wisata budaya jogja

10 Wisata Budaya Jogja, Liburan Sekalian Nambah Wawasan!

0 Shares
0
0
0

Sebutan istimewa, sudah pasti  punya makna di baliknya. Jogja, dengan sejuta keistimewaannya menawarkan berbagai macam pengalaman menarik saat siapa pun berkunjung ke sana. Termasuk ketika datang ke tempat wisata budaya Jogja. 

Kata siapa, budaya yang ada di Jogja hanya itu-itu saja? No, lebih dari itu. Kamu bisa lebih banyak lagi belajar, bahwa Jogja tidak hanya terdiri dari satu-dua budaya. Melainkan lebih dari itu. 

Saat akan menentukan destinasi wisata, pertimbangan matang adalah hal yang wajib. Nah, buat yang ingin berwisata sekaligus nambah wawasan, maka tempat-tempat wisata ini sangat pas untuk kamu kunjungi. 

Baca Juga: 5 Tempat Honeymoon di Jogja yang Murah dan Romantis

Tempat Wisata Budaya Jogja

Saat dateng ke Kota Pelajar ini, rugi jika kamu tidak mengunjungi tempat wisata budaya Jogja yang kaya dengan pengetahuan. Yuk, liburan ke Jogja sekaligus belajar banyak dengan datang ke tempat-tempat wisata ini: 

1. Keraton

Sudah tentu, rekomendasi pertama adalah Keraton. Tempat ini merupakan pusat dari wisata budaya Jogja yang paling terkenal. 

Kompleksnya, lingkungannya, arsitekturnya, hingga berbagai ornamen yang ada di dalam Keraton memiliki cerita yang menarik untuk kamu pelajari. 

Maka dari itu, wajib banget dateng ke sini! Keraton, hingga saat ini masih jadi tempat tinggal dari sultan lengkap dengan rumah tangga istananya. 

Apa yang menjadikannya menarik? Tradisinya! Ya, di Keraton kamu bisa belajar bagaimana tradisi keluarga kesultanan. 

Keraton juga menjadi simbol atas kejayaan Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat sampai saat ini. 

Melalui laman kratonjogja.id, ada fungsi Kraton selain jadi rumah bagi sultan, yakni tempat wisata. 

Di sini, kamu dapat menyaksikan berbagai pertunjukan seni budaya Kraton yang pengelolanya adalah Kawedanan Krida Mardawa. So, buat yang mau melihat wisata seni budaya Jogja, bisa juga dateng ke sini. 

Tak cukup itu, kamu juga bisa melihat sebagian kompleks Kraton yang jadi museum tempat di mana koleksi kesultanan berada. Ada pemberian yang asalnya dari raja-raja Eropa, gamelan, hingga replika pusaka Kraton. 

2. Kampung Wisata Tamansari

Apa nama wisata lain yang terkenal di Jogja? Salah satunya adalah Kampung Wisata Tamansari. 

Tempat wisata Jogja ini mengambil fokus dalam potensi budaya juga heritage-nya. Di sini, tak hanya danau, arsitektur, dan suasananya saja yang unik. Cerita di baliknya, bisa bikin kamu jadi lebih kenal dengan budaya Jogja. 

Ada nilai-nilai filosofis sekaligus kesejarahan di sini. Kamu bisa menyewa jasa tour guide lokal jika ingin mendapatkan cerita lengkapnya. 

Tak hanya itu, di sini kamu juga bisa melihat kerajinan batik dan berbagai atraksi budaya. Dari siang sampai malam, banyak kegiatan seperti kenduri, bancakan, hingga kirab budaya. 

Ada pula tari klasik, gejog lesung, musim keroncong, dan masih banyak lagi. Jangan lewatkan kesempatan untuk belajar lebih jauh tentang wisata budaya Jogja satu ini!

3. Museum Batik Jogja

wisata budaya jogja
wisata budaya jogja

Nah, kalau yang satu ini adalah budaya Jogja yang jarang diketahui oleh wisatawan. Padahal, museum ini merupakan museum batik yang pertama juga yang terlengkap di Yogyakarta. 

Peresmiannya sejak 1979 dan masih bertahan hingga saat ini. Koleksi batik yang tersedia, banyak banget!

Ada aneka ragam kain batik yang sudah berbentuk sarung, kain panjang, taplak, selendang, dan lainnya. 

Motifnya pun tidak hanya dari gaya Jogja. Melainkan juga ada batik dengan motif Surakarta, Madura, juga tempat yang lainnya. 

Wisata budaya Jogja ini pun memiliki banyak peralatan membatik seperti cap motif, canthing, ragam cap bermotif, pewarna, parafin, juga peralatan untuk membatik lainnya. 

Di dalam sini, ada juga loh karya sulam acak dari Ibu Dewi Nugroho. Jumlahnya, sampai 1236 buah!

4. Benteng Vrederburg

Jika ingin datang ke bangunan yang bersejarah, maka kamu wajib datang ke Benteng Vrederburg. Tentu saja karena bangunan inilah yang jadi saksi bisu dari rangkaian peristiwa bernilai sejarah di Yogyakarta. 

Mulai dibangun 1760, Benteng Vrederburg masih bertahan hingga saat ini. Awalnya, fungsi benteng ini adalah memudahkan proses kontrol perkembangan dalam Kraton Jogja. Hingga kini, Benteng Vrederburg jadi satu destinasi favorit wisatawan. 

5. Museum Ullen Sentalu

Bicara tentang tempat wisata budaya di Jogja, jangan sampai kamu melupakan Museum Ullen Sentalu. 

Museum ini milik swasta yang pendirinya adalah Keluarga Haryono. Berlokasi di kaki Gunung Merapi, museum ini punya cerita soal Keraton di Solo dan Jogja di masa lampau. 

Kalau tertarik, bisa datang kapan saja selama tidak lebih dari jam 5 sore. Biaya tiketnya Rp15.000 – Rp30.000 saja. 

Baca Juga: 7 Destinasi Wisata di Indonesia

6. Candi Ratu Boko

Tempat wisata budaya Jogja lain yang tidak kalah populer adalah Candi Ratu Boko. Destinasi wisata ini terkenal sebagai situs purbakala yang telah berbentuk pemukiman. 

Banyak sumber yang memperkirakan bahwa Ratu Boko, sudah mulai difungsikan oleh orang-orang di abad ke-8. Tepatnya ketika Wangsa Sailendra. 

Situs ini pun menjadi wisata budaya yang cukup terkenal. Daya tariknya yakni kompleks yang bernilai profan. 

Ada gerbang masuk, pendopo, kolam pemandian, tempat tinggal, sampai pagar pelindung. 

7. Cemeti Art House

Destinasi satu ini, sangat pas bagi kamu yang jadi penggiat seni rupa. Di sini, kamu bisa belajar berwacana, berkreasi, hingga berekspresi. 

Cemeti Art House telah berdiri dari 1988. Pendirinya Nindityo Ari Purnomo serta Mella Jaarsma. Melalui museum ini, mereka memamerkan karya para seniman kontemporer Indonesia hingga mancanegara. 

8. Situs Warungboto

Kamu juga wajib mengunjungi Situs Warung Boto jika ingin melihat bagaimana bekas Pesanggrahan Rejowinangun. 

Yap, dulunya Situs Warungboto merupakan pesanggrahan raja dan keluarga. Sultan Hamengkubuwono II adalah sosok yang mengupayakan pembangunannya sejak masih jadi seorang pangeran. 

Tak hanya menjadi tempat istirahat, dulunya Situs Warungboto juga menjadi benteng pertahanan sisi timur Kraton Ngayogyakarta. 

Di sini, banyak ruangan yang tersedia. Arsitekturnya pun unik, bahkan tempat ini sering jadi spot foto pre-wedding hingga pengambilan gambar untuk keperluan lain. 

9. Goa Slarong

Selanjutnya, ada Goa Slarong yang juga jadi tempat wisata budaya Jogja buat kamu kunjungi. 

Lokasinya sarat dengan nilai historis. Alasannya karena tempat ini, menjadi bagian kisah perjuangan dari Pangeran Diponegori saat Pemerintahan Belanda. Goa ini terkenal sebagai tempat menyusun strategi. 

Tak hanya itu, Goa Slarong juga menjadi markas saat Perang Gerilya. Tempatnya ada di deretan pegunungan kapur yang memiliki tinggi kurang lebih 35 meter. 

Sepanjang perjalanan menunju sini, mata akan termanjakan dengan deretan pepohonan rindah sekaligus hijau di sebelah kanan dari kirinya. 

10. Museum Affandi

Nah, terakhir ada Museum Affandi yang begitu terkenal. Museum ini adalah tempat tinggal yang sekaligus menjadi studio lukis milik Affandi. 

Namanya sudah terkenal, mungkin kamu pun menjadi salah satu orang yang mengidolakannya. Tempat ini sudah tentu memiliki berbagai karya seni yang digagas dan dibuat oleh Affandi. 

Sekarang kamu sudah tahu beberapa referensi tempat wisata budaya Jogja. Jadi, kamu mau berkunjung ke mana nih?

0 Shares
Leave a Reply
You May Also Like