amalan sebelum tidur

Begini Amalan Sebelum Tidur yang Bisa Anda Terapkan Sehari-hari

1 Shares
0
0
1

Masih banyak orang yang belum tau apa saja amalan sebelum tidur seperti yang diajarkan Islam. Sebab banyak orang yang melakukan sejumlah kegiatan tidak penting seperti melihat sosial media, mendengarkan musik dan lainnya.

Padahal dengan mengamalkan beberapa amalan sesuai dengan tuntunan Rosul bisa mendatangkan pahala loh. Selain masalah pahala, beberapa amalan tersebut juga bisa membuat tidur jadi nyenyak dan berkualitas.

Beragam Amalan Sebelum Tidur Menurut Islam

Jenis amalan sebelum tidur sesuai sunnah memang ada banyak. Sehingga Anda bisa memilih salah satu atau menerapkan semua jika mampu. Berikut hanya beberapa saja dari banyaknya amalan ketika akan tidur:

1. Mengambil Wudhu

Ada sebuah hadis yang memang menjelaskan bahwa dianjurkan bagi Anda semua untuk mengambil wudhu sebelum beranjak tidur. Jika seringnya orang mengambil wudhu ketika akan melakukan sholat. Namun ternyata wudhu juga jadi amalan sebelum tidur Nu Online.

Hadis ini diriwayatkan oleh Bukhari nomor 247 dan juga Muslim nomor 2710. Hadis yang dimaksud punya arti seperti berikut:

“Jika engkau hendak mendatangi tempat tidurmu, hendaklah engkau berwudhu seperti wudhu untuk shalat, lalu berbaringlah pada sisi kanan badanmu,”.

2. Memperbanyak Dzikir

Amalan sebelum tidur Rasulullah berikutnya adalah memperbanyak dzikir sebelum tidur. Seperti yang diketahui bahwa Rasulullah senantiasa berdzikir serta mengingat Allah. Hal ini sesuai dengan hadis yang artinya seperti berikut:

“Apabila kalian berdua hendak tidur, maka bertakbirlah kepada Allah sebanyak tiga puluh tiga kali, bertasbihlah sebanyak tiga puluh tiga kali, dan bertahmidlah sebanyak tiga puluh empat, dan ini semua lebih baik buat kalian berdua dari seorang pelayan”

Hadis tentang dzikir sebelum tidur tersebut diriwayatkan dari Aisyah R.A dan termuat dalam Hadis Bukhari di bagian nomor 5843.

3. Menunda Tidur Sebelum Waktu Isya

Amalan Sebelum tidur dalam Islam selanjutnya yaitu anjuran menunda tidur sebelum masuk waktunya sholat Isya. Tentunya hal ini didasarkan atas hadis yang diriwayatkan dari tokoh bernama Abu Barzah, bunyi arti hadis tersebut sebagai berikut:

”bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam tidak suka tidur sebelum shalat Isya dan berbincang-bincang setelahnya.”

Hadis ini diriwayatkan oleh Bukhari yang ada di nomor 568 dan Muslim yang ada di nomor 647.

4. Membersihkan Tempat Tidur

Salah satu dari 10 sunnah sebelum tidur yakni membersihkan tempat tidur sebelum dipakai untuk tidur. Hal ini sesuai dengan anjuran yang diberikan oleh Rasulullah supaya umatnya senantiasa menjaga kebersihan.

Kebersihan yang dimaksud di sini mencakup berbagai macam aspek loh. Salah satunya adalah membersihkan  tempat tidur. Seperti halnya hadis yang diriwayatkan oleh tokoh bernama Abu Hanifah yang artinya seperti berikut:

“Jika salah seorang di antara kalian akan tidur, hendaklah mengambil potongan kain dan mengibaskan tempat tidurnya dengan kain tersebut sambil mengucapkan, ‘bismillah,’ karena ia tidak tahu apa yang terjadi sepeninggalnya tadi.”

Hadis yang membahas tentang amalan sebelum tidur menurut Islam ini dimuat dalam riwayat Bukhari yang ada di nomor 6320.

5. Membaca Doa Tidur

Membaca doa sebelum tidur menjadi salah satu amalan yang dianjurkan dalam Islam. Adapun doa yang perlu Anda baca tersebut berbunyi “Allahumma bismika ahya wa bismika amut.” Dengan doa tersebut diharapkan Anda lebih berserah kepada Allah SWT.

Berserah tentang berbagai macam ketentuan yang diberikan. Selain itu, dengan doa tersebut diharapkan mampu membuat hambanya lebih sadar bahwa semuanya akan kembali kepada sang Pemilik yaitu Allah SWT. Lebih lengkapnya hadis tentang doa ini artinya seperti berikut:

“Telah menceritakan kepada kami Abu Bakar bin Abu Syaibah berkata, telah menceritakan kepada kami Waki’ dari Sufyan dari Abdul Malik bin Umair dari Rib’i dari Hudzaifah ia berkata, “Jika Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam ingin tidur, beliau membaca: 

“Allahumma bismika ahya wa bismika amut. (Ya Allah, dengan nama-Mu aku hidup dan mati).” Dan jika bangun beliau membaca: ‘’Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah kami mati, dan kepada-Nya kami akan kembali”

Hadis ini diriwayatkan oleh Abu Dawud di bagian nomor 5049.

Penutup

Itu tadi informasi tentang berbagai amalan sebelum tidur yang dianjurkan untuk Anda. Dengan mengamalkan amalan di atas diharapkan mampu membuat Anda lebih dekat dengan sang Pencipta. Di samping itu Anda juga bisa memperoleh pahala atas amalan tersebut.

1 Shares
Leave a Reply
You May Also Like