wisata budaya bali

12 Wisata Budaya Bali Paling Ikonik & Wajib Dikunjungi

0 Shares
0
0
0

Rupanya, bukan hanya alamnya yang cantik, tapi juga budayanya. Ada banyak sekali wisata budaya Bali yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Kamu bisa meresapi kentalnya adat dan kearifan budaya lokal Pulau Dewata dengan berkunjung ke destinasi wisata budaya. Jenisnya beragam, loh. Mulai dari desa wisata, tempat beribadah, hingga peninggalan jaman kerajaan.

Makin penasaran, kan? Yuk cari tahu mana saja destinasi yang menarik.

Wisata Budaya Bali

Sebagai surga wisata, Bali menawarkan banyak destinasi unik. Termasuk di antaranya yaitu wisata budaya. Nah, berikut beberapa tempat wisata budaya di Bali yang wajib kamu kunjungi:

1. Tirta Gangga

Destinasi sarat budaya dan sejarah ini dulunya merupakan istana kerajaan. Tirta Gangga merupakan taman air milik Kerajaan Karangasem Bali. Maka, tidak heran jika banyak yang sengaja berkunjung ke sini untuk mempelajari Sejarah.

Tirta Gangga memiliki arsitektur yang sangat khas dari masa kerajaan dengan patung-patung unik dan terkesan sakral.

Labirin kolam dan air mancur yang berada di tengah taman rimbun menghadirkan suasana yang menyejukkan pikiran. Lokasinya yang terlihat estetik juga cocok untuk kamu jadikan spot berfoto cantik.

2. Pura Luhur Uluwatu

Terletak di ujung barat daya Pulau Bali, Pura Luhur Uluwatu berdiri kokoh pada puncak batu karang. Lokasinya berbatasan langsung dengan laut dengan ketinggian sekitar 100 meter.

Masyarakat Hindu mempercayai bahwa pura ini termasuk Pura Sad Kayangan yang merupakan penyangga dari 9 mata angin.

Berkunjung ke Pura Luhur Uluwatu bisa jadi pilihan tepat untuk mengenal budaya Bali. Saat sore tiba, kamu bisa menyaksikan pementasan Tari Kecak berlatar panorama sunset yang memukau.

Baca juga: Yuk Simak Tips Memilih Tempat Wisata Yang Bisa Bantu Anda Healing Lebih Baik Dan Nyaman

3. Desa Tenganan

Wisata budaya Bali yang recommended selanjutnya yaitu berkunjung ke Desa Tenganan.

Desa ini termasuk desa Bali Aga, yang mana merupakan sebutan untuk komunitas Bali kuno. Desa Tenganan mulai populer sejak tahun 1970-an sebagai destinasi wisata.

Kamu bisa menjumpai arsitektur bangunan dan budaya yang unik saat berkunjung ke sana. Bahkan, masyarakat Desa Tenganan masih menggunakan kain Gringsing.

Kain tersebut dibuat dengan proses tenun dan pemakaiannya bertujuan untuk melindungi dari pengaruh jahat.

4. Pura Besakih

Pura Besakih bisa jadi destinasi tujuan jika kamu ingin menyaksikkan upacara keagamaan masyarakat Bali.

Berlokasi di Kabupaten Karangasem, pura ini merupakan pusat dari seluruh pura Bali. Pura Besakih juga terkenal sebagai kompleks pura terbesar Bali.

Pusat Pura Besakih bernama Pura Penataran Agung. Sementara itu, terdapat 18 pura pendamping pada sekelilingnya.

Selain sebagai tempat beribadah, Pura Besakih termasuk destinasi wisata. Kamu bisa menyaksikan upacara agama apabila berkunjung pada hari keagamaan.

5. Kertha Gosa

Kertha Gosa adalah taman wisata budaya Bali peninggalan dari masa pemerintahan Kerajaan Klungkung. Konon, pembangunannya berlangsung sejak tahun 1686 dan diprakarsai oleh Ida I Dewa Agung Jambe.

Taman Kertha Gosa berupa kompleks bangunan yang dulunya berfungsi sebagai pengadilan.

Saat ini, tersisa tiga objek peninggalan pada kompleks tersebut, yaitu Bale Kertha Gosa, Gapura Keraton, dan Bale Kambang dengan kolam Taman Gili. Ada juga Museum Semarapura pada sisi barat kompleks.

Bangunan museum dulunya merupakan sekolah Belanda. Jadi, arsitekturnya khas Eropa.

6. Bedugul

bedugul wisata budaya bali
wisata budaya bali

Berlokasi di daerah ketinggian, Bedugul menjadi destinasi yang ideal buat kamu yang ingin healing saat liburan. Hijaunya pegunungan asri dan udara sejuk selalu ampuh sebagai penghilang penat.

Kamu juga bisa mengunjungi Danau Beratan yang memanjakan mata dengan panorama cantiknya.

Selain itu, kamu juga bisa berkunjung ke Pura Ulun Danau yang merupakan pura suci. Untuk mencapai lokasinya, kamu harus menyeberang naik perahu yang mana menambah serunya pengalaman liburan.

7. Desa Penglipuran

Desa wisata budaya Bali ini memiliki suasana tempo dulu yang sangat kental. Terlihat dari tatanan desa yang sesuai adat tradisional Bali dan bangunan-bangunan yang khas.

Pembangunan desa dilakukan dengan Konsep Tri Mandala. Konsep tersebut membagi desa menjadi tiga area, yaitu Nista Mandala, Madya Mandala, dan Utama Mandala.

Adat dan budaya masyarakat juga masih terpelihara dengan baik. Mereka juga menjunjung tinggi nilai-nilai luhur nenek moyang.

Konon pada awalnya, desa ini ditinggali oleh para seniman yang bertugas menghibur raja. Profesi penduduk sebagai penglipur (penghibur) menjadi asal dari nama Desa Penglipuan.

Menariknya lagi, Desa Penglipuran dinobatkan sebagai salah satu desa paling bersih dan hijau. Desa wisata ini bahkan termasuk dalam Sustainable Destinations Top 100 versi Green Destinations Foundation.

Baca juga: Wisata Ramah Lingkungan di Indonesia, Kunjungi 10 Destinasi ini!

8. Pura Tanah Lot

Destinasi ikonik ini tidak pernah sepi pengunjung. Hal tersebut mencerminkan betapa populernya Pura Tanah Lot.

Pura ini terletak di atas batu yang berada tepat di tepi laut. Ada dua pura yang berdiri kokoh sebagai tempat pemujaan dewa penjaga laut.

Jika ingin berkunjung, maka kamu perlu menunggu saat air laut sedang surut. Lebih recommended lagi menjelang sore hari. Pasalnya, Pura Tanah Lot menyajikan panorama sunset yang sangat indah.

9. Pura Ulun Danu

Berlokasi di Danau Beratan, Kabupaten Tabanan, pura yang satu ini memiliki view cantik dan suasana sejuk. Panorama paling unik dapat kamu lihat ketika air danau sedang naik.

Pura bakal kelihatan seolah mengapung dengan air danau nan jernih memantulkan cerminanya.

Selain memanjakan pengunjung dengan keindahan alamnya, objek wisata budaya di Bali ini juga menyediakan wahana air yang bisa kamu coba, seperti bebek air, perahu, dan speed boat.

10. Pura Goa Lawah

Pura peninggalan Bali kuno ini dipercaya oleh masyarakat setempat sebagai rumah seekor naga raksasa yang mengenakan mahkota, namanya Vasuki.

Ada juga sebuah sungai pada Goa Lawah yang konon mampu menyembuhkan segala penyakit.

Menurut sejarahnya, pura ini dibangun oleh Mpu Kuturan pada tahun 1007 Masehi. Arti nama goa lawah sendiri adalah goa kelelawar. Yap, tempat ini memang menjadi sarang dari ribuan kelelawar.

11. Pura Tirta Empul

Apabila berkunjung ke Pura Tirta Empul, maka kamu wajib menggunakan kain adat yang sudah tersedia bagi pengunjung.

Uniknya, pura ini memiliki kolam pemandian sebagai tempat mensucikan diri. Menurut anjuran, kamu sebaiknya mandi pada 14 pancuran secara berurutan karena setiap pancuran mendatangkan kebaikan yang berbeda.

Masyarakat Bali percaya bahwa ada beberapa kebaikan dari pancuran tersebut yaitu untuk membersihkan jiwa raga, hingga membersihkan dari pengaruh ilmu santet.

Dari destinasi ini, kamu juga bisa melihat Istana Tampaksiring yang merupakan tempat peristirahatan Presiden Soekarno.

12. Taman Air Sukasada

Letak wisata budaya Bali yang satu ini berada di kota Ujung, tepat pada bibir laut Lombok. Sehingga taman air ini menyajikan view hamparan laut yang mempesona.

Taman Air Sukasada sendiri berupa taman klasik khas Karangasem. Tempat ini memiliki arsitektur unik yang merupakan perpaduan antara reruntuhan bangunan dan kebun khas Eropa.

Dulunya, taman air ini merupakan tempat pemandian raja. Setelah itu, pernah Taman Air Sukasada berfungsi sebagai rumah peristirahatan delegasi kerajaan Karangasem.

Nah, itulah deretan tempat wisata budaya Bali yang wajib kamu kunjungi. Masih banyak, lho, destinasi Pulau Dewata yang menawarkan pesona budaya. Jadi, kamu mau berkunjung ke mana dulu pas liburan nanti?

0 Shares
Leave a Reply
You May Also Like