list persiapan pernikahan tanpa wo

11 List Persiapan Pernikahan tanpa WO, Lebih Hemat!

0 Shares
0
0
0

Biaya menggunakan jasa Wedding Organizer (WO) sering kali terlalu besar untuk sebagian orang. Jika kamu merasa biaya WO terlalu mahal, bisa kok bikin list persiapan pernikahan tanpa WO sendiri. 

Memang, jasa WO bakal bantu banget. Kamu tinggal duduk diam dan tiba-tiba semuanya udah siap. Namun, biaya yang kamu butuhin sudah tentu lebih besar daripada nyiapin pernikahan sendiri. 

Selain lebih murah, kamu bisa prepare berbagai hal yang sesuai dengan selera. Mulai dari dekor, souvenir, rangkaian acara, dan semuanya. Ribet, tapi inilah satu-satunya jalan buat menekan biaya pernikahan. 

List Persiapan Pernikahan tanpa WO

Bagi yang ingin mencicil persiapan pernikahan tanpa bantuan WO, sebaiknya lakukan jauh-jauh hari agar persiapannya lebih matang. Tapi, apa aja yang harus dipersiapkan? Nih, buat lebih jelasnya: 

1. Budgeting is A Must!

Mari mulai dengan hal yang paling penting. Yup, budgeting. Sebelum memulai segala persiapan, pasti sangat penting untuk merencanakan berapa anggaran yang kamu butuhkan. 

Sudah tentu ini penting karena kamu bisa menentukan mau biaya nikah kurang dari 30 juta yang sederhana atau mau lebih dari 20 juta agar sesuai dengan dream wedding kamu dan pasangan selama ini. 

Pertanyakan itu dulu dan pertimbangkan kemampuanmu. Tentukan berapa batas maksimal yang bisa kamu keluarkan. 

Apa tujuannya? Tentu agar budget yang keluar tidak membengkak dan malah membebanimu. Yup, tentukan dulu berapa anggaran maksimalnya. 

Contoh aja nih, menghitung berapa total dari biaya dekorasi, MUA, catering, fotografer, undangan, hiburan, souvenir, dan lainnya. 

2. Mau Nikah Kapan dan Di Mana? 

Nah, ini juga termasuk salah satu list pernikahan di rumah atau di gedung yang harus kamu pertanyakan. 

Mau nikahnya kapan dan di mana? Penting loh buat nentuin kedua hal ini. Pertama, tanggal pernikahan. 

Jelas tanggal pernikahan penting apalagi buat kamu yang ingin nikah di gedung, ballroom, atau tempat yang umumnya dipilih oleh banyak orang. 

Alasannya karena dengan nentuin tanggal dulu, kamu bisa cek apakah di tanggal yang kamu pengin masih kosong atau enggak. 

Pertimbangan lokasi juga penting banget. Kamu harus mengetahui di mana pernikahan bakal terselenggara. Jangan lupa, dateng dulu ke tempat-tempat lalu bandingkan kapasitas, fasilitas, dan harga sewanya. 

Jika tempatnya on budget dan masih ada jadwal kosong buatmu di hari pernikahan, gas aja. 

3. Mau Ngundang Siapa Aja? 

Checklist persiapan pernikahan lain yang udah pasti nggak boleh lupa adalah daftar undangan. Yup, kamu mau ngundang siapa aja ke pesta pernikahanmu?

Buat ngatur ini, coba deh ajak pasangan duduk bareng. Lalu, atur aja buat nyusun daftar undangan yang emang kalian berdua ingin undang. 

Pastikan juga untuk menghitung total atau jumlah tamu undangan. Soalnya ini berpengaruh terhadap banyaknya budget untuk katering. 

Jika sudah pas, tinggal bikin aja undangannya. Bebas aja sih mau undangan digital atau konvensional. Intinya, list persiapan pernikahan tanpa WO satu ini sangat penting buat kamu rencanakan. 

4. Catat Daftar Vendor

list persiapan pernikahan tanpa wo
list persiapan pernikahan tanpa WO

Persiapan pernikahan h-2 bulan atau lebih dari h-2 bulan, juga penting untuk mencatat siapa saja vendor yang ingin kamu pakai. 

Biasanya, pakai jasa WO emang lebih gampang karena mereka emang punya daftar vendor di daerah masing-masing. Tak heran, proses persiapan wedding dengan jasa mereka bisa lebih cepet. 

Namun, biar budget pernikahanmu nggak kegedean, catet aja daftar vendornya. Nih, kami beri list vendor yang biasanya dibutuhin: 

  • Venue
  • Dekorasi
  • MUA dan Wardrobe
  • Katering
  • Hiburan
  • MC
  • Dokumentasi

Selama 7 vendor di atas udah kamu catet, pernikahan bisa lebih gampang buat kamu selenggarain. 

5. Mau Nikah Tema Apa? 

Meskipun hanya pernikahan sederhana, tema itu jadi salah satu hal penting waktu mau menyelenggarakan acara istimewa ini. Kamu tetap butuh list persiapan pernikahan sederhana mengenai tema yang sesuai selera. 

Bisa pilih tuh, mau jadi fun wedding, rustic, shabby chic, minimalis, indoor, atau juga outdoor. Ini sih sesuai keinginan masing-masing couple, ya!

Setelah menentukan tema, beri tahu vendor dekorasi yang udah kamu list sebelumnya dan tanyakan apakah dengan venue pilihan, mereka bisa menyediakan dekorasi yang temanya sesuai dengan keinginanmu atau tidak. 

6. Kebutuhan Wardrobe

Ini juga penting banget. Nggak mungkin, dong, kalau kamu nikah cuma pake kaos oblong dan daster? 

Yup, ini acara istimewa. Paling nggak, di hari itu kamu bisa tampil menakjubkan. Hanya untuk satu hari itu saja. 

Wardrobe ini penting soalnya jika salah pilih, bisa-bisa kamu tampil biasa aja di hari istimewa. Pastikan fitting dulu, ya. 

Soal mau pake baju atau gaun yang model apa, itu terserah kamu dan pasangan. Jangan lupa, sesuaikan dengan tema yang emang ingin kalian ambil. Harus selaras juga dengan tema biar konsepnya menyatu. 

7. Menu untuk Tamu Undangan

List persiapan pernikahan tanpa WO lainnya yakni menu hidangan buat para tamu undangan. Cobalah lakukan konsultasi ke vendor catering saat ingin menyusun menu ini. 

Jangan berlebihan, sesuaikan saja dengan selera dan paling penting sesuaikan dengan budget yang telah kamu rencanakan di awal. 

Ada hal lain yang jangan sampai kelewat, testing makanan. Paling tidak, kamu udah nyicipin atau nyobain makanan dan minumannya dulu. 

Hal ini perlu kamu lakukan karena emang penting tahu kualitas dari masakan yang akan tersaji ke hadapan tamu. 

8. Pilih Souvenir

Hampir semua pernikahan, pasti yang punya hajat akan memberikan souvenir sebagai buah tangan. 

Sebenernya, souvenir pernikahan penting nggak penting sih. Namun, souvenir bisa menjadi bentuk apresiasi darimu dan pasangan kepada semua tamu yang udah nyempetin waktunya buat hadir. 

Selain itu, souvenir juga berguna untuk meninggalkan kesan yang mendalam kepada semua tamu undangan. Pesta pernikahan kamu juga bakal lebih indah dengan adanya ini. 

9. Pilih Musik dan Hiburan

Sepertinya, pernikahan bakal cringe dan krik-krik banget kalau berisi suara obrolan dari para tamu undangan. 

Makanya, penting buatmu untuk masukin musik dan hiburan sebagai salah satu daftar yang harus dipersiapkan. 

Mau hemat? Bisa ajak teman atau orang terdekatmu yang bisa main musik. Nggak mau repot dan mahal? Bisa juga dengan mengundang band lokal yang biasanya kamu temui dalam banyak acara pernikahan. 

10. Siapin Rundown

Selanjutnya, jangan lupa buat nyiapin rundown acara saat pesta terselenggara. Pastikan rundown-nya mencakup semua momen yang penting. 

Contohnya prosesi masuk, makan malam, tari pengantin, pertukaran janji, dan masih banyak yang lainnya. 

Kamu bisa membagikan rundown ini terutama kepada vendor-vendor yang akan kamu pakai. Tentu, agar nanti semua prosesi pesta pernikahan bisa berjalan sesuai dengan rencana awal. 

11. Minta Bantuan Keluarga dan Teman

List persiapan pernikahan tanpa WO terakhir yakni catatlah siapa saja keluarga dan teman yang bisa membantumu. 

Mintalah bantuan kepada keluarga atau teman. Nggak perlu sungkan, masih banyak kok orang sekitarmu yang bakal peduli. 

Dengan list persiapan pernikahan tanpa WO ini, kamu bisa ngadain pesta pernikahan secara lebih terstruktur dan sesuai rencana.

0 Shares
Leave a Reply
You May Also Like