cara agar cepat tidur

Berikut 6 Cara Agar Cepat Tidur dengan Nyenyak

1 Shares
0
0
1

Tidur menjadi kebutuhan bagi setiap orang pada umumnya. Ketika kebutuhan tersebut tidak terpenuhi  maka berpeluang menyebabkan beberapa gangguan. Sehingga tidak heran kalau cara agar cepat tidur banyak dimanfaatkan untuk memenuhi cukupnya waktu tidur.

Mengingat tidak jarang orang sudah siap dalam posisi tidur tapi tidak kunjung terlelap. Menurut informasi, tidur yang cepat dapat memberikan manfaat untuk tubuh loh. Makanya jangan begadang dan kurangi berjaga terlalu larut.

Cara Agar Cepat Tidur

Tata Cara supaya segera tidur bisa Anda lakukan dengan menerapkan beberapa tindakan loh. Mulai dari menurunkan suhu ruangan hingga rutin melakukan olahraga. Berikut cara agar cepat tidur nyenyak yang bisa Anda coba:

1. Menurunkan Suhu Udara

Kondisi udara di dalam kamar yang terlalu panas atau hangat ternyata bisa memicu orang susah tidur loh. Makanya salah satu cara agar cepat tidur dan tidak begadang yaitu dengan menurunkan suhu ruangan.

Suhu yang dapat membuat tidur terasa nyenyak diperkirakan antara 15 sampai dengan 23 derajat celcius. Meski begitu tetap sesuaikan saja dengan kondisi tubuh Anda sendiri. Sebab masing-masing orang punya kecocokan yang tak sama.

2. Membuat Jadwal Tidur

Merancang jadwal tidur sehari-hari bisa menjadi cara agar cepat tidur 30 detik berikutnya. Sebab menurut suatu penelitian menyebutkan bahwa dengan pakai jadwal tidur secara rutin bisa membantu seseorang lebih gampang terlelap.

Jadwal tidur juga bisa membantu Anda dalam menjaga jam internal tubuh. Sebab setelah Anda mampu menyesuaikan jadwal yang dibuat bisa membuat tubuh Anda lebih gampang bangun di waktu yang sama. Idealnya sediakan 30-60 menit untuk santai sebelum tidur.

3. Melakukan Meditasi

Cara agar cepat tidur walau tidak ngantuk juga bisa Anda lakukan dengan meditasi atau yoga. Sebab yoga atau meditasi seperti ini mampu menghadirkan sejumlah manfaat untuk kesehatan tubuh loh. Seperti membantu tubuh jadi rileks, menenangkan pikiran dan lainnya.

Di samping itu nyatanya dengan melakukan yoga maupun meditasi bisa membuat Anda bisa tidur lebih berkualitas. Yoga bisa membuat orang jadi tidak tegang, sedangkan meditasi bisa membuat kadar melatonin pada tubuh jadi meningkat.

4. Olahraga Teratur

Cara tidur cepat 30 detik bisa Anda lakukan dengan menjalankan olahraga secara teratur. Ada anggapan bahwa melakukan aktivitas fisik bisa membuat orang tidur dengan nyenyak. Hal ini karena olahraga bisa membuat kualitas tidur seseorang jadi lebih baik.

Lantaran olahraga mampu membuat kadar produksi serotonin dalam tubuh lebih meningkat. Sehingga bisa membuat kadar kortisol yang membuat stres lebih berkurang. Tidak heran jika olahraga jadi cara cepat tidur setelah minum kopi.

5. Melakukan Pemanasan 4-7-8

Metode 4-7-8 agar cepat tidur bisa Anda terapkan saat merasa kesulitan terlelap saat malam hari. Salah satu keuntungan melakukan metode ini bisa membuat tubuh Anda jadi lebih rileks. Bahkan metode satu ini tak cuma untuk agar tidur cepat saja.

Sebab Anda juga bisa menerapkan metode ini untuk menangani rasa cemas maupun stres. Ada beberapa langkah untuk mencoba metode ini. Anda bisa menyimaknya dalam paparan berikut:

  1. Tutup mulut kemudian tarik napas perlahan lewat hidung dalam waktu 4 hitungan.
  2. Kemudian Anda perlu menahan napas selama 6 hitungan.
  3. Lanjutkan dengan membuang napas dengan pakai 8 hitungan.
  4. Lakukan siklus ini secara berulang hingga Anda merasa sudah nyaman atau paling tidak sebanyak 3 kali.

6. Mematikan Lampu

Cara agar cepat tidur saat demam bisa Anda coba dengan mematikan pencahayaan atau lampu yang ada di kamar. Pasalnya ketika kondisi gelap tubuh bisa memproduksi zat melatonin dengan lebih banyak. Zat melatonin ini berperan penting sebagai hormon tidur loh.

Meski begitu ada sejumlah orang yang justru tidak bisa tertidur ketika kamar dalam kondisi gelap. Makanya cara ini butuh penyesuaian dengan kondisi dan karakter Anda. Jika pun tidak dengan mematikan lampu, Anda bisa mengganti lampu kamar menjadi lebih redup.

Penutup

Demikian penjelasan tentang tata cara agar tidur cepat yang bisa Anda coba dengan mudah. Meski tidur nampaknya adalah hal sepele, namun tidak sedikit orang yang merasa kesulitan melakukannya. Banyak faktor yang melatarbelakangi, salah satunya karena stres.

Simak artikel lainnya di Google News

 

1 Shares
Leave a Reply
You May Also Like