makanan khas Bali

Makanan Khas Bali yang Patut Dicoba Ketika Berlibur!

1 Shares
0
0
1

Bali menjadi salah satu pulau yang menawarkan beraneka ragam kekayaan alam, tak terkecuali makanannya. Ada banyak makanan khas Bali yang patut dicoba ketika berkunjung di sana. Bahkan ketika berkunjung banyak makanan khas maupun modern yang diinovasi.

Tiap pengunjung yang datang hanya berfokus pada restoran yang estetik atau di beach club. Padahal makanan khas daerah Bali tidak kalah menarik untuk dicoba. Penasaran apa saja makanan khasnya? Yuk simak beberapa rekomendasi yang patut dicoba berikut!

1. Nasi Campur Bali

Rekomendasi pertama, paling enak dan patut untuk dicoba, yakni nasi campur Bali. Sesuai dengan namanya, nasi campur ini memiliki berbagai macam lauk dan juga beberapa sayur. Orang lain biasa mengenal hidangan ini dengan sebutan nasi rames.

Jika di Bali, umumnya lauk yang disajikan adalah daging suwir, urap dan sate lilit. Terkadang juga ditambah dengan potongan telur rebus serta taburan kacang tanah yang digoreng. Tidak lupa dengan sambal khas Bali, yakni sambal matah.

Ketika berlibur di Bali dan ingin makan nasi campur, ada beberapa hidangan lauknya. Bagi, Anda para muslim, pilihlah hidangan nasi campur ayam. Karena ada juga nasi campur dengan daging babi guling, dan sangat terkenal enaknya.

2. Hidangan Babi Guling

Bali memang terkenal dengan olahan daging babinya. Salah satunya yang paling banyak diminati, yakni Babi Guling. Babi guling memang salah satu kuliner andalan di Bali. Hidangan ini tidak halal, tapi bagi yang boleh menikmati, hidangan ini patut dicoba.

Babi guling sebelum dimasak, tubuhnya akan dibalut dengan berbagai rempah kemudian dipanggang dengan mengguling-guling. Tujuan dari digulingkannya ketika dimasak, yakni agar daging matang merata. Ketika matang, bisa disajikan bersama nasi campur.

Tekstur daging babi yang kenyal dan kaya akan rasa rempah sangat nikmat untuk dirasakan. Apalagi bagian kulitnya yang mengkilap dan kering seperti kerupuk. Hidangan ini makin nikmat jika dimakan bersama dengan nasi panas dan sambal mentahnya!

3. Ayam Betutu Khas Bali

Berikutnya, ada hidangan khas Bali yang menjadi favorit masyarakat, yakni ayam betutu. Hidangan khas Bali ini halal dan dapat dinikmati oleh seluruh kalangan masyarakat. Cita rasanya yang ditawarkan tentu berasal dari rempah yang berlimpah di dalam dagingnya.

Bumbu rempah, seperti daun jeruk, serai, salam, bawang merah kemiri dan rempah lainnya. Rempah-rempah tersebut akan meresap ke dalam daging ayam dan menjadikan ayam betutu sangat khas. Berkunjung ke Bali rasanya kurang jika tidak mencicipi ayam betutu!

4. Sayur Lawar

Berikutnya, hidangan khas Bali yang unik, yakni Lawar. Lawar merupakan hidangan lauk daging yang bercampur dengan sayur. Daging dan sayur ini dimasak dengan bumbu-bumbu khas sehingga rasanya sangat unik dan menyatu.

Awalnya lawar dibuat dengan bahan dasar daging babi, tapi saat ini sudah banyak lawar dengan olahan daging lain. Sudah banyak hidangan lawar yang dibuat dari ayam atau bebek di restoran Bali. Jadi para pengunjung muslim bisa menikmati hidangan ini. 

5. Sate Lilit Khas Bali

Sate lilit tidak boleh terlupakan dari jajaran makanan khas Bali yang harus dicoba. Walaupun sudah banyak penjual sate lilit bukan di Bali, tapi Anda harus coba dari tempatnya langsung. Citarasa yang dihidangkan akan sangat berbeda yang di luar Bali.

Sate ini memiliki ciri khas, yakni tusuk sate dari batang serai. Daging yang digunakan umumnya daging ayam atau ikan yang digiling dan ditambahkan parutan kelapa. Karena dicampuri kelapa parut, maka rasa dagingnya lebih gurih dan bertekstur.

6. Serombotan

Serombotan ini juga hidangan khas dari Bali yang tidak kalah enak dan sangat unik. Bahan dasar dari hidangan ini, yakni kacang panjang, bayam, kangkung, terong, toge dan buncis. Semua bahan tersebut nantinya akan diberi bumbu kalas.

Bumbu kalas berbahan dasar bawang merah, bawang putih, kencur, laos, kunyit, ketumbar dan juga santan. Rempah-rempah yang kuat menjadikan citarasa khas dari Serombotan. Selain itu, ada juga campuran bumbu kacang yang membuat hidangan ini makin lezat. 

PENUTUP

Banyak pengunjung lebih senang makan-makan modern, padahal makanan khas Bali banyak yang lezat juga. Tidak ada salahnya untuk mencoba beberapa hidangan di atas, karena rasanya yang kaya akan rempah dan masih tradisional.

1 Shares
Leave a Reply
You May Also Like