Vitamin yang Tidak Boleh Diminum Saat Haid
Vitamin yang Tidak Boleh Diminum Saat Haid

Vitamin yang Tidak Boleh Diminum Saat Haid Apa Ada? Yuk Cari Tahu

0 Shares
0
0
0

Banyak yang berasumsi bahwa ada beberapa vitamin yang tidak boleh diminum saat haid, salah satunya vitamin C. Kira-kira benar atau hoax ya? Simak penjelasannya lebih lengkapnya di ulasan berikut ini.

Apa Saja Vitamin yang Tidak Boleh Diminum Saat Haid?

Vitamin C merupakan jenis vitamin yang biasa dikonsumsi untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh. Namun, apakah aman mengonsumsinya saat haid? Tentu saja sebab tak ada larangan untuk mengonsumsi vitamin ini.

Jika Anda tidak mengalami masalah selama mengonsumsi vitamin C seperti maag atau perut kembung, maka tidak masalah untuk melanjutkannya. Baiknya juga diimbangi dengan tidur yang cukup, olahraga, air putih yang cukup, dan pola hidup yang sehat.

Bagaimana dengan vitamin lainnya, apakah ada vitamin yang tidak boleh diminum saat haid? Sama saja dengan vitamin C, tidak ada larangan untuk mengonsumsi vitamin saat haid karena keduanya tidak saling mempengaruhi.

Sebaliknya, ada banyak vitamin yang bagus diminum saat haid seperti vitamin B, C, D, dan E. Namun, khusus untuk vitamin K perlu dibatasi mengonsumsinya selama haid. Hal ini dikarenakan mengonsumsinya dalam porsi yang banyak akan menyebabkan periode menstruasi menjadi tidak teratur.

Macam-macam Vitamin yang Baik Dikonsumsi Saat Haid

1. Vitamin B

Anda disarankan untuk mengonsumsi vitamin B saat haid karena dapat meningkatkan suasana hati. Selain itu, jenis vitamin B6 juga bisa membantu Anda yang mudah marah, sering cemas, perut kembung, dan mudah lupa.

Manfaat mengonsumsi vitamin ini didukung oleh penelitian yang dimuat dalam jurnal The American Journal of Clinic Nutrition 2011. Dimana menjelaskan bahwa vitamin B yang terkandung dalam makanan berpengaruh pada gejala PMS.

2. Vitamin C

Seperti yang telah diulas sebelumnya bahwa vitamin C tidak termasuk dalam daftar vitamin yang tidak boleh diminum saat haid. Sebaliknya, mengonsumsi vitamin ini saat haid sangat disarankan karena dapat menyerap zat besi dengan baik yang banyak hilang saat haid.

Anda bisa mengonsumsi makanan yang kaya vitamin C seperti  bayam, paprika, jeruk, stroberi, dll. Konsumsi suplemen vitamin C secara khusus juga baik jika Anda mengalami masalah dalam periode menstruasi.

3. Vitamin D

Salah satu studi yang diterbitkan pada tahun 2018 di jurnal Nutrients menemukan hubungan positif antara vitamin D dengan gangguan menstruasi. Dimana jika asupan vitamin D kurang akan menyebabkan gangguan pada periode menstruasi.

Dapatkan manfaat dari vitamin D ini dengan mengonsumsi produk susu rendah lemak, keju dan yoghurt, serta salmon dan tuna. Sehingga, gejala psikologis dan fisik selama PMS tetap baik.

4. Vitamin E

Vitamin E berperan besar dalam menghasilkan hormon prostaglandin yang dibutuhkan oleh tubuh selama haid. Dengan ini, artinya vitamin E dapat meringankan gejala menstruasi seperi nyeri haid dan migrain.

Pernyataan ini didukung oleh penelitian pada tahun 2009 yang dimuat dalam jurnal International Medical Journal of Experimental and Clinic Research. Tentang efek konsumsi vitamin E dalam merawat migrain yang disebabkan oleh haid.

Baca Juga: Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil dan Janin Dengan Kandungan Lengkap

Hindari Konsumsi Minuman Ini Saat Haid

Bukan vitamin, namun ada beberapa minuman yang harus Anda hindari saat haid agar tidak mengalami efek kurang nyaman selama haid. Berikut beberapa daftar minumannya.

1. Beralkohol

Anda perlu menghindari alkohol saat sedang haid. Hal ini dikarenakan alkohol dapat mempengaruhi produksi hormon pada siklus menstruasi. Perubahan mood dan nyeri haid dapat terjadi akibat mengonsumsi alkohol. Oleh karena itu, sebaiknya menghindari minuman ini agar tidak merasakan efek samping tersebut.

Agar lebih yakin, Anda bisa mendiskusikannya dengan dokter sesuai dengan pengalaman menstruasi pribadi. Hal ini dikarenakan setiap wanita mengalami gejala yang berbeda-beda, jadi bisa kembali disesuaikan dengan kondisi tubuh masing-masing.

2. Berkarbonasi

Bukan jenis vitamin yang tidak boleh diminum saat haid, melainkan minuman berkarbonasi. Konsumsi minuman berkarbonasi saat haid dapat menyebabkan nyeri haid yang membuat Anda tidak nyaman.

Selain itu, soda juga dapat membuat ketidaknyamanan gastrointesital hingga perut kembung. Untuk itu, pastikan Anda tidak mengonsumsinya selama haid agar tidak meraakan efek tidak nyaman tersebut.

3. Berkafein

Bagi Anda yang suka minuman berkafein seerti kopi, teh, dan minuman energi dengan kandungan kafein sebaiknya jangan dikonsumsi dulu saat haid. Hal ini dikarenakan dengan mengonsumsinya, Anda akan merasakan efek tidak nyaman di perut, rasa gelisah, dan iritabilitas.

Selain itu, kafein juga membuat frekuensi buang air kecil semakin meningkat karena efek deuretik yang dihasilkan. Oleh karena itu, jika Anda tidak ingin mengalami ketidaknyamanan dan gangguan haid tersebut hindari mengonsumsi kafein selama haid.

Itulah beberapa ulasan terkait vitamin yang tidak boleh diminum saat haid. Konsumsi vitamin saat haid dilarang adalah hoax, sebaliknya ada beberapa macam vitamin yang sangat baik dikonsumsi saat haid. Agar siklus haid lancar, jangan lupa hindari konsumsi minuman yang memberikan efek tidak nyaman seperti yang telah dijelaskan di atas.

0 Shares
Leave a Reply
You May Also Like