Mending Nikah atau Mapan Dulu
Mending Nikah atau Mapan Dulu

Mending Nikah atau Mapan Dulu? Cari tahu Jawabannya Di Sini!

0 Shares
0
0
0

Mending nikah atau mapan dulu merupakan sebuah pertanyaan yang kerap memunculkan perdebatan di kalangan banyak orang. Pada dasarnya, tidak ada yang salah apabila memilih salah satu dari pilihan tersebut.

Tentu saja terdapat beberapa alasan yang menjadi latar belakang mengapa lebih mendahulukan salah satu dari kedua hal tersebut. Oleh karena itu sangat penting untuk mengetahui penjelasan soal mana yang lebih penting, menikah atau mapan dulu.

Mending Nikah atau Mapan Dulu, Mana yang Menjadi Prioritas?

  1. Mapan Sebelum Menikah

Banyak orang yang beranggapan bahwa mencapai kemapanan terlebih dulu adalah hal yang harus dicapai sebelum memutuskan untuk menikah. Khususnya bagi yang laki-laki, mereka akan menjadi kepala keluarga yang bertanggung jawab terkait ekonomi keluarganya.

Oleh sebab itu, di dalam berumah tangga pasti banyak hal-hal yang perlu dipenuhi secara materi bukan hanya soal cinta dan perasaan. Sebelum menikah pun pasti harus memikirkan soal pesta pernikahan yang harus digelar dengan meriah agar dapat dikenang selamanya.

Namun, tidak ada yang bisa menjamin pilihan mending nikah atau mapan dulu yang dapat membuat rumah tangga akan terus langgeng. Karena rumah tangga yang langgeng dan awet dilihat dari tanggung jawab dan mental untuk bisa membangun sebuah bahtera rumah tangga.

Mapan juga menjadi hal yang sangat krusial. Kemapanan bisa membuat kehidupan keluarga menjadi terjamin. Setidaknya dengan kemapanan, sebuah keluarga tidak perlu khawatir lagi soal tempat tinggal, makan, dan pendidikan anak-anak.

Bagi Anda yang sedang giat bekerja sebelum menikah, Anda harus menentukan standar kemapanan yang ingin dicapai. Yang lebih penting adalah berkomunikasi dengan calon pasangan perihal hal tersebut. Hal itu sangat penting agar menghindari kesalah pahaman yang bisa saja membatalkan rencana indah terkait pernikahan.

Sangat penting untuk menetapkan standar mapan agar dapat menentukan waktu yang pas untuk menggelar pernikahan. Contohnya, sebelum menikah setidaknya Anda sudah memiliki hunian meskipun masih dalam tahap mencicil setiap bulannya.

Komunikasikan dengan pasangan agar terjalin sebuah pengertian dan Anda dapat mengejar kemapanan tersebut dengan fokus. Jangan lupa, hal yang sangat penting yaitu tanggung jawab dan juga mental yang kuat untuk menjalani kehidupan bersama pasangan.

  1. Menikah Baru Mapan

Pertanyaan mending nikah atau mapan dulu terkadang memang membingungkan. Namun tak jarang banyak orang memilih untuk menikah terlebih dulu. Dewasa ini, banyak pasangan muda yang memutuskan untuk menikah sambil mencari kemapanan.

Bagi Anda yang memutuskan untuk melangsungkan rumah tangga sambil meraih kemapanan, sangat penting untuk berdiskusi dengan pasangan. Selain dengan pasangan, Anda juga harus melakukan komunikasi dengan pihak keluarga.

Hindari kesalahpahaman terkait rencana yang ingin Anda lakukan. Komunikasikan juga terkait budget yang harus dikeluarkan untuk menggelar acara pernikahan. Usahakan untuk merancang anggaran dana sesuai dengan kebutuhan. Hal itu sangat penting, agar semua pihak dapat saling memahami kondisi sebenarnya serta tujuan menggelar pernikahan.

Setelah menikah, Anda bersama pasangan bisa membuat perencanaan soal usaha atau bisnis yang ingin digeluti. Pilihlah usaha atau bisnis bersama yang bisa menghasilkan pendapatan agar kemapanan bisa tercapai. Sangat penting untuk melakukan komunikasi agar tujuan tersebut bisa dicapai secepat mungkin.

Baca Juga: Membangun Hubungan yang Sehat: Kunci untuk Kehidupan yang Memuaskan

Tips Jika Memang Ingin Menikah Sebelum Mapan

Bagi Anda yang masih bingung mending nikah atau mapan dulu, hal tersebut memang perlu dipertimbangkan. Namun bagi Anda yang ingin menikah sebelum mapan, berikut ini adalah tips yang bisa dipraktikkan.

  1. Punya Penghasilan Tetap

Meskipun belum memiliki tingkat kemapanan yang stabil, namun Anda setidaknya sudah mempunyai pekerjaan tetap dengan gaji yang diterima setiap bulannya. Akan lebih baik lagi apabila kedua pasangan memiliki bisnis atau sama-sama bekerja.

  1. Menabung Setelah Menikah

Setelah menikah, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan, khususnya apabila Anda dan pasangan memutuskan untuk segera memiliki keturunan. Adapun beberapa hal yang harus dipikirkan yaitu kebutuhan setelah lahiran, kebutuhan gizi sejak di kandungan, sampai anggaran pendidikan.

  1. Jangan Gengsi

Saat memutuskan untuk menghelat acara pernikahan, sangat disarankan untuk menghemat budget pengeluaran. Sangat penting untuk mendahulukan kebutuhan rumah tangga dibandingkan harus membongkar tabungan untuk pesta pernikahan.

  1. Mendapatkan Penghasilan Tambahan

Sangat dianjurkan untuk menjalani bisnis sampingan bersama pasangan Anda setelah menjalani biduk rumah tangga. Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan yang bisa digunakan untuk sejumlah hal berharga seperti dana darurat, investasi, tabungan, KPR dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, ini adalah sebuah pilihan di mana Anda harus memilih mending nikah atau mapan dulu. Diskusikan semuanya terlebih dahulu secara matang dengan pasangan. Yang pasti, ketika sudah menjatuhkan pilihan, Anda beserta pasangan harus menjalankannya dengan tanggung jawab sepenuhnya. Sebab, itu adalah syarat untuk membangun sebuah keluarga yang harmonis. Siapkan diri sebaik mungkin apabila ingin menikah terlebih dulu sebelum mapan.

0 Shares
Leave a Reply
You May Also Like