Makanan Bergizi

Langkah Mudah Mengolah Makanan Bergizi dan Higienis

0 Shares
0
0
0

Bahan pangan yang pada dasarnya kaya akan nutrisi dapat berubah menjadi makanan kurang sehat jika di masak dengan menggunakan langkah yang salah. Padahal terdapat beberapa langkah dalam mengolah makanan bergizi yang lezat namun tetap sehat.

Langkah memasak dengan suhu tinggi dapat menghancurkan vitamin dalam sayuran. Terlebih lagi vitamin C, folat, dan potasium, hingga dengan 20 persen. Mungkin hal itu juga yang menjadi mengapa penganut pola makan makanan mentah meyakini langkah terbaik dalam menyajikan makanan merupakan dengan tidak memasaknya.

Meski demikian, dalam beberapa penelitian menunjukkan jika sebagian besar makanan justru akan lebih bernutrisi setelah di masak. Contohnya saja wortel, bayam, dan tomat. Baca juga bahaya tidur tengah malam yang perlu di ketahui.

Ini Dia Langkah Mudah Mengolah Makanan Bergizi dan Higienis

Makanan Bergizi

Di bawah ini merupakan metode memasak makanan bergizi yang di anggap paling sehat. Di antaranya yaitu:

Masak Makanan Bergizi Menggunakan microwave

Memasak menggunakan microwave mungkin yang paling sehat sebab waktu memasaknya singkat sehingga dengan begitu maka kerusakan nutrisi jauh lebih sedikit. Beberapa penelitian menunjukkan jika memasak sayuran paling tepat yaitu dengan menggunakan microwave.

Brokoli contohnya. Kandungan vitamin C-nya yang jauh lebih optimal apabila di masak dengan microwave.  Bahan makanan yang di masak menggunakan microwave memang dapat menjadi kering, namun hal tersebut dapat dicegah dengan kalian menambahkan sedikit air sebelum di panaskan.

Merebus

Merebus juga menjadi salah satu cara yang mudah dan cepat. Kalian cukup perlu menambahkan air serta sedikit garam. Akan tetapi suhu yang tinggi serta jumlah air yang banyak dapat mengurangi jumlah vitamin larut air bahkan mineral dalam sayuran hingga dengan 70 persen.

Merebus jauh lebih di anjurkan untuk bahkan makanan yang keras. Di antaranya yaitu wortel, brokoli, hingga zucchini (sayuran mirip mentimun hijau).

Mengukus

Hampir seluruh macam bahan makanan, mulai dari sayuran hingga dengan ikan cocok di kukus. Dengan menggunakan metode memasak tersebut maka rasa asli serta juga nutrisi makanan akan tetap terjaga.

Merebus dengan sedikit air

Merebus dengan menggunakan sedikit air (poaching) merupakan salah satu cara yang di rekomendasikan agar nutrisi makanan tetap terjaga. Di antaranya yaitu ikan, telur, atau buah.

Membakar

Di mana metode pemasakan makanan langsung ke dalam panas maupun api dalam waktu singkat. Pembakaran sendiri merupakan salah satu langkah yang sangat dianjurkan untuk memasak daging. Baik itu yang sudah dipotong, sebagaimana halnya sate.

Memanggang

Memanggang merupakan salah satu cara yang sangat di anjurkan untuk memperoleh rasa daging yang tetap segar dan empuk. Namun dalam beberapa riset menyebutkan jika langkah memasak ini dapat meningkatkan risiko terserang penyakit kanker pankreas dan kanker payudara.

Memanggang pada suhu tinggi akan menghasilkan reaksi kimia yaitu antara lemak serta protein dalam daging. Sehingga dengan begitu maka menghasilkan toksin yang akan merusak keseimbangan antioksidan dalam tubuh. Hal tersebut juga di ketahui akan memicu diabetes serta penyakit kardiovaskular.

Metode memasak yang satu ini hanya memerlukan sedikit minyak. Hampir saja sebagian besar bahan pangan cocok di masak dengan menggunakan langkah ini.

Tidak di masak

Pola makan makanan mentah atau yang sering di sebut dengan raw food sedang populer saat ini. Penganut pola makan tersebut juga mengklaim langkah ini yang paling sehat. Sebab kandungan vitamin, mineral, serat, hingga enzim dalam sayuran tidak akan hilang karena di masak.

Meski demikian, dalam beberapa riset menjelaskan jika mengasup makanan mentah akan membuat kita kehilangan likopen. Bahkan hal itu juga ada dalam tomat dan antioksidan dalam wortel atau bayam.

Ayo sebaiknya kalian makan sehat dengan mengolah masakan sendiri tanpa harus merusak gizi. Dan langsung saja masak di rumah sebab akan jauh lebih menjaga kualitas bahan-bahan yang di olah.

Alasan Kenapa Harus Makan Makanan Begizi!

Salah satu alasan yang paling mendasar mengapa kita harus mengonsumsi makanan yang bergizi. Yaitu supaya seluruh kebutuhan nutrisi penting di dalam tubuh terpenuhi. Tidak hanya itu, masih banyak juga lagi alasannya, di antaranya yaitu sebagai berikut ini:

Merangsang pertumbuhan hormon

Mengonsumsi makanan yang bergizi bisa membantu untuk merangsang pertumbuhan hormon dengan sangat cepat. Hal tersebut bisa berpengaruh terhadap peningkatan tinggi badan secara drastis. Simak juga cara terapkan gaya hidup sehat yang benar.

Ini sangat cocok untuk di konsumsi oleh kalangan anak-anak yang masih dalam tahap pertumbuhan serta perkembangan. Seiring dengan bertambahnya usia maka mereka akan jauh lebih cepat mengalami kenaikan tinggi badan.

Meningkatkan fungsi sistem tubuh

Dalam setiap makanan sehat mempunyai kandungan gizi yang banyak. Berbagai gizi tersebut sangat bermanfaat dalam hal meningkatkan fungsi sistem kerja pada tubuh. Lewat sel tubuh yang mengirimkan sinyal ke otak untuk menjalankan fungsi maupun juga tugasnya masing-masing.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Makanan bergizi sudah jelas mempunyai kandungan yang baik untuk tubuh. Salah satunya yaitu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan demikian, maka tubuh tidak akan mudah terkena berbagai penyakit.

Jadi seperti itu kiranya informasi terkait dengan makanan bergizi. Semoga bermanfaat!!

 

0 Shares
Leave a Reply
You May Also Like