metode atomic habbits

Metode Atomic Habits: Cara Ampuh Membangun Kebiasaan Baik dalam Hidup

0 Shares
0
0
0

Metode Atomic Habits mungkin sudah tidak asing lagi di kalangan kamu yang senang membaca buku-buku self-improvement. Untuk membahas metode ini kita akan mulai dari konsep bahwa kebiasaan adalah fondasi dari kehidupan kita. Baik atau buruk, kebiasaan memiliki kekuatan besar dalam membentuk jalan hidup kita. Bagaimana jika kita bisa mengubah kebiasaan buruk menjadi kebiasaan baik dengan cara yang efektif dan terukur? Inilah yang ditawarkan oleh konsep Atomic Habits atau kebiasaan atomik.

Apa Itu Metode Atomic Habits?

Metode Atomic Habits merupakan sebuah pendekatan untuk membangun kebiasaan-kebiasaan positif secara bertahap dengan mengimplementasikan perubahan kecil yang dapat membawa dampak besar dalam jangka panjang. Metode ini dikembangkan oleh James Clear, seorang penulis yang terkenal dengan bukunya yang berjudul “Atomic Habits: An Easy & Proven Way to Build Good Habits & Break Bad Ones” yang diterbitkan pada tahun 2018.

Pendekatan Atomic Habits menekankan pada konsep bahwa perubahan kecil yang dilakukan secara konsisten dalam kehidupan sehari-hari dapat membawa hasil yang signifikan dalam jangka waktu yang lama.

Baca juga: 5 Rekomendasi Buku Self Improvement untuk Upgrade Diri

4 Metode Atomic Habits

Kebiasaan merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam hidup. Bagaimana pun, membentuk kebiasaan baik tidaklah mudah. Namun, dengan pendekatan yang tepat, kamu dapat mengubah kebiasaan buruk menjadi kebiasaan yang positif dan produktif. Salah satu konsep yang sedang populer adalah Atomic Habits yang diperkenalkan oleh James Clear. Mari simak penjelasan 4 metode berdasarkan buku tersebut di bawah ini.

1.    Menetapkan Kebiasaan yang Jelas

Langkah pertama menurut James dalam membentuk kebiasaan yang baik adalah dengan menetapkan tujuan yang jelas dan spesifik. Misalnya, jika kamu ingin membentuk kebiasaan olahraga, bukan hanya cukup dengan mengatakan, “aku mau olahraga lebih sering,”.

Namun, kamu juga perlu menentukan waktu dan jenis olahraga yang akan dilakukan nantinya, seperti, “aku bakal lari 30 menit setiap pagi sebelum bekerja,”. Dengan menetapkan tujuan yang jelas, kamu akan lebih fokus dan termotivasi untuk mencapainya.

2.    Membuat Kebiasaan Menjadi Menyenangkan dan Menarik

Salah satu alasan utama mengapa kebiasaan seringkali gagal adalah karena kita menganggapnya sebagai tugas yang membosankan atau menyulitkan. Untuk mengatasi hal ini, metode Atomic Habits menyarankan kamu untuk coba menemukan cara agar kebiasaan tersebut menjadi lebih menyenangkan.

Misalnya, kalau kamu ingin membentuk kebiasaan membaca buku setiap hari, carilah buku-buku yang sesuai dengan minat kamu atau temukan tempat yang nyaman untuk membacanya. Dengan membuat kebiasaan menjadi lebih menyenangkan, kamu akan lebih termotivasi untuk melakukannya secara konsisten.

Baca juga: 5 Rekomendasi Buku Self Improvement untuk Upgrade Diri

3.    Membuat Kebiasaan dengan Mudah

Seringkali, kesulitan utama dalam membentuk kebiasaan adalah adanya hambatan atau rintangan yang membuatnya sulit dilakukan. Untuk mengatasi hal ini, ciptakan lingkungan yang mendukung untuk melaksanakan kebiasaan tersebut dengan mudah.

Contohnya, pastikan kamu selalu memiliki botol air di dekatmu atau mengatur pengingat jika kamu ingin membentuk kebiasaan minum air putih setiap jam. Dengan menghilangkan hambatan dan membuatnya lebih mudah dilakukan, kemungkinan kamu melakukan kebiasaan ini secara konsisten pun meningkat.

4.    Membuat Kebiasaan jadi Memuaskan

Di urutan ke empat metode Atomic Habits untuk membangun kebiasaan baru adalah dengan memastikan bahwa akan ada penghargaan atau reward untuk diri kamu sendiri setiap berhasil melaksanakan kebiasaan tersebut. Hal ini akan memperkuat koneksi antara kebiasaan dan reward, sehingga kamu akan lebih termotivasi untuk melakukannya lagi di masa depan.

Misalnya, jika kamu berhasil berolahraga setiap hari selama seminggu, berikanlah reward kepada diri Anda sendiri dengan menonton film favorit atau mengizinkan diri untuk bersantai lebih lama di akhir pekan. Dengan membuat kebiasaan menjadi memuaskan, kamu akan merasa lebih puas dan termotivasi untuk terus melakukannya.

Itulah penjelasan singkat mengenai metode Atomic Habits dari buku berjudul sama karya James Clear. Dengan menerapkan metode-metode ini, kamu dapat lebih mudah untuk mencapai keberhasilan dalam membentuk kebiasaan baik dalam hidup. Dengan konsistensi dan tekad yang kuat, kamu dapat mencapai tujuanmu dan menjadikan kebiasaan baik sebagai bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari kamu. Semangat membangun kebiasaan baru, ya!

0 Shares
Leave a Reply
You May Also Like