Makanan untuk Meningkatkan Daya Ingat
Makanan untuk Meningkatkan Daya Ingat

Makanan untuk Meningkatkan Daya Ingat Orang Dewasa Ternyata Ada Loh!

0 Shares
0
0
0

Jika Anda mudah lupa maka sebaiknya mulai mengonsumsi berbagai macam makanan untuk meningkatkan daya ingat. Ada banyak jenis makanan yang bisa membantu agar daya ingat Anda semakin meningkat. Simak ulasan lengkapnya sebagai berikut.

5 Jenis Makanan untuk Meningkatkan Daya Ingat Orang Dewasa

1. Ikan salmon

Ikan salmon mengandung nutrisi DHA yang merupakan salah satu komponen terpenting dalam struktur otak. Oleh karena itu, dengan mengonsumsinya secara teratur daya ingat Anda akan semakin meningkat sehingga lebih berkonsentrasi dan tidak mudah lupa.

Selain itu, kemampuan kognitif pada otak juga semakin berfungsi dengan baik jika Anda rutin mengonsumsi ikan salmon. Ada berbagai jenis olahan masakan untuk ikan salmon, seperti ditumis menggunakan sedikit minyak, dikukus, dan dipanggang untuk menyehatkan otak.

2. Telur

Makanan yang merupakan sumber protein ini juga baik untuk dikonsumsi karena dapat membentuk neurotransmitter untuk mendukung daya ingat. Neutrotransmitter ini terbentuk karena kandungan nutrisi yang ada dalam telur seperti chloine, vitamin B6, dan vitamin B12.

Ada banyak olahan yang bisa Anda masak untuk mengonsumsi makanan ini. Mulai dari direbus hingga orak-arik dengan menambahkan sumber protein lainnya.

3. Almond

Almond mengandung banyak nutrisi seperti antioksidan, vitamin E, dan asam lemak sehat yang dapat melindungi sel otak dari kerusakan oksidatif. Oleh karena itulah makanan ini termasuk makanan untuk meningkatkan daya ingat yang ampuh untuk menjaga kesehatan otak.

Cara mengonsumsi makanan ini juga mudah, hanya perlu menjadikannya sebagai cemilan. Selain itu, Anda juga bisa menjadikannya sebagai toping pada yogurt atau salad.

4. Brokoli

Brokoli merupakan jenis sayuran hijau yang kaya akan vitamin K, chloine, dan senyawa antioksidan. Kandungan nutrisi ini sangat membantu Anda dalam meningkatkan daya ingat dan memaksimalkan fungsi kognitif.

Untuk itu, pastikan Anda mengonsumsi sayuran ini secara rutin agar mendapatkan manfaatnya. Brokoli bisa disajikan dengan cara disup, ditumis, hingga ditambahkan dalam menu salad.

5. Dark Chocolate

Jika Anda mencari makanan untuk meningkatkan daya ingat yang enak, maka dark chocolate adalah jawabannya. Makanan ini mengandung kakao dalam persentase sebesar 70% yang sangat bermanfaat untuk otak karena kandungan flavanol di dalamnya.

Anda bisa menyajikannya sebagai cemilan yang enak dan sehat, selain itu juga bisa dalam segelas cokelat panas. Pastikan tetap menjaga kesehatan otak dengan makanan yang sehat dan juga enak.

Baca Juga: Vitamin yang Tidak Boleh Diminum Saat Haid Apa Ada? Yuk Cari Tahu

Bahan Makanan Untuk Nutrisi Otak Agar Berkonsentrasi dan Bantu Ingatan

Selain makanan itu sendiri, bahan yang digunakan untuk membuat makanan juga banyak yang bermanfaat untuk menutrisi otak. Simak beberapa bahan makanan yang dapat menjaga kesehatan fungsi otak di bawah ini.

1. Blueberry

Konsumsi buah blueberry dapat membantu Anda untuk menjaga kesehatan otak. Ini dikarenakan blueberry telah terbukti dapat mencegah penyakit otak seperti demensia atau Alzheimer.

Blueberry yang dikonsumsi secara rutin akan membantu menutrisi otak dan melindunginya dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Sehingga, dengan ini daya ingat Anda dapat lebih fokus dan juga tidak mudah lupa meskipun sudah bertambah tua.

2. Kafein

Kafein merupakan bahan makanan yang dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif pada otak. Sehingga, dengan mengonsumsinya Anda dapat lebih berkonsentrasi dan memiliki energi yang cukup setiap harinya.

Namun begitu, ada hal yang perlu Anda perhatikan saat mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein. Usahakan untuk mengonsumsi dalam jumlah yang cukup hal ini dikarenakan jika mengonsumsinya secara berlebihan akan menyebabkan efek samping yang berbahaya.

3. Kacang-kacangan

Berikutnya yang termasuk ke dalam daftar bahan makanan untuk meningkatkan daya ingat adalah kacang-kacangan. Konsumsi kacang-kacangan dapat membantu menutrisi otak dan membuat Anda lebih berkonsentrasi.

Hal ini dikarenakan kacang-kacangan kaya akan vitamin E dan antioksidan  yang dapat meningkatkan fungsi kognitif. Agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal, Anda bisa mengonsumsinya bersama dark chocolate sebanyak 28g/hari.

4. Biji-bijian

Untuk menjaga kesehatan otak, Anda bisa mengonsumsi bahan makanan berupa biji-bijian yang utuh. Misalnya seperti gandum dan popcorn utuh karena kaya akan vitamin E yang baik untuk kesehatan otak.

Anda bisa menambahkan biji-bijian ini pada bahan makanan Anda seperti salad atau yogurt. Selain itu, Anda juga bisa menjadikannya sebagai camilan.

5. Glukosa

Konsumsi glukosa juga dapat membantu menutrisi dan membuat Anda lebih berkonsentrasi setiap harinya. Oleh karena itu, jika mengonsumsi jus buah yang mengandung glukosa Anda akan lebih fokus sat berpikir dan tidak gampang lupa.

Selain itu, glukosa juga dapat membantu menjaga kesehatan dan meningkatkan kemampuan mental yang baik untuk tubuh. Namun begitu, pastikan Anda tidak mengonsumsinya secara berlebihan karena bisa menyebabkan penyakit jantung, dll.

Demikian ulasan tentang makanan untuk meningkatkan daya ingat. Bagi Anda yang mulai cepat lupa jangan khawatir, tingkatkan kembali daya ingat dengan mengonsumsi makanan tersebut. Selain itu, jangan lupa menambahkan bahan-bahan yang dapat menutrisi otak pada makanan Anda setiap harinya untuk menjaga kesehatan otak.

0 Shares
Leave a Reply
You May Also Like