Cara Melunasi Pinjaman Online agar Tidur Pulas
Cara Melunasi Pinjaman Online agar Tidur Pulas

Cara Melunasi Pinjaman Online agar Tidur Pulas 

0 Shares
0
0
0

Bagaimana cara melunasi pinjaman online agar mendapatkan ketenangan dan kedamaian dalam hidup? Pinjaman online (pinjol) umumnya sebagai uang pinjaman jangka pendek di bawah 12 bulan.

Kemudahan dan kecepatan mendapatkan pinjaman, membuat masyarakat kita memasukkan pinjol sebagai salah satu alternatif mendapatkan dana darurat. Terlepas dari itu, jika gagal membayar cicilan tepat waktu akan berdampak buruk.

Dalam memilih perusahaan pinjol, perlu memperhatikan bahwa pinjol itu terdaftar dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Tujuannya apa? Kembali lagi pada gagal bayar (galbay) atau telat membayar cicilan.

Umumnya, pinjol legal yang terdaftar OJK tidak menggunakan cara penagihan yang tidak manusiawi. Sebaliknya, pinjol ilegal bukan tidak mungkin melakukan berbagai tindakan agar peminjam mau dengan cara apapun membayar cicilan.

5 Cara Melunasi Pinjaman Online Paling Mudah

Sekarang bayangkan terlebih dahulu, apa yang akan kalian rasakan jika utang pinjol sekarang lunas. Ya, kalian akan merasakan kedamaian dan ketenangan, dan pada akhirnya tidur pulas setiap hari.

Untuk merealisasi melunasi pinjol, ikuti langkah realistis berikut.

1. Cara Melunasi Pinjaman Online dengan Menjual Barang

Mari bicara secara realistis, kalian tidak perlu menunggu warisan untuk melunasi pinjol. Guna terlepas dari jerat pinjol, dan melunasinya segera, jual barang yang bernilai terlebih dulu.

Tidak sedikit orang yang tertekan seolah lehernya terjerat tali yang mengikat ketika memiliki tanggungan pinjol. Barang bisa dicari kembali, namun waktu yang terbuang karena jeratan itu tidak akan bisa kembali.

2. Menyisihkan Pemasukan Khusus untuk Melunasi Pinjol

Setiap orang punya pertimbangan sendiri, jika kalian lebih sabar meskipun punya utang, menyisihkan setiap pemasukan dari gaji khusus untuk melunasi pinjol dapat menjadi solusi.

Misalnya, kalian mendapat gaji 3 juta per bulan, sedangkan cicilan pinjol 500k per bulan selama enam bulan. Ketika gaji masuk, kalian bisa menyisihkan 500k saat ada kebutuhan, dan menyisihkan 1 juta atau lebih jika tidak ada kebutuhan.

Kabar baiknya, pinjol bisa kalian lunasi sekaligus tanpa perlu menunggu tenggat waktu enam bulan itu. Semakin cepat kalian melunasi pinjol, semakin cepat pula merasakan kedamaian dalam menjalani hidup.

3. Cara Melunasi Pinjol dengan Bantuan Kerabat

Melunasi pinjol jangan sampai gali lubang tutup lubang dari pinjol lainnya. Sudah sangat banyak orang yang membagikan pengalaman bahwa, mereka mempunyai utang di puluhan aplikasi pinjol karena melakukan gali lubang tutup lubang.

Bantuan dari kerabat sebagai cara melunasi pinjaman online ini adalah jujur kepada orang terdekat. Misalnya kalian masih berstatus sebagai anak di bawah 25 tahun, cobalah untuk menceritakan masalah terjerat pinjaman online kepada orang tua.

Mungkin kalian akan dimarahi habis-habisan, dan kebanyakan memang begitu, namun pada akhirnya orang tua akan tetap membantu kesulitan anaknya.

4. Mencari Penghasilan Sampingan

Membayar utang adalah tanggung jawab, orang bijak mengatakan jangan sampai bawa utang sampai mati. Bukti tanggung jawab kalian adalah mencari penghasilan sampingan agar segera melunasinya.

Semakin menunda dan galbay, otomatis akan muncul denda di setiap pembayaran berikutnya. Bunga yang cukup besar sudah mencekik, apalagi kalau ditambah dengan denda.

Fokuslah untuk mencari penghasilan tambahan dengan menggunakan skill atau sumber daya yang tersedia. Kalian pandai menulis, coba buka jasa penulis artikel. Kalian suka desain, coba buka jasa desain grafis.

5. Motivasi Hidup dan Dukungan Positif

Cara hidup tenang untuk mencapai tidur pulas utang lunas (sebagaimana puisi Wiji Thukul). Tidak hanya berkaitan dengan bagaimana cara melunasi pinjaman online, tetapi juga bagaimana tetap semangat menjalani kehidupan.

Dalam hal ini, kami dapat menyarankan agar kalian memperoleh motivasi hidup dan dukungan yang positif dari orang terdekat. Pun kalau orang terdekat kalian justru meninggalkan karena tiba-tiba kalian terjerat pinjol, kuatkan keimanan kepada Tuhan.

Kalian tidak pernah sendiri, dan masalah yang sedang kalian hadapi tidaklah spesial. Ada jutaan orang, bahkan lebih, yang mengalami masalah serupa. Dan kabar baiknya, mereka semua dapat melalui badai agar sampai di titik terang masa depan.

Untuk saat ini, sebaiknya fokus hanya pada cara melunasi pinjaman online agar segera terbebas dari utang piutang. Setelah semua beres, kalian akan menemukan kedamaian dan ketenangan menjalani kehidupan.

0 Shares
Leave a Reply
You May Also Like