Tips teknik pomodoro yang baik

Tips Teknik Pomodoro: Cara Belajar Efektif untuk yang Susah Fokus 

0 Shares
0
0
0

Tips Teknik Pomodoro – Kamu sering merasa susah fokus saat belajar? Ini merupakan masalah yang banyak dialami oleh semua orang. Misalnya, baru baca satu halaman materi, tanpa disadari pikiran ngawang entah ke mana, dan akhirnya malah terdistraksi. Jika kamu mengalaminya, mungkin kamu punya tingkat konsentrasi yang rendah.

Tapi jangan khawatir, karena ada cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah yang satu ini. Kamu bisa coba teknik pomodoro, yang dikenal sebagai salah satu metode belajar paling efektif untuk yang sering gagal fokus saat belajar. Jadi, ayo cari tahu apa itu pomodoro dan bagaimana cara menerapkannya untuk memaksimalkan waktu belajar.

Apa Itu Teknik Pomodoro?

Teknik pomodoro merupakan salah satu metode manajemen waktu yang diperkenalkan oleh Francesco Cirillo pada awal 1990-an. Menurut metode ini, istirahat di sela-sela waktu belajar sangatlah penting untuk menjaga fokus tetap terjaga. Dengan menerapkan teknik pomodoro, kamu bisa belajar dalam durasi yang singkat namun dengan intensitas yang tinggi. 

Coba bayangkan, kalau kamu harus bekerja non stop, tanpa istirahat. Pastinya akan terasa capek, suntuk, dan melelahkan bukan? Hal yang sama juga berlaku untuk otak kita. Dengan mengistirahatkannya sejenak menggunakan metode pomodoro, otak akan lebih fresh dan nantinya akan lebih mudah fokus untuk menerima materi kembali. 

Teknik pomodoro penting diterapkan, agar waktu istirahat juga tidak terlalu lama. Biasanya, kita baru belajar 15 menit sudah merasa capek dan minta istirahat. Eh, istirahatnya justru keterusan karena dihabiskan untuk scrolling media sosial. Belajarnya 15 menit, istirahatnya bisa lebih dari satu jam. 

Baca juga: 5 Rekomendasi Buku Self Improvement untuk Upgrade Diri

Tips Teknik Pomodoro

Kedengarannya, teknik pomodoro merupakan cara yang efektif untuk belajar. Tapi, bagaimana sih cara menerapkan teknik ini dengan benar? Yuk simak 5 tips teknik pomodoro di bawah ini.

  • Persiapan

Sebelum mulai belajar atau bekerja menggunakan teknik pomodoro, kamu perlu menyiapkan alat pendukung terlebih dahulu. Pastinya, kamu memerlukan alarm atau timer untuk menghitung waktu. Kamu bisa juga mengunduh aplikasi pomodoro yang sudah banyak tersedia di internet.

Setelah itu, kamu juga perlu menyiapkan kondisi belajar yang mendukung. Pilihlah tempat yang aman dan nyaman untuk belajar, yang jauh dari distraksi-distraksi yang dapat merusak fokus. 

  • Memilah Tugas

Setelah alat yang dibutuhkan lengkap dan kondisi belajar sudah mendukung, selanjutnya kamu bisa memilih-milih materi yang ingin dipelajari atau tugas yang akan dikerjakan. Urutkan tugas-tugas tersebut berdasarkan prioritas, dan kerjakanlah yang paling urgent terlebih dahulu. Dengan ini, kamu tidak akan pusing atau terdistraksi tugas lainnya di saat tugas yang urgent belum selesai. 

  • Menentukan Jangka Waktu

Tips teknik pomodoro selanjutnya yang dapat dilakukan yaitu menentukan jangka waktu belajar. Biasanya, teknik pomodoro menerapkan waktu belajar 25 menit, lalu istirahat selama 5 menit. Kamu bisa menyesuaikan waktu ini sesuai dengan keinginan, atau sesuai dengan banyaknya materi yang dipelajari atau tugas yang ingin diselesaikan.

  • Istirahat

Setelah fokus belajar selama 25 menit, kamu perlu beristirahat sejenak. Tapi ingat, istirahat di sini harus dilakukan dengan benar, ya. Sebaiknya jangan gunakan waktu belajar untuk bermain sosial media. Sesekali, keluarlah dari ruang belajar untuk menghirup udara segar, agar pasokan oksigen ke otak bisa optimal.

  • Mengulangi Kembali

Apabila waktu istirahat selesai, sebaiknya kamu hentikan juga waktu berleha-leha dan ulangi lagi teknik pomodoro di atas. Cobalah untuk disiplin dengan metode pembelajaran ini, paling tidak hingga empat kali berturut-turut. Hal ini penting agar kamu bisa lebih terbiasa menerapkan metode pomodoro dalam pembelajaran sehari-hari. 

Setelah mengulanginya sebanyak empat kali, kamu bisa mengambil istirahat panjang apabila pembelajaran belum selesai. Sisihkan waktu kurang lebih 20-30 menit untuk beristirahat melakukan hal apapun yang kamu inginkan. Ini penting agar kamu tidak mudah bosan atau merasa suntuk saat belajar.

Nah, itulah dia penjelasan singkat teknik pomodoro dan bagaimana tips melakukannya. Selain untuk meningkatkan fokus saat belajar, teknik ini juga penting untuk mencegah kelelahan mental akibat belajar yang terlalu lama. 

 

0 Shares
Leave a Reply
You May Also Like