin hadiahnya langsung dari sekolah. 

Hasilnya bisa kamu tabung. Cara ini bakal work hanya jika kamu benar-benar menguasai bidang pelajaran atau keterampilan tertentu. 

9. Belanja dalam Jumlah Besar 

Loh, kok dalam jumlah besar? Yup, ini khusus untuk barang-barang yang memang kamu butuhkah. Entah untuk keperluan sekolah atau untuk keperluan pribadi. 

Misalnya, kamu butuh bolpoin atau buku tulis. Nah, jangan beli satu-satu karena harganya bisa lebih mahal. 

Maka dari itu, pilihlah untuk belanja dalam jumlah banyak sekaligus. Beli juga di tempat grosir yang notabene selalu memberi harga diskon. 

10. Beli Produk Bekas

Terakhir, kalau butuh produk tertentu yang mungkin nggak penting-penting banget buatmu, belilah produk bekas. Namun, jangan lupa memperhatikan kualitas dari barangnya. 

Jika masih layak pakai, just go buy it! Jika tidak, lebih baik cari yang lain. 

Itulah beberapa cara menabung 1 juta per bulan untuk anak sekolah yang bisa kamu lakukan. Dengan cara ini, uang akan terkumpul dengan mudah.

Baca juga: 10 Cara Menabung Buat Beli Mobil di Usia Muda

0 Shares
Leave a Reply
You May Also Like