Terbongkar! Cara Cepat Tidur untuk Hindari Insomnia
Terbongkar! Cara Cepat Tidur untuk Hindari Insomnia

Terbongkar! 5 Cara Cepat Tidur untuk Hindari Insomnia

0 Shares
0
0
0

Cara cepat tidur sangat penting diterapkan oleh orang yang seringkali mengalami insomnia. Jadwal tidur yang tidak teratur dapat berakibat kurang baik pada kesehatan. Hingga aktivitas produktif sehari-hari bisa terganggu karenanya.

Kita bukan robot yang tidak membutuhkan tidur, kita adalah manusia di mana setiap organ membutuhkan istirahat. Kecuali kalau kalian ingin melihat wujud hantu yang benar-benar nyata, bisa coba tidak tidur selama tujuh hari, kemudian lihat di cermin.

Cara Cepat Tidur di Zaman Digital

Kesulitan tidur seolah sudah menjadi hal umum di zaman digital, apalagi untuk generasi Z (Gen Z). Padahal, mengalami masalah sudah ngantuk tetapi tidak bisa tidur punya dampak buruk untuk kesehatan.

Guna mengantisipasi hal itu, berikut ini cara cepat tidur yang sudah terbukti mampu membuat kalian segera terlelap.

1. Jangan Main HP sebelum Tidur

Kami menempatkan cara ini di urutan pertama, pasalnya di zaman digital seperti sekarang, seseorang tidak bisa segera tidur karena main HP terus. Cobalah untuk menahan diri dan tidak bermain HP, terlebih sebelum tidur dan setelah bangun.

Biasakan kegiatan yang positif, seperti membaca buku, dan kalian akan segera merasakan perbedaannya. Menurut penelitian, setidaknya jangan sentuh HP 1,5 jam sebelum tidur.

Sebab, perangkat elektronik seperti HP bisa menurunkan produksi hormon melatonin, yaitu hormon yang memiliki salah satu fungsi sebagai pengatur pola tidur.

2. Metode 478 Pernapasan

Metode 478 adalah tarik napas 4 detik, tahan napas 7 detik, dan buang napas 8 detik. Tujuan menggunakan metode 478 adalah untuk mengurangi perasaan cemas yang membuat seseorang tidak bisa tidur.

Hasilnya pikiran dan perasaan rilex, orang yang sudah terbiasa melakukannya dapat segera tidur dalam waktu singkat. Metode ini juga dianggap sebagai cara tidur cepat 30 detik hingga 1 menit.

3. Aktivitas Fisik secara Rutin

Insomnia dapat muncul lantaran kebiasaan rebahan setiap hari tanpa pernah melakukan aktivitas fisik yang berarti. Olahraga sangat penting untuk menjaga kondisi tubuh, serta membantu seseorang lebih cepat tidur.

Yuk, bangun kebiasaan olahraga di pagi atau sore hari, tidak perlu olahraga yang berat. Kalian bisa mulai dengan olahraga ringan seperti lari pagi, bersepeda, berenang, yoga, atau peregangan otot.

Kalau sudah terbiasa, nantinya kalian akan merasa kok ada yang kurang jika belum olahraga hari ini. Durasi olahraga bisa kalian sesuaikan dengan jadwal masing-masing, rata-rata 30 menit sehari sudah cukup.

4. Menjaga Pikiran Tidak Stress

Persoalan di kehidupan yang bertumpuk menjadi beban pikiran, dampaknya, seseorang akan lebih banyak berpikir (overthinking) sehingga mengakibatkan tidak bisa tidur.

Kalian bisa memberi motivasi positif kepada diri sendiri, bahwa sesuatu yang mengkhawatirkan tidak terlalu menakutkan saat benar-benar kita jalani. Pikiran yang jernih membuat kalian merasa tenang, kemudian bisa cepat tidur.

5. Cara Cepat Tidur dengan Berdoa

Bagi umat Muslim, terdapat doa untuk mengatasi insomnia. Zaid bin Tsabit suatu malam pernah mengadu kepada Rasulullah bahwa ia tidak bisa tidur ketika malam hari.

Zaid bin Tsabit mengungkapkan bahwa ia hanya berbaring di ranjang dalam keadaan terjaga. Merasakan kegelisahan di hati, serta pikirannya berkeliaran ke sana ke mari.

Menanggapi aduan tersebut, Rasulullah mengajari Zaid bin Tsabit doa yang memiliki fadilah membuat seseorang lebih mudah terlelap. Berikut ini doa yang diajarkan Rasulullah:

اللَّهُمَّ غَارَتِ النُّجُومُ وَهَدَأَتِ الْعُيُونُ وَأَنْتَ حَيٌّ قَيُّومٌ

لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ يَا حَيُّ يَا قَيُّومُ أَهْدِئْ لَيْلِيْ وَأَنِمْ عَيْنِي

Allâhumma ghâratin nujûm wa hada’atil ‘uyûn, wa anta hayyun qayyûmun, lâ ta’khudzuhû sinatun wa lâ naum. Yâ hayyu, ya qayyûm, ahdi’ laylî wa anim ‘aynî.

Tuhanku, bintang-bintang telah tenggelam, dan banyak bola mata menjadi tenang sementara Kau adalah Dzat Maha Hidup dan Dzat Maha Tegak. Kantuk dan tidur tidak mempengaruhi-Mu. Wahai Dzat Maha Hidup dan Zat Maha Tegak, tenangkan malam hamba dan istirahatkan sepasang bola mata hamba.

Itulah beberapa cara cepat tidur yang sudah terbukti membantu kalian segera terlelap. Untuk membuat tubuh sama-sama rileks seperti hati dan pikiran, kalian bisa mandi dengan air hangat atau minum susu hangat.

0 Shares
Leave a Reply
You May Also Like