Tips Solo Travelling Buat Wanita, Perhatikan 5 Hal ini!

0 Shares
0
0
0

Tips Solo Travelling Buat Wanita – Solo travelling merupakan opsi berlibur yang banyak diminati. Biasanya, mereka yang memilih untuk pergi berlibur sendiri ini, ingin mencari ketenangan dan kebebasan dari hiruk-pikuk kehidupan. Selain itu, solo travelling juga bisa menjadi pengalaman tak terlupakan yang pastinya seru untuk diceritakan kembali.

Saat berlibur sendirian, ada beberapa hal yang menjadi keresahan para solo traveller, terutama para wanita. Soal keamanan menjadi hal utama, seperti terjadinya pencurian, penipuan, hingga pelecehan fisik dan verbal. Di samping itu, ada juga faktor kesehatan seperti risiko cedera atau sakit tanpa ada yang bisa memberikan bantuan secara langsung.

Untuk itu, sebelum memutuskan untuk melakukan solo travelling, persiapkan dulu beberapa hal. Dalam artikel ini akan dijelaskan tips solo travelling untuk para wanita, agar bisa menjalani perjalanan berlibur dengan aman dan nyaman.

Tips Solo Travelling Buat Wanita

Berbagai tantangan saat melakukan solo travelling, dapat diatasi dengan mudah jika ada persiapan, bahkan oleh solo traveler yang merupakan seorang wanita sekalipun. Nah, berikut ini ada beberapa tips solo travelling untuk para wanita yang perlu diketahui. 

1. Lakukan Riset

Riset merupakan hal terpenting yang perlu dilakukan saat akan melakukan solo travelling. Cari tahu semua hal mengenai destinasi wisata yang akan dikunjungi, terutama mengenai tingkat keamanannya. Untuk pemula dalam solo travelling, pilihlah daerah atau negara yang tergolong aman untuk wanita. Opsi lainnya untuk pemula yaitu dengan mengunjungi area yang dekat dengan domisili terlebih dahulu. 

2. Perhitungkan Anggaran

Bepergian sendiri mungkin tidak akan terlalu memakan banyak biaya. Namun, pastinya rencana budget tetap tidak bisa ketinggalan. Jangan terlalu irit atau sebaliknya terlalu boros saat solo travelling. Hal terpenting yaitu dengan tetap disiplin pada rencana anggaran yang sudah diperhitungkan di awal, ya. 

3. Tidak Berpakaian Mencolok

Ketika solo travelling, sebaiknya hindari menggunakan pakaian atau perhiasan mencolok, seperti kalung atau gelang. Akan lebih baik jika menggunakan jam tangan saja. Selain itu, cobalah untuk mengikuti masyarakat lokal dalam hal berpakaian. Cobalah untuk terlihat membaur seperti penduduk setempat dan bukan pendatang. 

Baca juga: Tips Solo Travelling bagi Pemula, Catat Sekarang!

4. Gunakan Tas yang Tepat

Saat liburan, kebanyakan orang memang ingin tampil stand out dan bergaya. Namun, bagi wanita yang bepergian sendiri, terutama bagi yang pertama kali melakukannya, cobalah untuk tidak melakukan hal tersebut. Alih-alih menggunakan tas fashionable, pilihlah tas yang tepat, seperti tas yang dapat diamankan di dada. Pilih juga tas yang mampu menyimpan barang-barang bawaan dengan efektif. 

5. Beri Kabar ke Orang Terdekat

Tetap terhubung dengan orang-orang terdekat saat melakukan solo travelling adalah hal yang terpenting. Selalu kabari keluarga atau tempat terdekat mengenai aktivitas yang dilakukan, lokasi tempat menginap, hingga rute perjalanan. Selain itu, pastikan komunikasi tetap terjaga dengan cara mengisi penuh baterai ponsel dan mengisi kuota atau pulsa. 

6. Simpan Nomor Darurat

Tips solo travelling buat wanita selanjutnya yaitu menyimpan nomor darurat. Jangan lupa untuk mencari tahu dan menyimpan nomor darurat yang berlaku di daerah yang menjadi destinasi wisata. Hal ini penting ketika kamu membutuhkan bantuan, terutama dalam keadaan darurat. 

7. Bawa Emergency Kit

Persiapkan diri saat solo travelling dengan membawa emergency kit. Emergency kit ini dapat berisi plester, obat-obatan pereda nyeri, antiseptik, perban, dan alat-alat pertolongan pertama lainnya. Kehadiran emergency kit dijamin akan sangat membantu ketika kita sakit atau cedera, namun belum bisa mendapatkan bantuan medis secara langsung. 

8. Tetap Waspada

Tetaplah waspada dan berhati-hati saat melakukan solo travelling. Waspadai lingkungan sekitar, perhatikan barang-barang bawaan, dan hindari bepergian di tempat yang terlalu sepi. Jangan terlalu berfokus pada ponsel atau peta saat sedang menjelajahi tempat-tempat wisata. 

Nah itulah dia tips solo travelling buat wanita yang perlu diketahui. Jangan lupa dicatat untuk persiapan liburan solo nanti. Melakukan solo travelling mungkin terdengar gila bagi sebagian orang, terutama jika dilakukan oleh wanita. Tapi, jangan khawatir karena semua risiko solo travelling pasti dapat dihindari dengan persiapan yang matang. 

0 Shares
Leave a Reply
You May Also Like