5 makanan wajib saat imlek, bisa bawa hoki!

5 Makanan Wajib Saat Imlek yang Dipercaya Bisa Bikin Hoki!

0 Shares
0
0
0

5 Makanan Wajib Saat Imlek – Perayaan Tahun Baru Imlek 2575 Kongzili jatuh pada 10 Februari 2024. Ini merupakan salah satu hari besar yang paling dinantikan oleh masyarakat Tionghoa di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Perayaan Imlek yang identik dengan warna merah terang, sering disemarakkan dengan kembang api dan jamuan makan besar. 

Nah, agar perayaan Tahun Baru Imlek terasa lebih hangat, sajikan lima pilihan makanan berikut. Dalam kebudayaan Tionghoa, 5 makanan ini dipercaya memiliki sarat akan makna dan harapan-harapan tertentu. Bahkan, ada juga makanan yang dipercaya mampu membawa keberuntungan, lho!

5 Makanan Wajib Saat Imlek

Makanan merupakan bagian penting dalam tradisi perayaan Imlek. Baik itu bersama keluarga, teman, atau rekan terdekat, acara makan bersama tidak pernah ketinggalan. Nah, dalam acara makan bersama ini, sangat penting untuk menyediakan makanan yang tak hanya enak, namun juga punya makna mendalam. 

Ada beberapa makanan yang dapat dihidangkan di meja saat perayaan Tahun Baru Imlek. Makanan-makanan ini diharapkan mampu mendatangkan melambangkan kesuksesan, kebahagian, hingga kemakmuran di tahun yang baru. Langsung saja, ini dia pilihan 5 makanan wajib saat Imlek yang dipercaya bisa bikin hoki. 

1. Jeruk Mandarin

Jeruk mandarin merupakan makanan yang paling identik dengan perayaan Tahun Baru Imlek di Indonesia. Saat perayaan Imlek, jeruk mandarin dihidangkan lengkap dengan batang dan daunnya yang masih utuh. 

Dalam bahasa Mandarin, buah yang satu ini disebut chi zhe, yang berarti pembawa keberuntungan. Selain itu, warna jeruk mandarin yang serupa dengan emas, dipercaya dapat melambangkan rezeki yang terus berlimpah. 

2. Ikan

Makanan wajib saat Imlek berikutnya yaitu ikan. Biasanya, ikan yang dihidangkan adalah ikan bandeng. Ikan bandeng ini harus disajikan dalam bentuk utuh dan bagian kepalanya harus diarahkan ke tamu terhormat. 

Dalam kebudayaan Tionghoa, hidangan ikan saat perayaan Imlek dianggap sebagai pengundang rezeki. Pasalnya, penyebutan ikan sendiri cukup mirip dengan kata yu, yang dapat diartikan sebagai rezeki. 

Baca juga: Februari Imlek: Inspirasi Nama Chindo Cowok di Tahun Naga

3. Mie Panjang (Siu Mie)

Mie goreng adalah salah satu menu yang paling populer dari sekian banyak masakan chinese. Untuk itu, saat perayaan Chinese New Year, menu mie tidak bisa ketinggalan bahkan bisa dibilang wajib hukumnya. Mie panjang atau siu mie ini lah pilihannya. 

Hidangan Imlek yang satu ini dipercaya dapat mendatangkan umur yang panjang, seperti nama dan bentuknya yang panjang-panjang. Agar harapanmu di tahun yang baru ini terwujud, santap mie panjang secara utuh dan jangan dipotong-potong, ya!

4. Lapis Legit

Siapa yang suka dengan kue lapis legit? Kabar baiknya, kue lezat yang satu ini merupakan salah satu makanan yang wajib ada saat perayaan Imlek. Tidak hanya rasanya yang lezat, sajian lapis legit saat Imlek ternyata memiliki makna khusus. 

Untuk yang mengonsumsinya, lapis legit dipercaya dapat mendatangkan kehidupan yang manis dengan rezeki berlipat-lipat. Nah, untuk keluarga yang menyajikannya, lapis legit ini dipercaya bisa membawa keberuntungan berlapis-lapis hingga tumpang tindih seperti bentuk kuenya.

5. Telur Teh

Daftar 5 makanan wajib saat Imlek selanjutnya kita tutup dengan telur teh. Telur ini direbus dengan tambahan teh hitam dan rempah-rempah lainnya. Ketika sudah setengah matang, cangkang telur perlu diretakkan. Selain untuk membuat tampilan motif yang menarik, hal ini dimaksudkan untuk membuat bumbu dan teh meresap ke dalam telur.

Masyarakat Tionghoa percaya bahwa telur teh dapat mendatangkan kesuburan. Jadi, untuk pasangan suami-istri yang sedang menantikan buah hatinya, konsumsi telur teh bisa dicoba. Terlepas dari kepercayaan itu, rasa dari telur teh ini sangat unik. Kaya akan rempah-rempah, telur teh ini wajib dicoba saat sedang merayakan Tahun Baru Imlek. 

Nah, itu dia 5 makanan wajib saat Imlek yang biasanya ditemukan di meja makan saat perayaan Tahun Baru Imlek. Setiap makanan punya cita rasa yang lezat sekaligus harapan-harapan yang baik untuk satu tahun ke depan. Jadi, jangan lupa untuk menyajikan makanan-makanan ini saat perayaan, ya! Selamat merayakan Hari Raya Imlek, semoga tahun ini membawa kemakmuran bagi kita semua. 

0 Shares
Leave a Reply
You May Also Like