Berapa Hari Lagi Puasa 2024? Yuk Cek Hitung Mundurnya!

Berapa Hari Lagi Puasa 2024? Yuk Cek Hitung Mundurnya!

0 Shares
0
0
0

Berapa hari lagi puasa 2024? – Ramadhan merupakan bulan yang paling dinantikan oleh umat Islam di seluruh dunia. Di bulan ini, kita diberi kesempatan untuk memupuk amal ibadah, termasuk dengan berpuasa selama 30 hari ke depan. Menjalankan ibadah lainnya di bulan penuh rahmat ini, juga akan mendatangkan pahala yang berlipat-lipat.

Menjelang Ramadhan, banyak yang bertanya-tanya kapan puasa 2024 dimulai. Dengan mengetahui hal ini, kita bisa mulai mempersiapkan diri dengan baik secara mental dan fisik. Kita juga bisa membuat perencanaan saat menjalani ibadah di bulan Ramadhan nantinya. 

Mengetahui berapa hari lagi puasa 2024 juga penting untuk para Muslimah yang belum mengganti puasa yang  ‘bolong’ di tahun sebelumnya. Jadi, bagi yang masih memiliki hutang puasa dari Ramadhan tahun lalu, sebaiknya segera lunasi sebelum puasa 2024 dimulai, ya!

Berapa Hari Lagi Puasa 2024?

Ramadhan merupakan bulan pengampunan dosa yang dirindukan oleh kaum Muslim setiap tahunnya. Sekarang, bulan Ramadhan tersebut sudah di depan mata. Prediksinya, bulan Ramadhan tahun ini akan jatuh pada bulan depan. Nah, kira-kira berapa hari lagi puasa 2024 dimulai? 

Pemerintah Indonesia memang belum menetapkan tanggal 1 Ramadhan 1445 H, karena masih menunggu agenda sidang isbat nanti. Meskipun begitu, kalender Kementerian Agama memperkirakan bahwa 1 Ramadhan 1445 H akan jatuh pada tanggal 12 Maret 2024. Berdasarkan Pimpinan Pusat Muhammadiyah, puasa dimulai lebih awal yaitu pada tanggal 11 Maret 2024.

Mengacu pada ketetapan tersebut, maka dapat diketahui hitung mundur puasa 2024. Jika dihitung mundur mulai hari ini, tertanggal 12 Februari 2024, maka puasa akan dimulai dalam 28-29 hari lagi. Hal ini tergantung dari kalender mana yang kamu ikuti. 

Jika mengikuti kalender Kementerian Agama, maka puasa terhitung tinggal 29 hari lagi. Sedangkan jika dihitung mundur berdasarkan ketetapan PP Muhammadiyah, maka puasa akan dimulai dalam 28 hari lagi. 

Baca juga: Apa Itu Intermittent Fasting? Tips Diet dengan Cara Berpuasa

5 Keistimewaan Bulan Ramadhan

Puasa tidak hanya sekedar menahan lapar dan dahaga saja. Kita dituntut untuk menahan diri juga dari perbuatan-perbuatan tak baik yang dapat membatalkan puasa. Lebih dari itu, ada banyak keistimewaan bulan Ramadhan bagi umat Islam, yaitu sebagai berikut. 

1. Bulan Penuh Kebaikan

Selama bulan Ramadhan, umat Islam diajarkan untuk berbuat kebaikan sebanyak-banyaknya. Di bulan ini, pintu neraka ditutup, pintu surga dibuka lebar, dan setan-setan akan dibelenggu. Oleh karena itu, di bulan ini akan lebih banyak orang melakukan kebaikan daripada kejahatan.

2. Penuh Syafaat dan Ampunan

Bulan Ramadhan menjadi saat yang tepat untuk memanjatkan doa dan memohon pengampunan dosa. Hal ini karena Ramadhan merupakan bulan penuh syafaat, yaitu pertolongan yang diberikan Allah SWT. Doa dan permohonan yang dipanjatkan pada bulan Ramadhan juga lebih sering diijabah atau dikabulkan. 

3. Pahala Berlipat Ganda

Ketika orang Muslim berpuasa di bulan Ramadhan, maka ia akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Ini merupakan keistimewaan bulan Ramadhan yang tidak bisa dilewatkan. Selain itu, ibadah lainnya juga bernilai pahala yang besar di bulan ini. Jadi, jangan lupa juga untuk bersedekah, tadarus Al-Qur’an, sholat tarawih, dan menjalankan amalan ibadah lainnya di bulan Ramadhan kali ini.

4. Banyak Peristiwa Penting

Banyak peristiwa penting dalam sejarah agama Islam, terjadi di bulan Ramadhan. Di bulan inilah kitab suci Al-Quran diturunkan. Perang Badar yang mempunyai dampak besar dalam kemuliaan Islam, juga terjadi di bulan Ramadhan. Selain itu, di bulan Ramadhan juga ada malam Lailatul Qadar yaitu malam yang lebih baik dari seribu bulan. 

5. Ada Ibadah Sholat Tarawih

Di samping ibadah wajib berpuasa, di bulan Ramadhan juga ada ibadah sunah sholat tarawih. Inilah yang menjadikan bulan Ramadhan spesial, karena hanya di bulan ini umat Islam bisa melaksanakannya. Sholat tarawih sendiri memiliki banyak keutamaan. Salah satunya yaitu pengampunan dosa-dosa yang telah lampau. 

Nah itulah dia hitung mundur berapa hari lagi puasa 2024. Bagi umat Islam, bulan Ramadhan memang merupakan bulan yang paling istimewa jika dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya. Jadi, persiapkan diri sebaik mungkin demi menyambut bulan yang paling suci bagi umat Islam ini. 

0 Shares
Leave a Reply
You May Also Like