Wisata Alas Prambon
Wisata Alas Prambon

Wisata Alas Prambon: Destinasi Alam yang Menyegarkan

1 Shares
0
0
1

Mystorylyfe | Indonesia, dengan kekayaan alam dan budayanya, tak pernah kehabisan tempat menarik untuk dikunjungi. Salah satu destinasi yang tengah naik daun adalah Wisata Alas Prambon. Berlokasi di Sidoarjo, Jawa Timur, tempat ini menawarkan pengalaman liburan yang memadukan keindahan alam dengan berbagai aktivitas seru.

Nah, dalam artikel ini, kita akan membahas profil, lokasi, harga tiket, jam operasional, daya tarik, dan fasilitas yang ada di Wisata Alas Prambon. Penasaran, kan? Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

Wisata Alas Prambon: Destinasi Alam yang Menyegarkan

Wisata Alas Prambon adalah kawasan wisata yang mengusung konsep wisata edukasi dan alam. Dikelilingi oleh pepohonan rindang dan suasana yang asri, tempat ini menjadi pilihan ideal bagi keluarga dan wisatawan yang ingin melepas penat dari kesibukan kota.

Sejak dibuka untuk umum, Wisata Alas Prambon terus berkembang dengan menambah berbagai fasilitas dan wahana menarik untuk pengunjung dari segala usia.

Lokasi Wisata Alas Prambon

Wisata Alas Prambon terletak di Desa Watu Agung, Kecamatan Prambon, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Lokasinya yang strategis membuatnya mudah diakses baik dari pusat kota Sidoarjo maupun dari Surabaya. Berikut ini beberapa rute yang bisa ditempuh, antara lain:

  • Dari Sidoarjo: Hanya sekitar 30 menit perjalanan menggunakan kendaraan pribadi melalui Jl. Raya Prambon.
  • Dari Surabaya: Perjalanan sekitar 1 jam melalui Tol Surabaya-Gempol, keluar di gerbang tol Sidoarjo.

Tersedia pula papan petunjuk arah yang jelas menuju lokasi, sehingga pengunjung tidak perlu khawatir tersesat.

Harga Tiket di Wisata Alas Prambon

Harga tiket masuk Wisata Alas Prambon sangat terjangkau, sehingga tidak membebani kantong pengunjung. Berikut ini rinciannya:

  • Dewasa: Rp 20.000,- per orang
  • Anak-anak: Rp 15.000,- per orang
  • Paket keluarga (2 dewasa dan 2 anak): Rp 60.000,-

Tiket masuk tersebut sudah termasuk akses ke beberapa wahana dan fasilitas umum di dalam area wisata. Untuk wahana atau fasilitas tertentu, mungkin ada biaya tambahan yang perlu diperhatikan.

Jam Operasional Wisata Alas Prambon

Wisata Alas Prambon buka setiap hari dengan jam operasional sebagai berikut:

  • Senin – Jumat: 08.00 – 17.00 WIB
  • Sabtu, Minggu, dan Hari Libur Nasional: 07.00 – 18.00 WIB

Jam operasional yang panjang ini memberikan fleksibilitas bagi pengunjung untuk menikmati semua yang ditawarkan tanpa terburu-buru.

Daya Tarik Wisata Alas Prambon

1. Alam yang Asri dan Sejuk

Salah satu daya tarik utama Wisata Alas Prambon adalah keindahan alamnya. Dikelilingi oleh hutan kecil yang sejuk dan asri, tempat ini memberikan suasana tenang yang sulit ditemukan di perkotaan. Pengunjung bisa berjalan-jalan santai sambil menikmati udara segar dan pemandangan hijau.

2. Wahana Edukasi

Tempat ini juga dikenal dengan wahana edukasinya yang menghibur sekaligus mendidik, antara lain:

  • Taman Binatang Mini: Di sini anak-anak dapat belajar tentang berbagai jenis hewan secara langsung.
  • Kebun Edukasi: Mengajarkan cara bercocok tanam dan mengenal berbagai jenis tanaman.

3. Aktivitas Petualangan

Bagi yang menyukai tantangan, tersedia berbagai aktivitas petualangan seperti:

  • Flying Fox: Menyusuri ketinggian dengan sensasi yang memacu adrenalin.
  • Outbond: Berbagai permainan dan tantangan yang bisa diikuti oleh kelompok atau keluarga.

Fasilitas di Wisata Alas Prambon

1. Area Parkir Luas

Wisata Alas Prambon menyediakan area parkir yang luas dan aman bagi pengunjung yang datang dengan kendaraan pribadi.

2. Tempat Makan dan Kafe

Di dalam area wisata terdapat beberapa tempat makan dan kafe yang menyajikan berbagai pilihan makanan dan minuman. Pengunjung bisa menikmati hidangan lokal maupun internasional dengan pemandangan yang menyejukkan.

3. Mushola dan Toilet

Fasilitas umum seperti mushola dan toilet juga tersedia dengan kondisi yang bersih dan terawat, sehingga pengunjung dapat beribadah dan menjaga kebersihan dengan nyaman.

4. Area Bermain Anak

Untuk pengunjung yang datang bersama anak-anak, tersedia area bermain yang aman dan menyenangkan. Berbagai mainan dan fasilitas bermain membuat anak-anak betah berlama-lama.

5. Pusat Informasi

Pusat informasi siap membantu pengunjung dengan segala kebutuhan informasi terkait wisata ini. Staf yang ramah dan profesional akan memberikan panduan dan menjawab pertanyaan yang mungkin dimiliki pengunjung.

Kesimpulan

Wisata Alas Prambon adalah destinasi yang sempurna untuk keluarga, pasangan, atau bahkan solo traveler yang ingin menikmati keindahan alam sambil belajar banyak hal baru.

Dengan harga tiket yang terjangkau, fasilitas lengkap, dan berbagai daya tarik menarik, tidak heran jika tempat ini menjadi salah satu tujuan favorit di Sidoarjo. Jadi, jangan ragu untuk memasukkan Wisata Alas Prambon ke dalam daftar kunjungan kamu berikutnya.

Demikian artikel yang kami buat tentang Wisata Alas Prambon. Semoga artikel ini membantu kamu mengenal lebih dekat tentang destinasi wisata ini dan bisa menjadi panduan yang bermanfaat untuk kunjungan kamu. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dan ketertiban selama berwisata. Sampai jumpa di petualangan berikutnya! Terima kasih dan selamat berlibur!

1 Shares
Leave a Reply
You May Also Like