6 Jenis Tanaman yang Sebaiknya Tidak Ditanam di Depan Rumah

0 Shares
0
0
0

Halaman di depan rumah sering kali dianggap sebagai area yang merepresentasikan kepribadian dan estetika pemilik rumah. Oleh karena itu, pemilihan tanaman untuk area ini memegang peranan penting dalam menciptakan kesan yang diinginkan. Ada pula beberapa jenis tanaman yang sebaiknya tidak ditanam di depan rumah.

Mengapa Ada Tanaman yang Sebaiknya Tidak Ditanam di Depan Rumah

Tidak hanya keindahan, terdapat beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan ketika memilih tanaman untuk taman depan rumah, termasuk kesehatan tanaman serta keamanan bangunan di sekitarnya. Beberapa jenis mungkin memiliki karakteristik tertentu yang menjadikan tanaman sebaiknya tidak ditanam di depan rumah, baik karena alasan estetika maupun praktis. Berikut ini adalah beberapa tanaman yang sebaiknya dihindari untuk ditanam di depan rumah.

1. Pohon Besar dengan Akar yang Menyebar

Pohon besar dengan sistem akar yang menyebar luas dapat menjadi masalah serius jika ditanam terlalu dekat dengan rumah. Akar-akar ini dapat merusak fondasi, saluran air, atau bahkan struktur bangunan. Contohnya, pohon mangga atau ketapang memiliki akar yang cukup invasif dan dapat mengganggu fondasi bangunan. Memilih pohon yang lebih kecil atau memilih lokasi penanaman yang jauh dari bangunan adalah langkah bijak untuk mencegah kerusakan.

2. Tanaman yang Sebaiknya Tidak Ditanam Karena Beracun

Tanaman beracun adalah masalah serius terutama jika ada anak kecil atau hewan peliharaan di rumah. Beberapa tanaman seperti jarak pagar, bidara upas, atau kecubung memiliki bagian-bagian yang sangat beracun jika tertelan. Jika Anda memiliki anak kecil maupun hewan peliharaan yang sering berkeliaran di depan rumah, sebaiknya hindari tanaman-tanaman ini

3. Tanaman yang Mudah Terinfeksi Hama dan Penyakit

Beberapa tanaman rentan terhadap serangan hama dan penyakit tertentu yang dapat menyebar ke tanaman lainnya di sekitarnya. Tanaman yang sering terserang hama atau penyakit dapat menyebabkan kecemasan dan memerlukan perawatan yang intensif. Tanaman seperti mawar, yang rentan terhadap penyakit jamur, atau pohon jeruk, yang sering diserang oleh kutu daun, mungkin tidak cocok untuk ditanam di taman depan rumah jika tidak ingin repot dengan masalah perawatan yang berkepanjangan.

4. Tanaman dengan Daun yang Mudah Rontok

Tanaman yang daunnya mudah rontok bisa menjadi beban saat daun-daunnya jatuh dan menutupi halaman depan rumah. Selain itu, membersihkan daun-daun yang gugur secara teratur juga bisa menjadi tugas yang melelahkan. Contohnya, pohon beringin atau pohon trembesi yang memiliki daun berlimpah dan mudah gugur, hingga lama-kelamaan dapat menutupi halaman depan rumah.

5. Tanaman yang Sebaiknya Tidak Ditanam Karena Tumbuh Terlalu Tinggi

Tanaman yang satu ini dapat mengganggu pandangan dan menghalangi cahaya matahari masuk ke dalam rumah. Pertumbuhan yang tidak terkendali juga dapat mengganggu kabel listrik atau telepon yang terletak di dekatnya. Misalnya, pohon rambutan yang dapat tumbuh sangat tinggi dan lebar. Hal ini bisa menjadi masalah jika ditanam terlalu dekat dengan jalan masuk atau bangunan.

6. Tanaman dengan Akar yang Mudah Membusuk

Beberapa tanaman memiliki sistem akar yang rentan terhadap pembusukan, terutama jika tanahnya terlalu lembab. Tanaman dengan akar yang membusuk dapat menjadi masalah serius karena mereka mungkin mati secara tiba-tiba dan meninggalkan lubang di taman depan yang perlu diisi kembali. Contoh tanaman dengan masalah pembusukan akar termasuk tanaman tropis seperti pakis boston atau monstera, yang memerlukan drainase yang baik untuk tetap sehat.

 

Memilih Tanaman yang Tepat untuk Taman Depan Rumah

Selain mempertimbangkan tanaman yang sebaiknya dihindari, penting juga untuk mengetahui tanaman mana yang cocok untuk menciptakan taman yang indah di depan rumah.

1. Tanaman Hias yang Mudah Dirawat

Tanaman hias yang mudah dirawat adalah pilihan bijak untuk taman depan rumah. Meski dengan perawatan yang minimal namun tetap bisa memberikan keindahan visual. Bogenvile bisa menjadi pilihan tanaman hias dapat diletakkan di depan rumah. Tanaman ini tahan terhadap kondisi cuaca yang beragam dan tidak membutuhkan perawatan khusus.

2. Tanaman Perdu yang Menarik

Tanaman perdu menambahkan struktur dan tekstur yang menarik ke taman depan rumah. Puring croton adalah salah satu tanaman perdu yang memiliki daun berwarna-warni dan menarik. Croton tahan terhadap panas dan sinar matahari langsung. Tanaman perdu ini tidak hanya memberikan warna dan keindahan sepanjang tahun, tetapi juga menawarkan privasi dan perlindungan bagi rumah.

3. Tanaman Penutup Tanah

Pokok jari (lantana) merupakan tanaman penutup tanah yang tumbuh dengan cepat dan memiliki bunga berwarna-warni yang menarik. Lantana tahan terhadap panas dan kering.Tanaman ini menjadi pilihan yang baik untuk mengisi ruang kosong di taman depan dan mencegah pertumbuhan gulma.

Baca juga: 8 Jenis Tanaman Hias yang Cocok di Ruangan Minim Cahaya

Memilih tanaman untuk taman depan rumah adalah keputusan yang penting dan perlu dipertimbangkan dengan hati-hati. Beberapa tanaman memiliki karakteristik tertentu yang membuatnya kurang cocok untuk ditanam di depan rumah, baik karena alasan estetika, kesehatan tanaman, maupun keamanan hunian. Oleh karena itu, sebelum menanam tanaman baru di taman depan rumah, penting untuk mempertimbangkan faktor-faktor tersebut agar dapat menciptakan lingkungan yang indah, sehat, dan aman untuk dinikmati oleh semua penghuni rumah.

0 Shares
Leave a Reply
You May Also Like