Cara Menata Rak Buku Di Kamar Sempit
Cara Menata Rak Buku Di Kamar Sempit

Mau Tahu Cara Menata Rak Buku Di Kamar Sempit? Yuk Simak Tipsnya!

0 Shares
0
0
0

Punya banyak koleksi buku tapi bingung cara menata rak buku di kamar sempit? Itu artinya Anda perlu menggunakan tips-tips yang harus dilakukan agar tumpukan buku dapat tertata dengan rapi walaupun di kamar yang sempit.

Cara Menata Rak Buku di Kamar Sempit Yang Anti Ribet

  1. Gunakan potensi ruang vertikal

Kamar sempit tentu akan sulit diperhitungkan bagaimana menambahkan rak buku,. Akan tetapi Anda tetap bisa meletakkan rak buku tersebut dengan memperhatikan potensi-potensi ruangan vertikal dalam kamar.

Rak buku dapat dipasang dengan posisi vertikal dengan menggunakan rak buku yang tinggi atau juga menggunakan rak jenis apung sehingga tetap memaksimalkan kapasitas penyimpanan. Anda bisa menambahkan raka dengan posisi tersebut agar tidak terlalu banyak menghabiskan area lantai.

  1. Declutter

Apabila kapasitas ruangan yang akan Anda gunakan terlalu pas-pasan dan juga tidak memberi banyak ruang sebaiknya lakukan tips ini. Pilah buku-buku yang sekiranya memang masih dibutuhkan dan dibaca.

Melakukan declutter terhadap koleksi buku bukan hanya digunakan untuk membuat rak menjadi tidak terlalu membludak namun juga memberi manfaat bagi orang lain. Menyumbangkan koleksi buku yang Anda miliki sama dengan memberikan ilmu terhadap orang lain dan itu bukanlah suatu hal yang negatif.

  1. Buat dinding galeri

Cara menata rak buku di kamar sempit dengan tepat bisa dilakukan dengan memanfaatkan area dinding kamar. Hal ini menjadi alternatif yang bisa dilakukan tanpa memakan terlalu banyak area kamar.

Dinding yang digunakan sebagai rak buku juga akan memberikan keunikan tersendiri bagi dekorasi kamar. Kamar akan terlihat seperti perpustakaan dengan buku-buku yang menumpuk di atas rak.

  1. Dekorasi dan kreasi

Memanfaatkan ruangan -ruangan tidak terpakai di dalam ruangan kamar yang sempit bisa menjadi bagian dari kreasi Anda untuk menentukan penempatan rak buku. Gunakan kreativitas untuk menata rak buku.

Tempat-tempat seperti ambang jendela, di atas pintu, ataupun di tempat-tempat lain dalam kamar bisa menjadi alternatif untuk menata buku.

  1. Sesuaikan metode pengaturan

Menata buku yang tepat di dalam rak juga akan membantu memberi kesan kamar yang sempit dengan rak buku tidak akan terlihat sempit. Mengelompokkan buku dengan kategori-kategori tertentu akan membuat kamar terlihat rapi.

Hal ini sama saja dengan bentuk tipuan visual pada penataan yang membuat kamar dengan ukuran kecil dapat terlihat lebih luas karena penataan rak buku. Cara menata rak buku di kamar sempit dengan benar seperti ini akan membuat kamar terlihat bagus.

Baca Juga: Yuk Lakukan Aktivitas Seru dan Produktif di Rumah Ini untuk Kembangkan Diri

Cara Menata Buku Yang Kreatif Dengan Memanfaatkan Unsur Seni

  1. Menata buku berdasarkan warna

Tips kreatif untuk menata buku dalam rak bisa dilakukan dengan mengurutkan buku berdasarkan warna covernya. Biasanya buku memiliki warna cover dasar yang menjadi warna utama dalam desain cover tersebut.

Mengurutkan buku berdasarkan warna dan tone yang selaras akan membuat buku terlihat lebih cantik. Selain itu,, penataan seperti ini akan memberikan efek gradasi warna pada buku sehingga rak buku terlihat sangat bagus.

  1. Menata buku berdasarkan jenis cover

Cover buku memiliki jenis-jenis dan bahan yang berbeda yang digunakan. Ada yang menggunakan kertas biasa atau soft cover yang dibuat untuk cover buku akan tetapi beberapa buku ada yang menggunakan tipe hard cover.

Penataan buku sesuai dengan jenis sampulnya berdasarkan kategori soft cover dan hard cover akan membuat buku terlihat lebih rapi dan terorganisir.

  1. Menata buku sesuai bentuk dan ukuran

Cara menata rak buku di kamar sempit dengan mudah bisa dilakukan dengan menata buku-buku tersebut sesuai dengan besar kecilnya. Buku yang diurutkan dari bagian yang besar kemudian berlanjut ke ukuran kecil akan membuat rak terlihat rapi.

Selain itu, pengkategorian tatanan buku yang seperti ini memberikan efek rak yang minimalis dan juga cantik. Biasanya penataan seperti ini dilakukan juga berdasarkan dengan ukuran-ukuran yang sama sehingga akan terlihat lebih rapi.

  1. Menata buku sesuai alfabet

Judul-judul buku biasanya terpampang di sisi samping buku untuk mengetahui buku tersebut berjudul apa. Menata buku berdasarkan alfabet akan memudahkan pemilik untuk mencari buku tersebut.

Anda bisa mengusung konsep kamus dengan menerapkan penataan buku berdasarkan huruf awal judul buku tersebut. Sehingga, pada saat nantinya Anda akan membaca buku dengan mencari dari huruf awal judul akan lebih mudah ditemukan.

  1. Menata buku sesuai penulis atau seri

Beberapa buku sering kali merupakan bentuk seri dari trilogi ataupun lainnya. Masing-masing judulnya memiliki isi yang berkaitan satu sama lain dari penulis yang sama. Anda bisa menata buku berdasarkan penulis atau seri buku tersebut untuk memudahkan dalam pencarian.

Menata buku sesuai seri buku juga akan membuat rak buku terlihat lengkap dengan koleksi bacaan yang banyak. Seri buku biasanya memiliki cover yang mirip antara satu sama lain. Sehingga, apabila ditata akan terlihat cantik dan rapi.

Cara menata rak buku di kamar sempit tidaklah sulit dilakukan jika Anda mau mengeluarkan kreativitas untuk menatanya. Pada dasarnya sempit atau tidaknya ruangan tersebut dapat diakali dengan penataan yang baik dan rapi dengan memaksimalkan potensi ruang-ruang dalam kamar.

0 Shares
Leave a Reply
You May Also Like