menu pesta pernikahan di rumah

10 Menu Pesta Pernikahan di Rumah, Hemat dan Nikmat!

1 Shares
0
0
1

Salah satu pos anggaran yang memang memakan banyak biaya dalam pesta pernikahan adalah menu makanan. Maka dari itu, kami bakal merekomendasikan menu pesta pernikahan di rumah yang sederhana biar biayanya nggak terlalu besar. 

Menikah, memang jadi momen sekali seumur hidup. Tidak akan terulang dan harus memorable. Tapi, nggak harus pakai menu makanan dan tempat yang mewah, kok. Menu sederhana dan nikah di rumah bukan suatu masalah. 

Apalagi jika kondisi keuangan yang kamu dan pasangan miliki, belum terlalu baik. Maka, jauh lebih baik untuk menyisihkan sekian persen dari total keseluruhan tabungan untuk hari-hari depan setelah pesta pernikahan. 

Rekomendasi Menu Pesta Pernikahan di Rumah

Salah satu list persiapan pernikahan yang wajib ada yakni menu yang akan kamu hidangkan kepada para tamu saat pesta pernikahan. Mau yang sederhana dan cocok untuk yang nikah di rumah? Nih, daftarnya: 

1. Nasi Putih dan Nasi Goreng

Nasi menjadi hidangan utama yang wajib ada dalam pesta pernikahan, apalagi buat kamu yang mau nikah di rumah. 

Kamu bisa tuh nyediain dua jenis nasi: nasi goreng dan nasi putih. Tujuannya agar saat ada tamu yang bosen makan nasi putih, bisa memilih nasi goreng. 

Dalam berbagai penyedia paket menu prasmanan sederhana tapi mewah, sudah pasti ada dua jenis makanan ini. 

Lantas, nasi putihnya untuk apa? Sudah tentu untuk orang yang enggan makan-makanan berminyak. Kedua hidangan ini hampir selalu tersedia dalam menu prasmanan orang Indonesia. 

2. Bakso

Salah satu makanan yang nggak boleh kamu lewatkan dari daftar menu prasmanan sederhana di hari pernikahanmu adalah bakso. 

Yup, makanan sejuta umat ini memiliki begitu banyak peminat. Hampir semua orang menyukai bakso. Maka, nggak ada salahnya untuk menyediakan menu satu ini. 

Bisa tambahin opsi lainnya seperti mie bihun, tahu, dan bisa juga nambah siomay. Tapi, kalau mau hemat bisa kok nyediain bakso aja. 

Cocok juga jadi hidangan menu pesta pernikahan di rumah karena banyak yang bakal ketagihan. 

Selain itu, bakso juga pas jadi hidangan penutup setelah makan hidangan nasi dan lauk lainnya. Jangan lupa sediain mangkok kecil agar lebih mudah bagi para tamu untuk mengambilnya. 

3. Sate Ayam

Biaya nikah bisa lebih affordable jika menu yang kamu sediakan seperti sate ayam. Olahan makanan ini begitu populer, loh. Apalagi jika di pernikahan orang Indonesia. 

Hampir setiap resepsi, selalu ada menu ini. Sate ayam pas jadi pilihan karena memang cita rasanya yang nggak terlalu berlemak dan mudah untuk dimakan. 

Beda halnya nih kalau yang kamu sediain malah makanan seperti sop iga, atau bahkan tulang sumsum sapi. Itu, susah banget makannya. 

Penyajiannya pun sederhana. Hanya ayam yang udah dibaluri bumbu tertentu lalu siraman kuah kacang yang ada di atasnya. 

Menu makanan pesta pernikahan murah meriah satu ini jadi makanan khas Indonesia. Dengan bahan dasar ayam, maka harganya pasti lebih murah. 

Lidah orang Indonesia pun sangat cocok dengan daging ayam. Biasanya nih, sate jadi menu wajib yang nanti bakal paling laris waktu pernikahanmu!

Baca juga: 40 Rekomendasi Kado Pernikahan yang Unik dan Berkesan

4. Tumisan

Menu daging-dagingan udah ada, yakni sate ayam. Sekarang, jangan lupa sediain juga tumisannya. Kalau ada daging, harusnya ada sayur biar lengkap. Maka, coba deh sediain berbagai macam tumisan. 

Kamu bisa memilih menu-menu tumisan favorit berikut ini kalau nggak mau bingung: 

  • Tumis kacang panjang
  • Capcay
  • Tumis buncis
  • Tumis tempe atau tempe oreg
  • Tumis brokoli
  • Dan lainnya

5. Olahan Udang Sederhana

menu pesta pernikahan di rumah
menu pesta pernikahan di rumah

Selanjutnya, ada nih contoh menu prasmanan pernikahan yang sepertinya nggak bakal tersisa sedikit pun: aneka olahan udang. 

Yup, di beberapa tempat yang mengadakan resepsi, khususnya orang Indonesia emang hampir selalu ada menu olahan udang. 

Nah, untuk yang mau lebih hemat bisa kok nyediain olahan yang nggak ribet. Misalnya saja, udang goreng tepung atau udang asam manis. 

Ini jadi menu seafood yang pas banget bersanding dengan nasi putih atau nasi goreng. Rasanya masih match dan nggak ‘nabrak’. 

Alasan lainnya yakni karena olahan udang ini gampang banget buat dimakan para tamu undangan. Nggak perlu ribet, tinggal hap, dan udang udah masuk ke dalam mulut. 

6. Rolade Asam Manis

Ada menu lain yang belakangan sering banget ada dalam pesta resepsi pernikahan. Yup, rolade asam manis. 

Menu ini banyak yang milih karena kemudahan penyajiannya. Apalagi saat ini banyak loh yang nyediain rolade siap saji. 

Bikinnya gampang, cita rasanya not bad, dan nggak habis biaya besar juga untuk bikin rolade asam manis. 

Saran kami, kalau mau pakai rolade asam manis, artinya olahan udang dan lainnya dibedain, ya. Bisa goreng tepung atau goreng biasa aja biar lebih variatif. 

7. Kerupuk

Makan di resepsi, jadi semakin nikmat dengan adanya kerupuk. Udah murah, kenikmatan nambah. Jadi, kamu nggak punya alasan buat skip menu satu ini. 

Kerupuk yang kamu sediain bisa sesuai preferensi masing-masing, kok. Mau kerupuk bawang atau kerupuk udang, sama-sama enak. 

Sensasi crunchy yang berpadu dengan gurihnya kudapan lain menjadikan makan di resepsi begitu nikmat!

8. Olahan Mie

Selain nasi, orang Indonesia juga suka mie. Hidangannya nggak bakal bikin bosen. Nggak heran, mie selalu jadi pelengkap menu dalam berbagai pesta pernikahan. Olahan mie tuh banyak banget. Misalnya: 

  • Mie goreng biasa
  • Mie soun
  • Kwetiau

9. Sambel

Kemudian, menu pesta pernikahan di rumah lainnya yang nggak boleh kelewat adalah sambel. 

Orang Indonesia sebelah mana sih yang nggak suka sambel? Hampir semua orang Indonesia suka sambel. 

Menu ini wajib ada agar nantinya, cita rasa dari udang ataupun sate bisa tambah nikmat. Tamu bakal suka, kok. 

Emang match, ya rasa sate dengan sambel? Khusus yang belum pernah nyoba, mending buru cobain deh. Enak banget, kok pas diaduk. 

Sambelnya yang simpel-simpel aja. Bisa sambel bawang atau sambel bajak. Nggak perlu yang aneh-aneh. 

10. Es Buah

Ingin tahu apa menu prasmanan hemat yang gampang banget pembuatannya? Es buah! Pas banget dengan iklim tropis Indonesia yang kadang panasnya nggak ngotak!

Es buah ini bisa jadi hidangan penutup setelah makan menu yang udah kami sebutin di atas. Cita rasanya yang manis, segar, dan dingin, bikin tubuh ngerasa lebih segar meskipun udara lagi panas gila. 

Kami saranin sih nggak perlu pakai susu. Soalnya menurut pandangan kami, es buah dengan susu tingkat kesegarannya menurun. 

Jadi es buah bening gitu aja. Soal isian, bebas. Biar lebih hemat, isiannya buah yang gampang buat kamu temuin di pasar aja. 

Nah, itulah menu pesta pernikahan di rumah yang bisa kamu sediain. Hemat, nikmat, dan pasti habis dilumat!

 

Simak artikel lainnya di Google News

1 Shares
Leave a Reply
You May Also Like