Cara Menghemat Uang Gaji

7 Cara Menghemat Uang Gaji agar Tidak Boros

0 Shares
0
0
0

Kamu akhirnya mendapatkan pekerjaan dan gaji bulanan. Inilah saatnya untuk mengatur uang gajian agar cukup memenuhi kebutuhan. Di tengah banyaknya kebutuhan, bagaimana cara menghemat uang gaji agar tetap bisa menabung? 

Mengatur uang gaji seharusnya mulai dari gaji pertama, jangan menunda sampai gaji berikutnya. Lebih baik memulainya sekarang dan menyesuaikan pengeluaran setelah menyimpan uang dari gajimu.

Cara Menghemat Uang Gaji

Mengatur uang bukanlah hal yang mudah. Kamu harus membangun kebiasaan yang lebih bertanggung jawab dalam keuangan. Berikut beberapa cara untuk menghemat uang gaji bulanan:

1. Membuat Rencana Anggaran Bulanan

Setiap orang tentu memiliki kebutuhan dan jumlah pendapatan yang berbeda. Nah, karena itu kamu perlu membuat rencana alokasi dana setiap bulannya. Membuat anggaran bulanan dapat memberikan gambaran jelas tentang pengeluaranmu.

Cara mengatur keuangan ini akan membantumu memahami seberapa banyak yang digunakan untuk kebutuhan, keinginan, pembayaran utang, dan tabungan. 

Kamu bisa memecah anggaran menjadi pengeluaran bulanan yang tetap. Misalnya seperti sewa rumah, tagihan utilitas, transportasi, belanja kebutuhan sehari-hari, biaya medis, dan pakaian. 

Lalu, alokasikan jumlah untuk membayar pinjaman, serta alokasikan untuk ditabung. Selanjutnya, alokasikan sejumlah uang untuk keinginan. Contoh makan di luar dan hiburan. Terakhir, sisakan sejumlah kecil uang untuk pengeluaran lain-lain. 

2. Mengontrol Pengeluaran

Langkah penting lainnya adalah mengetahui seberapa banyak uang yang kamu habiskan dalam setiap kategori tadi. Untuk membantu men-tracking pengeluaran, kamu bisa memanfaatkan aplikasi keuangan.

Yang terpenting, kamu perlu memperbarui data tersebut setiap hari. Data dari aplikasi tersebut akan memberikan wawasan tentang anggaranmu. 

Hal ini juga juga membantumu mengidentifikasi area mana yang harus kamu kendalikan pengeluarannya. 

Misalnya, kamu mungkin menghabiskan lebih sedikit untuk buah-buahan dan terlalu banyak untuk makan di luar. Nah, kamu bisa mengatur ulang tentang hal tersebut jika perlu.

Baca juga: Urban Gardening, 8 Kunci Keberhasilan Berkebun di Tengah Kota

3. Melunasi Utang atau Pinjaman

Dalam cara mengatur gaji, penting juga untuk melunasi pinjaman atau utang secepat mungkin. Jadikan hal ini sebagai prioritas utama. 

Sebaiknya kamu melunasi utang dengan tingkat bunga tertinggi terlebih dahulu. Misalnya, kamu punya dua kartu kredit. Bayarlah kartu dengan tingkat bunga lebih tinggi karena bunganya bertambah cepat. 

Saat kamu mengurangi pengeluaran bulanan, alirkan uang tersebut ke pos pelunasan utang. Tidak harus selalu melunasi sekaligus, tetapi sedikit demi sedikit yang penting pelunasan utang tetap menjadi prioritas

4. Hindari Melakukan Pembelian Mewah

Seringkali membeli barang baru terlihat sangat menarik. Sebagian orang menginginkannya meskipun tidak terlalu butuh. Masalahnya, bagaimana jika barang tersebut mahal atau mewah? Tentu butuh biaya besar kan?

Konsumen seringkali membeli barang yang lebih mahal karena terlihat bagus dan diinginkan banyak orang. Itulah sebabnya kamu perlu berhati-hati. Pastikan untuk selalu memilih opsi yang lebih terjangkau.

Membeli barang dengan harga terjangkau merupakan cara menghemat uang gaji yang efektif. Kamu tetap bisa memenuhi kebutuhan dengan harga minimal, tapi tetap memperhatikan kualitas ya!

5. Memilih Hiburan Berbiaya Murah

Hiburan adalah pos lain yang mungkin kamu bisa menghemat uang. Contoh saat ini kamu berlangganan saluran seperti Amazon Prime, Netflix, Pandora, dan Spotify. Inilah saatnya mengevaluasi alternatif yang dapat membantu mengurangi tagihan bulananmu.

Pertimbangkan kegiatan luar ruangan seperti mendaki atau berkemah sebagai alternatif untuk menghemat uang. Periksa kota lokal dan kunjungi saat harga masuknya diskon atau tanpa biaya. 

Sementara itu, bersosialisasi pun tidak harus mahal. Cobalah mengadakan makan malam bersama teman dengan membawa makanan bersama daripada bertemu di restoran. Jauh lebih hemat kan?

Baca juga: Gaya Hidup Hemat ala Ahli Keuangan, Raih Kemandirian Finansial

6. Tips Hemat Berbelanja Online

Berbagai aplikasi seluler dan situs web toko online telah muncul dalam beberapa tahun terakhir. Semua ini menghubungkan penjual dan pembeli dari setiap sudut negeri. Beberapa di antaranya bahkan menghubungkanmu dengan penjual luar negeri.

Nah, tips menghemat gaji dalam berbelanja online, kamu perlu pintar memilih produk. Toko official mungkin menawarkan produk dengan harga tinggi sedangkan toko cabangnya bisa jadi lebih rendah. Hal seperti ini perlu kamu cek sebelum melakukan pembelian.

Alternatif lainnya yaitu berbelanja ketika tanggal-tanggal diskon. Misalnya pada tanggal kembar setiap bulannya seperti 1.1, 2.2, 3.3 dan sebagainya. 

Adanya potongan harga tersebut tentu membantumu menghemat pengeluaran tapi tetap mendapat barang sesuai kebutuhan.

7. Menabung Melalui Investasi

Tujuan menyimpan uang adalah untuk mengamankan masa depan keuangan sambil tetap siap menghadapi keadaan darurat atau pengeluaran tiba-tiba. Namun, kesalahan yang sering terjadi adalah menyimpan sebagian besar tabungan di rekening bank. 

Karena bunga rekening tabungan minim, nilai uang tersebut turun akibat inflasi. Oleh karena itu, simpan hanya sejumlah minimum yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan setiap bulan. 

Lalu, buatlah daftar tujuan keuangan dan kategorikan sebagai jangka pendek (hingga 3 tahun), menengah (3-5 tahun), dan jangka panjang (lebih dari 5 tahun). Lalu, pilihlah instrumen investasi dengan profil risiko yang tepat menimbang gajimu saat ini.

Itulah sejumlah cara menghemat uang gaji yang bisa kamu terapkan. Pada intinya untuk mengatur keuangan butuh rencana, pembiasaan, dan kedisiplinan. Dengan begitu, pengaturan keuangan tetap sesuai dengan anggaran.

0 Shares
Leave a Reply
You May Also Like